entrepreneurship, me|write, think sotoy
Comments 7

pemuda potensial..

Untitled-1Sebetulnya, dari dulu gw pengen banget punya kemampuan bisa cepet tau kemampuan atau potensi orang2 yang gw kenal.. Karena apa ?? Karena dengan begitu, kalo gw lagi ada masalah tertentu, gw bisa dengan mudah dapetin saran yang spesifik dari orang yang tepat.. Atau sebaliknya, kalo mereka curhat dan minta saran (maklum lah tong sampah.. hehe…) gw bisa cari tau dan kemudian memberi solusi yang tepat sesuai dengan potensi / kemampuan yang dimiliki temen gw tersebut..

Karena nggak semua yang putih bisa disebut lilin, dan nggak semua demam itu adalah pertanda akan terkena flu.. Ebiet G.A.D aja juga mempertanyakan, mendung, benarkah pertanda akan segera turun hujan ??.. (Euh.. ini opo seh ?!?!..).. Hehehe.. Maksudnya, meski tampaknya atau “pertanda”nya sama, tapi bisa pada beda.. Apalagi sekarang sering ngadepin mahasiswa, kan enak tuh kalo bisa langsung tau potensi mereka orang-per orang..

Contoh kasus, ada UKM komik di kampus, anak2nya yah sama, pada doyan baca komik dan ngomik.. Sama2 jago gambar.. Tapi sejatinya mereka semua adalah pribadi dengan potensi yang berbeda-beda.. Yang kalo digali lebih jauh, ada potensi2 lain yang membedakan mereka satu sama lain.. Entah dalam soal memegang komitmen, ketekunan, ketegasan, problem solving, mind setting, dan lain sebagainya..

Tau Kazuo Murakami ?? Seorang profesor Universitas Tsukuba.. Beliau di tahun 1983 berhasil mengurai kode genetik enzim “renin” manusia yang mendalangi tekanan darah tinggi, dan berhasil menyedot perhatian ilmuwan gen dunia.. Tapi enzim ini jumlahnya sedikit banget di dalam tubuh manusia… Jadi dipakelah sapi yang udah ketauan ada reninnya juga di otaknya.. Yang menurut gw gokil, untuk dapetin 1 miligram renin, diperlukan sekitar 35.000 kelenjar bawah otak sapi.. Dan beliau beserta timnya berhasil dapetin itu enzim renin dalam jumlah yang cukup untuk membuktikan bahwa enzim renin itu apa dan fungsinya buat apa..

Si Murakami menyatakan di dalam bukunya, kalo dia bisa menilai secara intuitif mana mahasiswanya yang potensial, yang bisa maju dan berkembang, serta mana yang nggak.. Menurut beliau, tipe orang yang potensial itu punya 3 syarat berikut:

  1. Bisa menekuni suatu hal.. Kalo lagi menekuni sesuatu ia bisa menenggelamkan diri dalam pekerjaannya tanpa menoleh kanan kiri.. Pikirannya cuman fokus pada apa yang dilakukannya dan acuh pada apa yang ada di sekelilingnya.. Menurut Murakami, orang berdedikasi sepenuh hati macam ini akan mampu berkembang..
  2. Memiliki ketahanan melanjutkan sesuatu.. Setekun apapun, kalo nggak berlanjut, akan sulit mencapai keberhasilan.. Orang yang terus mikirin pekerjaannya, saat tidur maupun terjaga, merupakan tipe orang yang bisa berkembang..
  3. Berpikiran terbuka dan bebas.. Tidak terikat pada aturan maupun pengetahuan yang berlaku.. Atau “pola pikir Amatir”.. Bebas dari kekangan apapun dan bisa dibilang mirip dengan cara anak2 merasakan sesuatu..

Waw.. seandainya gw bisa seintuitif Murakami dalam menilai potensi orang, pasti sip dah tuh.. Tapi si Murakami kan emang udah pengalaman banget, udah tua, lahirnya aja tahun 1936.. Sedangkan guwa ?? Masih 17 taon… Gwakakak..

Advertisements

7 Comments

  1. Tulisan yang menarik. Kita semua punya potensi, cuma yang kadang tak dipunyai adalah keberanian untuk mendengarkan diri sendiri untuk tahu apa yang dimaui dan disukai. Kalau udah tahu apa yang dimau, tinggal ditekuni aja.

    Like

  2. Pingback: DNA kehidupan.. | Lagi Lagi Halaman Guna Guna

  3. Pingback: cemunggudh.. | Lagi Lagi Halaman Guna Guna

  4. Pingback: jalan buntu.. | Lagi Lagi Halaman Guna Guna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s