entrepreneurship, me|write, think sotoy
Comment 1

minder modar..

Untitled-1Belum lama ini, pas gw posting status di LINE messenger tentang kerja keras dan berproses, ada yang bertanya kurang lebih begini: “Kalo seseorang mau bekerja keras trus ga pede sm proses yang lagi dijalanin gimana mas?..”

Gw kasi aja rumus dari pak Mario super: cara gampang untuk jadi pede ya PEDE ajah.. Hehe.. Cara ini hampir sama kaya yang ada di acara The Comment, kalo nggak sanggup ya sanggupin, berarti kalo nggak pede, ya pedein.. hihi.. Formula ini memang terkesan memaksa diri.. Tapi coba dipikir lebih dalem lagi, segala sesuatu yang membaikkan itu biasanya memang perlu “pemaksaan” diri..

Contoh, jadi pinter itu jadi lebih baik kan yah, nah terus supaya pinter gimana ?? Ya paksain belajar.. Menabung itu baik kan yah, nah coba perhatikan orang yang nggak memaksakan dirinya untuk menabung.. Bisa2 bablas malah ngutang2.. Bahkan hal2 yang sifatnya “kewajiban” pun untuk level2 awal perlu pemaksaan diri.. Lihat berapa banyak orang nggak sholat dan puasa karena gagal memaksakan dirinya sendiri ??

Sebenernya gw juga agak2 bingung, kenapa koq mesti ngerasa nggak pede dalam bekerja keras & berproses ?? Memangnya ngerjain apa yah ?? Hehe.. Soalnya gw pikir segala bentuk pekerjaan yang masih dalam koridor aturan kebenaran & kebaikan yang dibuat oleh Tuhan, harusnya sih pede2 aja ngerjainnya.. Mungkin yang bisa jadi masalah itu urusan “kepantasan”nya.. Misal, sarjana kok jadi supir, atau lulusan S2 koq cuma buka warung..

Kalo ke situ urusannya, artinya udah masuk ke masalah persepsi masing2 orang.. Dan nggak seharusnya “kacamata” orang lain mempengaruhi “default” dari “kacamata” kita sendiri.. Karena faktanya, ada kok kejadian bener dari OB jadi vice president, ada juga dari tukang parkir terus jadi menteri, dan ada juga dari tukang roti sepedaan jadi pengusaha sukses banget, dan lain2 sebagainya.. Bayangkan kalo dulu orang2 ini nggak pede dalam proses, mustahil “ujung” suksesnya akan berakhir seperti contoh yang gw tulis..

Terus terang gw seneng kalo ngeliat mahasiswa2 gw dengan pedenya memamerkan karya2nya di media sosial.. Itu tandanya mereka pede.. Dan mungkin mereka nggak sadar, kalo pede itu sebenernya menempatkan seseorang pada posisi yang mudah ditemukan.. Sekarang ini sangat mudah buat gw untuk membayangkan harus mengontak siapa aja kalo2 ada project yang perlu2 skill tertentu.. Ternyata bener itu ungkapan: lebih mudah untuk ditemukan daripada mencari.. Orang yang pede adalah orang yang mudah ditemukan.. Nah, tinggal cara diri ini menjadi berkualitas & “pantas” ditemukanlah yang memang perlu upaya yang tidak sedikit..

Orang pede emang biasanya gampang keGe’eRan.. Ceng2an dari jaman gw SMA itu ternyata benar: “Lebih baik Ge’eR daripada Minder..”

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s