me|write, my life stories, spiritual, think sotoy
Comments 18

dilema di lampu merah..

belakangan sering keluar kantor… lewat banyak lampu merah, mesti ada deh tuh banyak peminta-peminta alias pengemis atau anak jalanan.. mulei dari yang bawa bayi sampe modal tepuk tangan doang walaupun badan masih komplit dan sehat… yaahh, kadang gue kasi, kadang kagak seh… liat tempat dan liat duit gw dulu.. hehe..

bukan masalah ada receh atau nggak yang pengen gw tulis disini.. cuman soal perasaan gw aja yang kadang begimaannnaaa gituh… berasa dilema… kalo nggak ngasi kasian, tapi kalo ngasi ntar mereka malah betah di jalanan dan nggak nyoba usaha-usaha yang lain.. apalagi yang bawa anak gituh, uukkhh.. tega bener anak umur segitu udah ditenteng-tenteng buat ngemis..

pernah juga kejadian, gue ngasi duit ke pengemis ibu-ibu yang bawa anak.. terus ngeliat gue ngasi duit, anak jalanan (cewek) yang deket situ langsung datengin mobil gue terus minta ke gue jugak… kehabisan duit kecil dan setengah niat emang gw gak mau ngasi, akhirnya gue kasi kode ngelambaikan tangan ke dia tanda “nggak ada duit lagi”… dan tuh anak tetep nggak beranjak dari mobil gw dan nempelin mukanya ke kaca mobil gue di bagian supir…

gue tetep diemin… setelah beberapa lama akhirnya dia ninggalin mobil gue dengan “menggebuk” body mobil gue lumayan kenceng… buset dah.. kagak tau ape die tuh mobil cicilannya masih belum lunas… cuman bisa ngelus dada deh gw….

dilema dah… mau ngasi apa kagak kalo kecegat sama yang model begini di lampu merah.. sampe saat ini kalo mau sedekah di jalan gw lebih milih untuk membeli sesuatu, ntah itu permen atau koran dengan ngasi duit yang lebih.. karena gw pikir, mereka itu bekerja… dan gw ngehargain banget mereka-mereka yang mau bekerja keras ketimbang minta-minta… jadi mending gw kasi ke mereka tuh duit…

berikut ada hadist soal peminta-minta yang gw temuin…

“Sesungguhnya meminta-minta itu sama dengan luka-luka yang dengan meminta-minta itu berarti seseorang melukai mukanya sendiri. Oleh karena itu, siapa mau silakan menetapkan luka itu pada mukanya, dan siapa mau silakan meninggalkan, kecuali meminta kepada sultan atau meminta untuk suatu urusan yang tidak didapat dengan jalan lain.” (HR Abu Daud dan Nasai)

“Jika aku masih memiliki sesuatu tentu aku tidak akan menyembunyikannya dari kalian. Siapa yang menghindari dari minta-minta, Allah akan memenuhi kebutuhannya, siapa yang merasa cukup dengan pemberian Allah, Allah-lah yang akan mencukupinya, siapa yang berupaya untuk bersabar, Allah akan membuatnya bersabar, dan tidak ada anugerah Allah yang diberikan kepada seseorang yang lebih baik dan lebih besar daripada kesabaran.” (HR. Al-Bukhari)”

Advertisements

18 Comments

  1. Kalo mo kasih duit, tambahin bonus haditsnya donk bang ogie.. Mungkin mereka dapet hidayah dari sana n_naku biasanya ga kasih uang ke pengemis. Biar mereka juga nyadar kalo ngemis sama susahnya kaya kerja, tapi hasilnya beda. Eh, tapi kalo dia ngamen masih suka ku kasih. Kalo pengemisnya bawa anak, lebih baik kasih roti/makanan lain..

    Like

  2. sekarang kan ada aturan Pemda DKI yang bilang kalo ada yang ngasih duit ke peminta2, doi bakal ditangkap. konon katanya itu langkah meminimalisir keberadaan pengemis di Jakartaaturan itu populer waktu lebaran kemarentau deh skr tuh aturan msh diterpin apa kagak

    Like

  3. yahh.. kalo pengemis di lampu merah mang suka gitu.. mgkn sebenernya mereka capek n bosen jg ngemis di jalanan.. tapi denger2 siy.. kalo mereka sampe nggak menuhin target,, bisa2 diomelin ma bosnya.. jadi ekspresinya ya gitu kali.. gebuk2 mobil orang.. sabar aja bang..dilematis.. mang iya.. kasian liat mereka.. ngasih jg nggak mendidik.. tapi di luar itu semua siy.. kalo aku selama ada uang receh kenapa nggak.. ato kalo liat ternyata mereka itu mukanya memelaaasss banget.. ya kasih aja.. kalo ada.. nggak cuman di lampu merah.. trotoar.. jembatan penyeberangan.. malah pernah iseng ngajak pengemis kecil tuk makan bareng di pinggir jalan.. hehe.. daripada uangnya di kasih ke bosnya.. mending dianya aja yang dapet.. hehe.. piss ahh..

    Like

  4. Mas.. di Blok M banyak tuuh..saya sebagai pengguna jasa angkutan umum, udah apal tampang mereka..yg sedang trend di blok M, pengemis anak2 yang pura2 buntung kakinya. Tadinya cuma satu, tapi sekarang tambah banyak aja. Saya yakin ntu PALSU, wong keliatan banget kaki di lipet begitu..Klo di kawasan sudirman-thamrin ada juga pengemis yang menurut saya keren banget. seorng ibu2 agak kurus juga, berpakaian layaknya pegawai kantoran. trus berjalan menyusuri trotoar sambil pura2 nanya ama tiap orng yang di temui ujung2 nya minta duit. Bilangnya sih gak ada ongkos, dia mintanya minimal seribu getu (gila apaee coba masa minta 5 rb alesan buat ongkos hehe)Jam operasi dia bersamaan bubaran orang2 kantor. Saya apal nih maklum deh sering liat dia mulai dari tahun lalau semenjak proyeknya deket2 situ..

    Like

  5. akuai said: aku biasanya ga kasih uang ke pengemis. Biar mereka juga nyadar kalo ngemis sama susahnya kaya kerja, tapi hasilnya beda.

    input yang bagus neh… kepikir seh walaupun ngasi, jangan bentuk duit… tapi makanan… tapi ntar mobil gua bakal banyak semutnya…. wakakakak…

    Like

  6. kavellania said: tau deh skr tuh aturan msh diterpin apa kagak

    hehehe… konsistensi penetapan peraturan kita kan meragukan… inget peraturan siang-siang motor kudu nyalain lampu ??? emang sekarang jalan ?? udah jarang gw liat deh kayaknya… padahal rapat netepin perarturan makan duit jutaan… mubadzir daaahh…

    Like

  7. nitafebri said: Saya apal nih

    bener… bisa apal kalo sering lewat… emang tongkrongannya kali ya selalu di situ… di daerah kuningan juga ada.. gue liat anak jalanannya itu-itu ajah… ini nih yang jadi masalah… bikin mereka betah di jalan…

    Like

  8. debapirez said: MUI udah “melarang” kita untuk memberikan kepada pengemis…

    hooo… MUI sendiri udah ngelarang yah… baru tau neh gw… ( telat.. kurang gaul… kekeke..) thanx for the info…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s