me|write, think sotoy
Comments 14

ahli..??

DSC_0754 copyDi sebuah buku gw baca, profesionalisme itu berbeda dengan ahli atau expert.. Dan profesionalisme bisa menjadi sebuah alasan kenapa seseorang tidak mampu menciptakan prestasi2 besar.. Karena para profesional bekerja berdasarkan profesi.. Jadi katanya kalo seorang profesional dibayar Rp. 10 juta, maka energi dan kemampuan yang ia keluarkan akan cenderung tidak lebih besar dari besaran tersebut.. Padahal, kalo mau, bisa aja dia mengerahkan energi dan kemampuan yang bernilai Rp. 20 juta..

“Itu salah satu kelemahan profesionalisme”, di buku tersebut dituliskan.. Akibatnya, prestasi kita sering dibatasi oleh besaran uang yang kita terima.. Jadi kadang kita kan suka mikir: “Ah, cuman dibayar segitu, ngapain bikin yang bagus2 amat..”, dan sejenisnya.. Seorang profesional hanya akan mau ngelakuin pekerjaan2 besar kalo bayarannya dianggap sesuai..

Nah, kalo Expert beda.. Seseorang yang ahli atau expert lebih berorientasi pada pencapaian ketimbang mempertimbangkan bayarannya terlebih dahulu.. Mereka2 yang mengincar menjadi “ahli” dalam sebuah bidang, cenderung untuk terus menerus menambah prestasi dalam profesinya.. Dan pada saat yang sama, keahliannya di bidang tersebut juga akan meningkat.. Jadi, kualitas dan kuantitas pekerjaannya nggak dibatasi oleh bayaran yang akan diterimanya..

Kalo gw liat sih, banyak orang2 yang jadi besar yang memang menomor duakan itung2an bayaran di depan, tapi lebih mentingin pencapaian jangka panjang.. Biasanya mereka lebih mengedepankan impian besar mereka.. Contohnya seperti Bill gates yang kepengen semua komputer bisa ada di setiap rumah, Steve Jobs yang kepengen membuat teknologi bagi mereka yang kreatif dan “think different”, Henry Ford yang memimpikan semua orang bisa punya mobil, dan Tony Fernandes sang pendiri Air Asia yang kepengen semua orang bisa “terbang”..  Ujung2nya, bisa gw tarik kesimpulan, setiap orang yang jadi AHLI punya impian yang jelas yang lebih dari sekedar bayaran..

Ngeliat kondisi Jakarta kerendem banjir sekarang, gw nggak ngerti kenapa dulu ada yang berkampanye menggembor2kan kalo dia AHLINYA ngurus Jakarta.. Mungkin die jugak sebenernya kagak tau ye pengertian profesional dan expert… Hehehe… Yang jelas, kalo gw ngeliat berulangnya terus Jakarta banjir2an begini dari duluuuu nggak tuntas tuntas.. Dia itu, profesional juga kagak, ahli apalagi..

Dan yang gw tau jugak soal ahli, kalo urusan nggak diserahkan kepada ahlinya, tunggu aja saat kehancurannya…

Advertisements
This entry was posted in: me|write, think sotoy

by

"Tuhan.. tolong berikan rejeki berlimpah pada semua orang yang udah mampir ke blog ini.. Amiiinn.." ......(^_^!)

14 Comments

  1. kalu bandingin banjir sama pro ato ahli ato expert kayanya juga ga pantas loh ya.. banjir tuh warisan dari jaman kapan tahun.. waktu jakarta masih batavia aja udah banjir.. gimana sekarang setelah berabad.. mo orang pro, ahli ato expert tetep aja kalu ga ada niat benerin banjir ga bakal deh ya..

    baru ngeh orang pro itu melihat profesinya dibayar apa engganya ya.. *eh? mo dibayar berapa kudunya kudu tetep pro kan?

    Like

    • hehehe… ya kalo dari perspektif tim yang ngarang tuh buku ya kayak gitu sih..

      Bener juga koq, liat di tipi memang dari jaman batavia dulu, banjir udah jadi masalah… Tapi gw liat ada data juga, banjir dan kerugian yang ditimbulkan dari tahun 2002, 2007, dan 2013 sekarang ini ternyata mengalami PENINGKATAN… wakaka… Berarti, orang yang ngaku “ahli” itu sebenernya bener2 ngurus banjir gak sih ??.. mosok meminimalisir pun tidak..

      Image Hosted by ImageShack.us

      Like

    • Alhamdulillah, sekarang cuman genang doang di jalanannya… Paling parah2nya deket2 sebetis.. Yaa, masi dibawah foto yang diatas itu deh.. Dulu tahun 2002 mah sampe didalem rumah sepinggang gw, di jalan depan rumah udah setinggi dada deket leher… Ngungsi dah ke lt 2… hehe..

      Image Hosted by ImageShack.us

      Like

  2. tapi kayanya pengertian begini-begini mah relatif, tergantung siapa yang memaknai. karena pengertian “profesionalisme” yang dulu saya pelajari pas kuliah dulu aja beda sama yang ini, dan dengan pengertian lain yang kubaca

    tapi insight-nya dapet eniwei, makasi mas ogie

    Like

    • Memang, yang bener memang ilmu pengetahuan itu ya begitu.. Mesti berbeda, karena banyak sudut pandang yang bisa dipake untuk melihat sesuatu… Yang gw dapet waktu belajar menteorikan teori di S2 dulu, ternyata juga baru tau, kalo sebenernya nggak ada satu teori yang bisa menjelaskan sekaligus semuanya… Mereka hanya bisa menjelaskan sebagian, dan dari satu perspektif.. Dan masih sangat mungkin untuk diperdebatkan lagi… Justru karena hal inilah ilmu2 itu bisa berkembang.. Nggak dikit kan kita denger sampe saat ini masih banyak yang “menyerang” teori darwin ataupun Einstein, atau Newton..

      Terus, tapi kan gak perlu saling gontok2an gituh walau berbeda… hehehe.. Tinggal pilih aja kita mau pake sudut pandang yang mana.. Wong semuanya kalo di iptek itu base on research koq.. Pendek kata, mungkin gak ada satu teori pun yang bisa dibilang paling bener… Karena yah buat kita para manusia, kebenaran itu sendiri sifatnya relatif..

      Yang gw sayangkan di sini, kebanyakan, kalo beda dikit, langsung dah dibilang salah… Mana bisa berkembang kalo begeneh ??… Kebanyakan: “kalo guwe bener, jadi elu mesti salah..”… Nggak bisa gitu: “gw bener, elu juga bener koq, cuman beda sudut pandang aja..” gyehehe..

      Image Hosted by ImageShack.us

      Like

      • katanya kalau teori emang masih bisa dibantah, yang gabisa itu hukum. misalnya teori darwin, teori relativitas einsten. kalau hukum itu yang udah teruji betul-betul, seperti hukum newton, hukum keppler

        ya gapapa sih, kl dulu pas kuliah juga dosen membebaskan mahasiswa mau jawab apa asal bisa bertanggung jawab dapat referensinya dari mana, jadi berdasarakan sumber terpercaya, bukan ngemeng belaka 😀

        Like

        • Betul.. hehe.. itu yang penting… mesti ada referensinya… Kalo berargumen tanpa referensi, apalagi kalo di akademisi, pasti ujung2nya bakalan jadi debat kusir dah tuh…

          Image Hosted by ImageShack.us

          Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s