entrepreneurship, favourite, me|write, think sotoy
Comments 33

The power of not knowing..

Kemaren dulu pas menjelang bulan puasa, ada temen kuliah sarjana gw yang lagi dalam kondisi andi lau (antara dilema dan galau).. hehehe… Dia bingung antara mesti harus melanjutkan karirnya di sebuah bank yang sudah dijalaninya bertahun2, atau segera resign dan menjalankan bisnisnya yang dulu sempet ditekuninya sebelum ia bekerja di bank..

Dia bilang begini “Gw kerja di bagian manajemen resiko gie, jadi gw tau banget resiko menjalankan bisnis itu gimana… Karena tau resikonya ini juga neh gie, yang bikin gw jadi maju mundur mau ngejalanin bisnis atau nggak..”

Wakwaaawww… Hehe.. Alhamdulillah, gw dulu saat mau mulai bisnis, gw gak tau apapun tentang manajemen resiko… Nggak tau perhitungan berkembangnya modal, gak tau nanti harus begini begitu… Pokoke bener2 pengetahuan gw tentang bisnis itu NOL BESAR…!! Yang penting Bismillah, jalan ajah dah… Temen gw itu sejak kuliah emang ngeliat sendiri, gw bukan anak orang kaya, pulang pergi kampus naek turun angkot, bukan pulak anak pengusaha, link bisnis juga dulu pas kuliah kagak ada, tapi bisa koq bangun bisnis sampe bisa beli mobil sendiri…  Nah, gw sih nangkep dia mikir begini: “kalo Ogie bisa, masak gw kagak.. wong sama2 makan nasi..?”… hehehe…

Menurut gw, orang yang tau sedikit atau nggak tau akan sesuatu itu ada untungnya juga loh ternyata… Untungnya orang yang tau sedikit itu biasanya karena taunya sedikit, jadi dia terus melakukan apa yang sedikit itu.. Nah, karena sebaik-baik ilmu itu ilmu yang diamalkan, jadi yah “maju” dah tuh orang di bidang / ilmu itu…

Terus, Allah kan udah janji, kalo mensyukuri nikmat, pasti bakalan ditambah.. Nah, karena mengamalkan ilmu yang dipunya itu termasuk kategori bersyukur, sadar gak sadar ilmunya bakalan ditambah dah… Inilah salah satu penyebab kenapa banyak orang yang pendidikannya gak tinggi2 amat, tapi bisnisnya bisa sukses.. Sebaliknya yang  gelar akademisnya berderet, malah banyak gw liat bisnisnya biasa saja, lebih cenderung ngebayar orang untuk merintis bisnis, atau bahkan bisa dibilang jarang yang berbisnis…

Orang yang gak tau apalagi.. Terkadang mereka2 yang gak tau itu lebih berani dan percaya diri loh… Misal, ada orang lagi presentasi… Presentasinya oke, penuh percaya diri dan improve sana sini sampe bikin audiensnya ketawa-ketiwi… Terus, pas belakangan kelar presentasi dia ngomong ke temennya: “Hehehe, tadi itu kroco semua, gak tegang dah guwe presentasinya..”.. Terus temen presentasinya bilang: “Kroco dari Hongkong ?!?! Itu tadi yang datang telat Direktur Utamanya Loohh.. !!!”

Gyahaha.. Ada hikmah dibalik ketidak tahuan.. Orang yang berani gendong dan belai2 kucing yang suka nyakar dan gigit itu yah cuma orang yang gak tau kalo kucing itu begitu.. Abis ada yang kasi tau: “Woi, kemaren tuh kucing abis ngegigit buaya sampe pingsan loh !!!..” Hehehe.. Setelah tau hal tersebut, besar kemungkinan tuh orang mikir-mikir lagi mau gendong tuh kucing…

Sadar atau tidak.. Nggak ada yang Tuhan ciptakan secara sia-sia, termasuk ketidak tahuan.. Tapi alangkah baiknya kalo kita nih tau juga kalo diri kita nggak tau.. Dan ujung2nya kita bakal mencari tau… Dengan belajar, bertanya, dan berargumentasi.. Karena dari situlah kemajuan akal fikiran serta ilmu akan berkembang…

**GGGYYAAAAAA… toloonggg sotoy guwe kummaaaatt laagiii…!!**

Advertisements

33 Comments

  1. hensamfamily says

    couldn’t be more agree with you.
    walopun sampe sekarng blm brani brani juga ngemulai bisnis.

    Like

    • Kalo dari pengalaman pribadi… berbisnis itu memang perlu keberanian dan ketekunan lebih mas… Kalo ilmunya sih yah, street smart bisa… sambil ngejalanin sambil belajar… Ibarat kata pepatah, sambil menyelam minum coca cola… hehehe…

      Image Hosted by ImageShack.us

      Like

    • Euh… belum berani ngomong sih mana yang lebih baik… Karena ada bisnisman yang jebolan sekolah bisnis sukses juga… Sepertinya intinya lebih ke pengamalan dari ilmu itu sendiri… Karena ilmu apapun kalo bejibun ditumpuk doang tanpa diamalkan bisa jadi kurang berguna…

      Image Hosted by ImageShack.us

      Like

  2. hahaha pengalaman banget tuh “kroco dari hongkong”.. ternyata yang ku presentasiin bigboss boh.. abis dandanannya ga kaya bigboss.. untung aja daku ga gimanagimana kalu tahu pasti panik sejuta..
    iya banyak untungnya dari ketidaktahuan ya.. biar gitu kita juga harus nambah ilmu.. belajar dari pengalaman.. bukan belajar dari teori..

    Like

    • Haha… ada pelaku kisah nyatanya juga nih… Hihihi.. Memang gak bisa dipungkiri, ilmu itu pemahamannya jadi lebih “masuk” kalo dilakukan, dan bukan dibaca doang…

      Image Hosted by ImageShack.us

      Like

    • euh.. bisnis jasa kreatif, spesifiknya desain grafis… Itu di kanan di “Link ngelink” di blog ini ada websitenya perusahaan gw.. monggo di liat kalo pengen tau lebih jauh…

      Image Hosted by ImageShack.us

      Like

  3. Mahasiswa itu biasanya kritis sampai bisa pukul pukulan dengan polisi. Ya karena masih pakai kacamata kuda. Coba sudah tua, permakluman luar biasa atas korupsi. Jadi tahu terlalu banyak malah jadi memble

    Like

    • hehehe… biasa… darah muda… masih panasan… plus wawasan masi kurang luas… jadi belum bisa melihat secara komprehensif…

      Image Hosted by ImageShack.us

      Like

    • Bisa begituh… Terkadang juga kasusnya jadi begini: meski gak kepengen tahu pun, sama Allah akhirnya kita dipaksa supaya jadi tahu atau lebih tahu… hehehe… Demi kebaikan dan perkembangan kita di masa depan… Alhamdulillah kalo gw tarik ulur ke belakang, banyak hal yang tadinya gw gak tau, jadi kepengen tau, ada juga yang dipaksa jadi harus tau… hehehe… Lama2 kalo Allah izinkan naek level, jadi dikasi amanat memberi tahu yang lain supaya ikutan tahu…

      Image Hosted by ImageShack.us

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s