me|write, think sotoy
Comments 2

Locus of Control LAGI !!

Untitled-2Masih nyambung sama postingan gw kemaren.. Karena gw masih penasaran ama ini teori, jadi gw baca2 lagi dah.. Ternyata nih teori luas juga, dan terus berkembang sampe taon 2000an. Selain itu, kemaren kan dah gw tulis juga kalo teori ini merujuk pada kausalitas / sebab akibat. Nah, terkait sama hal ini, kalo ditelusuri lebih dalam lagi Locus of Control itu ternyata ada dua tipe:

  1. Internal locus of control.. Euh, sederhananya sih, orang tipe ini berpandangan “I control my destiny”.. Jadi dia yakin kalo peristiwa atau kejadian2 (baik ataupun buruk) yang terjadi di dalam hidup dia itu disebabkan oleh faktor2 yang bisa dikendalikan seperti sikap, kebiasaan, pilihan2 tindakannya, persiapan dan upaya.
  2. External locus of control.. Berpandangan “others control my destiny”.. Yang tipe ini percaya kalo perisitiwa2 dalam hidupnya itu berasal dari faktor2 yang nggak bisa dia kendalikan. Jadi sukses ataupun gagal itu merupakan keberuntungan, hoki, kebetulan, takdir, dan sejenisnya.

Kalo gampangnya, Internal LOC lebih mikir “You make things happen..”, dan yang external LOC mikirnya “Things happen to you..”.. Yang internal lebih berorientasi pada pencapaian. Ada yang bilang ada minusnya juga, tipe internal bisa jadi nggak “menyehatkan” secara psikologis, KALO: secara kompetensi / kemampuannya gak sebanding sama yang ingin dia capai.. Dan ini bisa bikin seseorang cemas, stress dan depresi.. Jadi si internal juga sebaiknya realistis atas pengaruh2 yang bisa dia kendalikan di dalam kehidupannya. Sedangkan yang external bisa lebih “easy-going”, relaks dan mudah seneng karena merasa nggak punya beban pada diri..

Namun, ada riset dari Lefcourt dkk di tahun 1982 dan dikembangkan lagi di tahun 2006 yang berkesimpulan bahwa, mereka2 yang internal locus of control ternyata lebih berbahagia, lebih bebas bersikap (karena kontrol ada di dia), lebih menikmati kesuksesan kehidupan pekerjaan, dan lebih sehat secara psikologis. Risetnya si Miller di tahuh 1986 juga menyatakan kalo para internal LOC mampu menunda kesenangan lebih lama dan bisa lebih kooperatif dalam menjalani kehidupan pernikahan.

Ada yang mengkritisi teori ini, koq kayaknya dengan mudah melabelkan begitu saja trait atau ciri2 seseorang. Seakan2 seseorang itu menjadi internal atau external LOC itu sudah tertanam sejak lahir atau terbentuk begitu saja, atau “tercetak” dari kehidupan di masa lalu. Kabar baiknya, hasil riset di tahun 2000an, menemukan bahwa untuk menjadi Internal Locus of Control bisa dipelajari dan dilatih. Hasil risetnya membuktikan bahwa LOC adalah respon atau sikap terhadap “keadaan” / circumstances. Para psikolog telah menemukan cara untuk merubah seseorang untuk cenderung menjadi LOC internal..

Hidup ini pilihan.. Pilihan2 tindakan positif yang terus diulang akan jadi kebiasaan.. Kebiasaan yang udah “mengendap” di diri seseorang akan menjadi karakter.. Dan karakter seseorang bisa menentukan nasib orang tersebut.. Orang yang memilih untuk bertindak rajin sejak muda, akan  terbiasa menjadi rajin.. Dan kalo terus menjadi rajin, maka rajin akan menjadi karakternya.. Dan umumnya sih nasibnya jadi nasib orang rajin.. hehehe..

Abaraham Lincoln juga pernah bilang: “The best way to predict your future is to create it”

Advertisements
This entry was posted in: me|write, think sotoy
Tagged with:

by

"Tuhan.. tolong berikan rejeki berlimpah pada semua orang yang udah mampir ke blog ini.. Amiiinn.." ......(^_^!)

2 Comments

  1. Waw.. Sudut pandangnya agak beda nih.. Karena teori ini murni teori psikologi yang gak bawa2 spiritual atau religi.. Mereka cuman meneliti cara2 dan gimana manusia bersikap.. Dan gw juga gak pernah baca sih kalo ateis2 itu terpicu dari teori ini.. Kalo gw pikir sih, nggak deh, karena kata2 “i control my destiny” itu sebenernya cuman kiasan atau analogi aja.. Ujung2nya tetep kok membawa usaha, persiapan dan do’a juga yang merupakan bagian dari upaya… Jadi inget kata2 dari Mario Teguh: “Jangan bawa2 Tuhan dulu kalo di diri kita mesti banyak yang mesti diberesin..”

    Image Hosted by ImageShack.us

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s