me|write, my life stories, think sotoy
Comments 27

learning by doing..

untiAlhamdulillah, amanat mengajar semester ganjil angkatan ketiga ini selesai dengan sukses.. gyahahaa.. Seneng, soalnya ini mata kuliah kedua yang materinya guwe susun sendiri mulai dari nol.. Berbekal ilmu “hunting buku bajakan” di jagat maya dari dosen S2 gw dulu, dapet banyak dah referensi untuk bahan mata kuliah yang ini.. Terlepas semester depan gw diamanatkan mengajar lagi atau nggak, yang pasti semester ini gw puas !! hehe…

Dan Alhamdulillahnya lagi, gw liat dari ujian akhir mereka, karya2nya buat gw pribadi banyak yang memuaskan.. Berarti teori2 yang udah disampein selama satu semester ini ada yang berhasil terserap… Buat apa teori tanpa praktek ?? Buat apa hafalan2 semu yang nantinya akan mudah lupa ?? Di dunia desain grafis apalagi.. Tes masuk perusahaan desain pake tes tulis tipografi, tes tulis teori warna, dan sejenisnya ?? Weleh, kayaknya nggak banget deh…

Dalem pikiran gw sih, orang yang hafal belum tentu paham… Pemahaman biasanya akan jauh lebih lengket dari sesuatu yang udah dilakukan, dan bukan dihafal.. Konfusius dari 2.400 tahun yang lalu udah pernah ngomong: “Yang saya dengar saya lupa, yang saya lihat saya ingat, dan yang saya kerjakan saya paham..”..
Dunia ini diisi oleh macem2 orang.. Gw gak aneh kalo masi ada orang yang gak sependapat sama hal ini.. Termasuk dari kalangan akademisi sendiri.. Masih banyak yang mementingkan hafalan daripada implementasi teori alias praktek… Yang notabene di banyak negara berdasarkan tulisan Renald Khasali yang ini dan yang itu, sudah banyak mulai ditinggalkan..

Gw gak tau deh, apa orang2 itu emang gak update atau udah males belajar lagi… Soalnya terkadang gw juga banyak ngeliat orang2 yang sudah mencapai sebuah jabatan tertentu, sudah merasa sukses, lantas gak mau lagi belajar.. Udah merasa paling pintar, jadi menerima masukan dari manapun pun udah nggak mau.. Pokoke dia yang paling bUntitled-2ener dah.. hehe.. Buat gw pribadi, sangat menyebalkan berargumen dengan orang2 kayak gitu…

Terakhir pertemuan di dalam kelas, gw berpesan ke mahasiswa gw, teruslah belajar… Cepat atau lambat, kalo terus belajar, pasti bakal bisa menyalip dengan mudah orang2 yang seperti diatas itu… Bahkan kalo udah berhasil mencapai jabatan tinggi pun, teruslah belajar.. Karena kalo kata pak Mario Teguh: “Orang2 yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang2 yang terus belajar akan menjadi pemilik masa depan..”….  Steve Jobs yang pencapaiannya udah demikian tinggi aja masi menyarankan: “Tetaplah lapar, tetaplah bodoh..”

Ujung2nya bukan mustahil menyalip kemampuan si dosen pengajar alias gw sendiri.. Kayak penggalan sebuah halaman di komik kungfu boy yang disamping ini neh.. hihi.. Gw dengan sangat ikhlas berharap dan mendo’akan supaya mereka2 bisa menyalip apa yang udah gw capai selama ini.. Seneng banget malah, berarti yang gw sampein bisa bermanfaat…. Amiinn..

Sukses Semuanyah !!!

Advertisements

27 Comments

    • gyaha.. emang begitu… Ilmu itu nggak terbatas, waktu dan tenaga kita yang terbatas.. Mangkanya orang yang terus belajar sering jadi bakal ngerasa makin bodoh, karena ternyata lebih banyak yang kita nggak tau dari yang kita udah tau.. Dan ujung2nya malah jadi tambah kepengen cari tau… Kalo pinjem kata2nya Buya Hamka: “Menimba ilmu itu ibarat minum air laut, makin diminum makin berasa haus…”..

      Image Hosted by ImageShack.us

      Like

  1. Anonymous says

    Kerrren, Ogie..gw mau share tulisan loe yak..sebagai pengingat buat gw…thanks…

    Like

  2. memang biasanya lebih cepet nangkep kalo praktek langsung. cuman gak semua orang mamu memotivasi diri menjemput pengalaman2 baru. mantep kuot dari steve jobs.

    Like

  3. Betul, ada jarak antara hafal dan faham. Penerapanlah yang menghubungan antara keduanya. Setidaknya itu yang saya ketahui sbg orang awam.
    Salam kenal,

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s