entrepreneurship, me|write, think sotoy
Comments 28

SMP udin magang ?!?!

“Ini ponakan gw gie, mau magang di sini, seminggu doang sih… masih SMP..”

Gwwaakks ?? SMP udah magang ?? terus si ponakan bilang, magang udah dilakukan dari kelas 6 SD… Gwwaaaakkss, magang kelas 6 Es DEEEEE ??!?!?

Emang sekolah ni anak nggak biasa juga seh pas gw liat surat pengantar magangnya.. Para siswa boleh magang dimana aja sesuai minat yang mereka suka… jadi ada yang di restoran, ada yang di advertsing, atau di bidang2 laen yang mereka memang minat dan hobby di sono…

Kenapa bagusnya nyoba mengamati, merasakan, mempraktekkan, yang sesuai dengan minat dan hobby mereka ?? Supaya nanti ketauan bakatnya cocoknya kemana… biasanya minat sama bakat hubungannya cukup dekat dan harmonis, nggak pernah selingkuh… hehehe…

Ada sebuah penelitian di Amerika yang dilakukan oleh Stanley terhadap 733 orang sukses di sana… Dan hasil risetnya mengemukakan bahwa 81% dari orang sukses tersebut memilih profesi yang memungkinkan penggunaan potensi diri atau bakat mereka sepenuhnya…

Jadi program magang ini sepertinya dilakukan untuk menuntun siswa supaya menemukan potensi terbaik dirinya sejak dini, di bidang apa dia nantinya mau menetapkan impiannya.. Waawww.. pengen jadi murid SMP lagi gw sepertinya…

Semakin cepat seseorang menemukan potensi dirinya, kemudian menetapkan tujuan, bisa jadi dia makin cepet menggapai impiannya… Misalnya, pake rumus sukses yang ada teorinya aja deh… Teori 10.000 hours rules atau kaidah 10.000 jam…

Teori dari Malcolm Gladwell ini menyatakan, untuk menjadi orang yang sukses, seseorang atau sekelompok orang harus berani dan rela berkorban untuk mengasah kemampuan dan keahliannya selama kurang lebih 10.000 jam. Yup, tepat sekali. Jumlah jam itu setara dengan bekerja selama 24 jam per hari selama kurang lebih 417 hari non stop atau bekerja sebanyak 8 jam per hari selama 1.250 hari atau 3,5 tahun non stop (baca: tanpa hari libur di hari Sabtu dan Minggu)….

Kalo si siswa udah nemuin potensi terbaik dirinya sejak SMP, taroklah sabtu minggu tetep libur, bisa jadi kurang dari 5 atau 6 tahun, dia bisa sukses… umur 20an udah sukses… Yaa, ini cuman diatas kertas sih…

Tapiii… emangnya ada orang yang sanggup jalanin teori 10.000 hours rules ??….. Ada !!!

Yang sering dijadikan contoh itu Bill Gates sama The Beatless….

Kalo di Indonesia, gw pikir Piyu padi bisa dijadikan contoh… Di sebuah buku diceritain, Piyu menetapkan impiannya untuk menjadi musisi di usia 14 tahun !!!… dan sejak ketetapannya itu, kalo gak salah dia mengharuskan dirinya “pegang” gitar 8-9 jam sehari…. dan hasilnya, bisa kita liat sendiri…..

Advertisements

28 Comments

  1. salah satu musisi muda yang sukses… salah satu resep suksesnya ya itu… tau maunya semuda mungkin…. nggak kayak gw neh… baru tau maunya pas kuliah tingkat tigaaa.. wakakakakak…

    Like

  2. gw jadi inget dulu sama temen gw yang musisi setelah dapet sesi pelajaran di kelas dia diharuskan mengulang latihannya 8 jam sehari…. nanti pas ketemu sama gurunya akan ketahuan apakan dia telah melakukan itu selama 8 jam sehari atau tidak…. dan sangat applicable untuk di bidang lainnya juga …..

    Like

  3. Lha, anak saya (kls 2 SMP) minggu depan magang di sebuah karoseri di Bogor. Tahun kemarin, dia magang di produsen brownis di Bogor dan pengrajin kramik di Bandung.

    Like

  4. nah bener kaan… kita yang baru mau jadi bapak atau calon bapak gak tau yang beginian… jadinya ya gitu… kaget denger smp udah magang… soalnya magang biasanya pas kuliah, kalao nggak di SMK atau SMA gitu…

    Like

  5. debapirez said: wuih….canggih. gw aja baru mulai magang pas kuliah….

    hehe… sama dunk bro… gw nyoba magang di sebuah advertising, kata ownernya “udah, nggak usah magang, langsung kerja aja…”…. Dan akhirnya gw keterima kerja disitu…. guess what… gw cuman bertahan sekitar 2 atau 3 minggu, abis itu gw resign… gwakakak…

    Like

  6. debapirez said: kenapa resign bro?

    hehe… kebanyakan bengongnya, udah biasa sibuk ngerjain desain eh malah gw didiemin aje… gw orangnya gak bisa diem, terus ada peluang bisnis yang laen ikut orang EO… Udah ngerasaian jadi freelancer, terus jadi karyawan, kena macet tiap pagi… lantas di titik inilah awal gw mulai kepikiran mau wirausaha aja… hehe…

    Like

  7. ogieurvil said: gwakakak… mungkin juga… sekolahnya sekolah alam bogor…

    Benar, kan. Berarti sama. Anak saya kelas 8 si SMP Alam Bogor. Siapa nama keponakan Ogie?

    Like

  8. hwaa.. beneran sama…. hehehe… bukan keponakan saya sih mas… ponakan temen kantor, magangnya di kantor saya… namanya Novan… nama panjangnya nggak tau… hehe… Hebring jugak neh sekolah…

    Like

  9. Oooo…, Novan. Dia teman dekat anak saya (Fakhri). Anak saya magang di sebuah karoseri di kota Bogor. Magang ini memang program per semester di Sekolah Alam Bogor. Semester pertama, tempat magang ditentukan oleh sekolah, di dalam kota, semester ketiga di Bandung, semester pertama (kls 2) disuaikan dg minat dan bakatnya.

    Like

  10. ealaaahhhh… bener2 dah… sempit banged dunia yak… gwakakak… ini aku tanya anaknya langsung…. he’eh, dia bilang kenal banget ama si Fakhri, malah katanya pernah nginep di rumahnya pulak pas ortunya lagi keluar kota… berarti ya di rumah kang dadi dunk yah… hihihi… kebetulan yang aneh….

    Like

  11. ogieurvil said: ealaaahhhh… bener2 dah… sempit banged dunia yak… gwakakak… ini aku tanya anaknya langsung…. he’eh, dia bilang kenal banget ama si Fakhri, malah katanya pernah nginep di rumahnya pulak pas ortunya lagi keluar kota… berarti ya di rumah kang dadi dunk yah… hihihi… kebetulan yang aneh….

    Iya. Bener banget. Dunia sempit banget…..Waktu saya dan istri ada tugas ke luar daerah, Novan nginap di rumah. Emang dekat banget tuh anak2. Gak di mana2 kumpul terus. Beres magang, mereka mau susur pantai di Pelabuhan Ratu….

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s