Year: 2011

4 dimensi ?!? yang bwener ?!?

USG 4 dimensi ?!? , teater 4 dimensi ?!? hehehe…. Memang kalo mau laku “jualan” mesti pake istilah yang nggak umum sih yah, biar laris… Sesuai sih sama teori2 marketing… Tapi kalo yang gw ngertiin, secara “default”nya, selama kita masih hidup di dunia kita ini yang berdimensi 3, nggak akan bisa tuh membayangkan dimensi 4 kayak apaan… Pernah denger disebutkan “langit” diciptakan 7 lapis ?? Dari yang gw2 baca sih banyak penafsiran akan hal ini, ada yang menafsirkan langit pertama itu planet2 yang kita kenal, langit kedua itu bintang2, langit ketiga itu bintang2 yang lebih jauh lagi, dan seterusnya.. Ada lagi yang menafsirkan dengan 7 lapisan atmosfir kita yang stratosfer, dan fer-fer lainnya (sumpe gw kagak apal nama dan urutannya..!! hehe…)…. Yaa… Berbeda sudut pandang itu wajar banget… Meski semua cuman asumsi, tapi dari semua konsep “langit” yang pernah gw baca, gw paling sreg sama langit yang dikaitkan dengan konsep dimensi.. Dunia, euh, tepatnya alam semesta tempat kita tinggal ini adalah langit pertama berdimensi 3, langit kedua berdimensi 4, langit ketiga berdimensi 5, dan seterusnya …

my private library…

Yeeyy… Alhamdulillah… impian gw untuk punya perpustakaan pribadi akhirnya terwujud… Euuuh… emang masih lebih banyak komiknya daripada buku literatur dan populernya seh… hehe… Nggak terlalu gede, tapi lumayan lah buat penyaluran hobby membaca guwa… gw desain ada kasurnya pulak, biar bisa baca sambil tiduran… Berawal dari doyan baca komik, siapa sangka gw jadi suka baca buku2 laen, tapi topik2 yang gw suka aja seh…. hehe… Soalnya gw emang memilih buku bacaan yang gw bener2 suka dan kepengen tau… Kenapa buku yang suka2 ajah ?? Soalnya, gw pikir kalo orang udah suka, nyoba mengamalkannya jadi lebih tidak memberatkan, dan karena ringan ngamalinnya, untuk naik ke level paham dan yakin akan menjadi lebih mudah… Setelah jadi paham dan yakin, nyampein ke yang laen akan jadi lebih gampang…. Yang gw rasain, makin banyak baca, makin banyak lupa, tapi jadi makin banyak kepengen tau, soalnya sekaligus jadi merasa bodoh, ternyata ilmu itu luas bwangedh, dan bisa jadi kecanduan kalo level curiosity sedang tinggi2nya… Bener dah tuh kata Buya Hamka yang kemaren baru aja dinobatkan gelar pahlawan, beliau bilang: nimba …

Dulu benci, sekarang cinta…

Dulu… pas jaman gw SMP dan SMA, gw sebel banged ama yang namanya pelajaran fisika dan kimia… Nggak tau karena memang otak gw yang pas-pasan, atau karena si guru kurang pandai menjelaskan dan menjadikan tuh dua pelajaran menjadi menarik… yang jelas pas dua mata pelajaran itu ke”mudeng”an gw berada di titik nadir…. Kimia terutama, nilai ulangan gw, Masya Allah… dapet nilai enam udah paling bagus dah… biasanya dapet nilai lima, empat.. dua juga pernah, malah pernah saking parahnya si guru nggak ngasi nilai, tapi cuman ngasi tau jumlah soal yang gw kerjain benernya berapa biji, hihi.. kalo dinilai gw rasa gw dapet satu koma… Fisika mendingan dikit, tapi tetep dulu termasuk list mata pelajaran yang gw benci… Yang gw suka cuman olah raga sama seni rupa… gyahaha… Laen bengkulu, laen semarang, dulu-dulu, sekarang-sekarang… Belakangan sekarang ini gw lagi tergila-gila sama Fisika quantum… Beragam artikel dan video tentang fisika quantum betah gw pantengin… Meski gw nggak nyampe dan nggak akan pernah nyentuh rumus2, tapi secara terapan, fisika quantum buat gw pribadi sangatlah menarik… Kenapa menarik ?? …

SMP udin magang ?!?!

“Ini ponakan gw gie, mau magang di sini, seminggu doang sih… masih SMP..” Gwwaakks ?? SMP udah magang ?? terus si ponakan bilang, magang udah dilakukan dari kelas 6 SD… Gwwaaaakkss, magang kelas 6 Es DEEEEE ??!?!? Emang sekolah ni anak nggak biasa juga seh pas gw liat surat pengantar magangnya.. Para siswa boleh magang dimana aja sesuai minat yang mereka suka… jadi ada yang di restoran, ada yang di advertsing, atau di bidang2 laen yang mereka memang minat dan hobby di sono… Kenapa bagusnya nyoba mengamati, merasakan, mempraktekkan, yang sesuai dengan minat dan hobby mereka ?? Supaya nanti ketauan bakatnya cocoknya kemana… biasanya minat sama bakat hubungannya cukup dekat dan harmonis, nggak pernah selingkuh… hehehe… Ada sebuah penelitian di Amerika yang dilakukan oleh Stanley terhadap 733 orang sukses di sana… Dan hasil risetnya mengemukakan bahwa 81% dari orang sukses tersebut memilih profesi yang memungkinkan penggunaan potensi diri atau bakat mereka sepenuhnya… Jadi program magang ini sepertinya dilakukan untuk menuntun siswa supaya menemukan potensi terbaik dirinya sejak dini, di bidang apa dia nantinya mau menetapkan …