me|write, think sotoy
Comments 6

himmah muda..

Untitled-1Kemaren denger lagi seorang motivator yang ngomong kalo masa muda itu masa yang paling “menentukan” kehebatan seseorang di masa dewasa & tuanya.. Orang2 dewasa & tua yang hebat, ternyata selalu ada bibit tindak tanduk orang besar di masa mudanya..Tengoklah Bill Gates atau Steve Jobs di masa muda.. Atau orang2 besar lain kalau baca biografinya.. Selalu ada “sign” atau tanda2 yang sama yang menunjukkan kalo mereka memang berpotensi menjadi “besar” di masa depan.. Jadi “gila” dalam artian positif adalah salah satunya.. Hehe..

Nggak heran pernah gw baca, para zionis itu memang sengaja merusak “masa muda” lawan2nya.. Karena kalo di masa mudanya sudah “terkontaminasi”, nggak perlu takut lagi dengan mereka di masa dewasanya.. Habit buruk sudah terbentuk, habit menyia-nyiakan potensi sudah terkunci, maka akan menjadi lebih sulit bagi seseorang untuk merubah itu semua nantinya di masa dewasa atau tua..

Mungkin ini juga sebabnya ada istilah “Life begins at 40..”.. Secara mental & psikologis, seseorang yang umurnya 40 tahun bisa dianggap sudah “jadi” dan matang.. Ada juga yang bilang itulah sebabnya pengangkatan Muhammad sebagai Rasul (dalam sejumlah referensi) disebutkan dilakukan di saat beliau berumur 40 tahun 6 bulan dan 8 hari.. Terus, ada juga yang bilang: kalau ada orang umur 40 tapi hidupnya masih galau, berarti dia harus cek masa mudanya kembali.. Mulai dari sudut pandangnya terhadap hidup, persepsinya, perilakunya, kebiasaannya dan lain sebagainya.. Karena pasti ada yang salah di situ.. Galau itu penyakitnya orang muda, kalo tua masih galau & bermasalah, berarti ada yang salah di masa mudanya..

Masa muda memang masa2 krusial.. Saat beragam informasi negatif maupun positif “terhampar” luas dan bisa “dikunyah” begitu saja di hadapan kita.. Bertemu pula dengan nafsu, syahwat dan energi yang masih demikian tinggi.. Yang terkadang nggak tau mau disalurkan kemana itu semuanya.. Ditambah lagi dengan pendirian, pegangan hidup serta masa depan yang belum pasti.. Nggak heran galau pasti terjadi di “masa2 sulit” itu.. Karena, terkadang pengaruh “dari luar” bisa jadi lebih dominan ketimbang pertimbangan akalnya sendiri..

Buya Hamka pun pernah menuliskan: “Zaman muda adalah zaman perjuangan yang maha hebat.. Alangkah beruntungnya kalau zaman perjuangan itu bisa ditempuh dengan selamat, dan setelah dia menjadi orang dewasa, dia merasa bangga dengan kemenangan itu..”

Salah satu solusinya beliau berpesan: “Pemuda haruslah punya cita2 yang tinggi supaya hidupnya berarti..”.. Gw tafsirkan, supaya tenaga yang lebih itu tersalurkan ke arah yang jelas.. Kok ya kata2 yang ini nyambung yah sama kata2nya si Bruce Lee ya, yang intinya: “Tujuan, target atau cita2 itu bukan sekedar untuk dicapai, tapi untuk mengarahkan energi kita ke sebuah titik tertentu..”.. Jangan2 si Bruce Lee ini baca bukunya Hamka juga.. Gwakakakak..

Hwadaw.. cukup ketawanya.. Karena lanjutan kalimat yang gw kutip dari bukunya Buya Hamka itu “nge-JLEB” banget buat guwe.. Begini kalimatnya: Orang tua dan guru mempunyai kewajiban yang besar dalam perkara ini.. Mereka mesti menanamkan himmah (semangat) yang tinggi pada murid2 dan pemuda, supaya terciptalah suatu golongan umat yang duduk sama rendah tegak sama tinggi dengan umat lain..”

Gyyaaa… tolooonnggg maaaakkk…!!

Advertisements

6 Comments

  1. selamat menjalankan tugas tersebut…. semoga sukses 😀

    di al-quran juga ada yang menyebutkan angka di usia 40 tahun

    Sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”. (QS. Al-Ahqaf: 15)

    dapat dari khutbah jumat dan diabadikan dalam postingan

    http://jampang.wordpress.com/2013/12/27/di-empat-puluh-tahun/

    Like

    • Waawww.. mantep sekali neh mas jampang.. Baru ngeh kalo ternyata disebut juga di Al-Qur’an… Hehe.. Sip.. Klop banget sebagai pengkomplit postingan ini.. Tengkyu yaaa… Sukses selalu jugaaa…

      Like

  2. Dan salah satu pertanggungjawaban yang diminta Allah adalah “Diapakan masa mudamu?”
    Semangat om ogi, semoga bisa jadi pengajar yg membentuk generasi positif 🙂

    Like

    • Yes ncha.. sama2 lohh.. Tetap semangat dan sukses juga.. Karena kan nanti akan jadi orang tua.. Mesti nanemin himmah juga.. hehehe..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s