me|write, my life stories, think sotoy
Comments 13

wrong is monggoable…

“takut salah neh guwe…” “walah.. salah bikin keputusan..”… “salah ini… salah itu… salah dimana-mana..” hehehe..

kayaknya kalo gue liat banyak yang menganggap kesalahan adalah momok yang besar… jadi kadang ada deh tuh orang-orang yang demikian perfeksionis ataupun sebaliknya malah berhati-hati banget karena takut salah, dan ujung-ujungnya tetep diam tidak bergerak karena takut salah..

waktu SMP atau SMA jamannya PR masih banyak, jujur aja gue tergolong orang yang rada males bikin PR…. (kebuka deh rahasia satu (^_^!)…..)… Gue lebih milih untuk dateng lebih pagi dan kemudian mencontek temen yang udah bikin PR… waktu sebelum bel masuk berbunyi gue gunakan secara efektif, efisien, maksimal, fokus, full konsentrasi untuk mencontek PR temen gue secara cepat, tepat dan akurat… hihihihi…

saat itu gue merasa kalo gue tuh bukan orang yang malas, karena memang pada kenyataannya gue selalu pengen mengerjakan malam harinya.. (ngeles mode “on”)… dan saat buku tulis terbuka, apalagi kalo PRnya susah, rasa TAKUT SALAH langsung menyergap gue.. gw langsung kalah sebelum bertanding…

gue peratiin temen2 gw ada yang tipe “nekat”, PRnya mo bener atau salah bodo’ amat.. yang penting bikin !!… mungkin tipe ini jauh lebih baik daripada gue… atau bukan mungkin kali yee… tapi jelas tipe begini lebih baik daripada guwhee… !!! dengan ngerjain, mereka jadi tau salahnya dimana kemudian memperbaiki…. lah guwa ?!? cuman tau benernya doang kagak tau salahnya…

rasanya dalam mengambil keputusan hidup pun kita sering dihantui rasa takut salah… takut menghadapi resiko kalo salah.. padahal Allah udah ngatur semua, nggak mungkin dikasi kesulitan yang nggak bisa kita atasi, meskipun itu resiko akibat dari kesalahan kita.. dan gue pikir ada kalanya keputusan yang kita anggap bener, sama Allah malah dibikin salah… supaya kita belajar… atau sebaliknya, keputusan yang menurut kita salah, sama Allah malah dibenerin… supaya ngerti kalo hidup itu penuh hal tidak terduga…

kesalahan yang nggak mematikan ngasi kita kesempatan untuk memperbaiki diri… ratusan kesalahan diperlukan Edison untuk bikin lampu… kesalahan nggak identik dengan kegagalan… membuat kesalahan dalam proses melakukan niat baik, melakukan sesuatu yang berguna atau impian besar, rasa-rasanya lebih baik daripada nggak pernah salah sama sekali karena tidak pernah melakukan apa pun…..

Advertisements

13 Comments

  1. carrotsoup said: wah, very inspiring nih! terimakasih u/siraman semangat di pagi hujan ini… ^^

    terima kasih kembaleeee….. aduh senangnya bisa menginspirasi orang lain… (^_^)/

    Like

  2. yang penting adalah klo salah atau gagal bagaimana kita harus memperbaiki kesalahan dan bangkit dari kegagalan tsb yah Pak Ustadz……MEMANG OGIE yang MEMANG…wakakakakaak :-p

    Like

  3. meandmydream said: kudu berani salah dulu utk dpt yg bener.

    euh…. nggak selalu mesti salah dulu seh untuk dapet yang bener… cuman emang biasanya dari salah itu lebih banyak dapet pelajaran… euh… buat yang mau ngambil pelajaran seh… kalo nggak yah bisa terjeblos di lubang yang sama…. hehe..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s