me|write, my life stories, think sotoy
Comment 1

Pengalaman & Wawasan..

Untitled-1Pernah suatu saat dulu, gw diskusi sama orang yang memang jauh lebih tua dari gw.. Setelah agak lama berdebat, koq rasa-rasanya yah dia jadi “sewot” sendiri gitu ya ?.. Kesannya gak mau kalah, hehehe. Terus sempat terucap deh tuh kata-kata dari dia yang intinya kurang lebih seperti ini: “Nggak usah ngomongin wawasan deh..! Dari segi umur, pengalaman gw lebih banyak dari elu.. Udah pasti wawasan gw lebih luas dari elu…”

Ya gitu deh. Ujung-ujungnya jadi debat kusir.. Maunya dia melulu yang bener.. Gw pikir, yang begini mah bukan cari kebenaran, tapi mencari pembenaran… Hehe.. Repot dah jadinya kalau ketemu orang yang “menjunjung” ketinggian umur, dan nggak bisa terima perbedaan pendapat model begini… (@.@!)..

Dari kata-kata dia di atas aja gw udah kurang setuju.. Okelah, umur tuh boleh jadi takaran pengalaman, meski nggak selalu.. Orang yang berumur 40an, tapi kalau kehidupannya begitu-begitu aja, ya pengalamannya akan segitu-segitu aja.. Pasti akan beda sama yang umurnya muda, tapi sudah ngalamin dinamika kehidupan yang keras, akibat pilihan2nya yang nggak biasa..

Terus kalau wawasan itu soal lain lagi.. Umur dan pengalaman seseorang nggak selalu berbanding lurus dengan wawasannya.. Sepemahaman gw sih, wawasan itu pandangan.. Melebarkan pandangan nggak sama dengan menambah pengalaman.. Perlu ngalamin sendiri untuk menambah pengalaman, di lain pihak, perlu lebih banyak “menyerap” informasi untuk menambah wawasan..

Jadi, perlu waktu yang lebih sedikit untuk menambah wawasan, karena nggak perlu mengalami sendiri.. Walaupun sama-sama bisa bertambah, namun esensinya berbeda.. Inilah sebabnya kenapa gandengan kata “pengalaman” itu biasanya kata “banyak”, dan gandengan kata”wawasan” itu kata “luas”…

Gw meyakini, di era informasi sekarang ini, bisa saja seorang murid dapat lebih pintar darpada gurunya.. Seorang mahasiswa bisa lebih pintar daripada dosennya.. Nggak cuman lebih pintar, tapi juga mungkin bisa lebih sukses.. Tergantung gimana si murid, mau sejauh mana bersikeras belajar, menyerap informasi, dan memperluas wawasannya… Gw pikir, wahyu pertama yang turun bisa jadi alat yang sangat penting untuk memperluas wawasan: IQRA’ !!!..

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s