me|write, think sotoy
Comments 27

holy smoke !!!

bwweehh… lagi UAS… untuk satu mata kuliah, gw milih nulis tentang rokok… nggak tau kenape, kepikir aja pengen bikin event atau entertainment tentang barang kontroversi yang satu ini.. mulai riset cari data… ternyata pecandu rokok tuh emang pada gile yee… hehehe… berikut sedikit data yang gue dapet:

– di dalam sebatang rokok terdapat: 4000 jenis racun kimia (10 diantaranya bersifat karsinogenik/merangsang tumbuhnya kanker).

– Indonesia menduduki peringkat ketiga setelah China dan India dalam kasus kematian akibat menghisap rokok. Berdasarkan hasil survei Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia tahun 2007, sebanyak 1.127 orang meninggal setiap hari akibat rokok, dan 67 persennya merupakan laki-laki.

– produksi rokok 220-225 miliar batang diserap oleh rakyat miskin. Data BPS menunjukkan masyarakat miskin cenderung mengorbankan alokasi belanja bahan kebutuhan pokok – termasuk beras, susu, tahu dan daging – demi tetap mempertahankan merokok. Pada tahun 1999, proporsi belanja makanan pokok keluarga miskin yang 28% turun menjadi 19% pada tahun 2003. Namun pada periode yang sama, proporsi belanja rokok keluarga miskin justru meningkat dari 8% menjadi 13%.

– Sebanyak 83,7 persen anak-anak merokok karena pengaruh iklan rokok.

– Perokok pemula usia 5-9 tahun meningkat secara signifikan. Hanya dalam waktu tiga tahun (2001-2004), persentase perokok pemula naik dari 0,5 persen menjadi 2,8 persen. Menurut data Komnas PA tahun 2007, 4.750 anak yang disurvei di kota-kota besar di Indonesia, ditemukan usia merokok yang semakin muda yakni 5 tahun sebanyak 12,8 persen.

– 162 negara di dunia telah melarang iklan rokok. Di dunia tidak ada larangan merokok dan menutup industri rokok, melainkan melarang iklan rokok. Indonesia merupakan satu-satunya negara di Asia pasifik yang tidak meratifikasi Undang-Undang pembatasan merokok atau Framework Convention on Tobacco Control (FCTC).

Objective dari UAS gua itu, gw kudu bikin hiburan yang menyentuh sampe tahap kognisi, afeksi dan akhirnya konasi… mabok dah gue…

Soal rokok sendiri, gw pernah diskusi dadakan seh sama beberapa temen… soal haram atau makruh.. gw bukan orang yang ngerti tentang haram atau halal… cuman saat diskusi berlangsung, timbul pertanyaan mendasar, “sebetulnya haram itu apa seh ??”… temen gue ada yang bilang: “yang mudharatnya jauh lebih banyak atau nggak ada manfaatnya SAMA SEKALI !!”…

Gue pikir ini pengertian yang cukup logis seh, terlepas dari pengertian secara harfiah… mengingat yang haram pun bisa jadi halal kalo dalam keadaan terpaksa dan dapat memberi manfaat.. contohnya… babi bisa menjadi boleh dimakan dalam keadaan darurat bila nggak ada lagi yang bisa dimakan…

Jadi menurut temen gue yang satu ini, rokok tuh haram !!…

Gue jadi teringat saat gue kuliah S1 dulu… dimana di kelas gw, gue cuman satu diantara dua cowok yang nggak ngerokok… dan jelas lah, godaan dateng dari segala penjuru… “ayo ngerokok dong giee..”… “aahh.. nggak asyik lu nggak ngerokok..”… “nih gratis dah buat lu nyobain..” atau kalimat-kalimat lain yang bersifat merayu gue supaya ngerokok… dan itu berlangsung kurang lebih 1 atau 2 semester awal gw kuliah akunting…

Akhirnya gw cuman ngasi satu pernyataan ke mereka si penggoda2 itu… “Okeh.. !! Gw mau ngerokok… Tapi sebelumnya, lu kasi tau guwe SATU MANFAAT yang cuman bisa gue dapet dari rokok… SATU aje menn.. SATUU… nggak usah banyak-banyaakk…” gitu gue bilang…

Dan Alhamdulillah…. sampe sekarang… belum ada yang bisa ngasi tau gue… dan artinyaaaa… sampe sekarang gue tetep nggak merokok…

Advertisements
This entry was posted in: me|write, think sotoy
Tagged with:

by

"Tuhan.. tolong berikan rejeki berlimpah pada semua orang yang udah mampir ke blog ini.. Amiiinn.." ......(^_^!)

27 Comments

  1. gue sama elu sama gie…. minoritas yang tidak merokok waktu kuliah dan sampai sekarang……. emang anj…..g ba… bang….t ng……t jaha…m yang ngerayu-rayu untuk merokok…..

    Like

  2. nah itu dia… mana sekarang ada band bertaraf nasional mempromosikan rokok… itu pinter apa bodoh? karena memang uang untuk menutup semua kemudharatannya gede banget… dan crazy-nya lagi ummat sekarang tuh udah nggak percaya omongan ulama, padahal ulama khan penyambung lidah nabi… nah klo ngomongin penggembosan fungsi ulama itu panjang lagi… intinya merokok itu haram… jadi g suka bingung ngeliat ada personil dakwahnya habib anu masih ngerokok… dakwahnya ngapain aja ya…

    Like

  3. pernah coba, tapi akhirnya klebiuh milih kalah sama godaan makanan…. -__-; *nggak bisa dibanggain juga sih*sadisss, 4000 racun…. itu buat yang ngerokok, buat yang di”rokok”in itu yang lebih parah.Waktu bikin komik untuk LSM, salah satu program yang coba mereka terapkan di masayarakat binaannya mengurangi belanja rokok satu linting sehari supaya bisa menabung paling nggak 1000 sehari kalau 30 hari? 30.000 lumayan buat tambahan jajan anak atau biaya sekolah……. ck ck ck dahsyat tuh lintingan kecil satu….

    Like

  4. ulama neolib!… hehehehehehe… :)iya g juga nggak ngerti tuh… walau akhirnya bakalan keluar ‘inikhan pilihan pribadi’… tapi perokok memang ‘pembunuh’ sejati, selain ‘membunuh’ diri sendiri juga ‘membunuh’ perokok pasif… ibarat kata second hand smoke kills…setau g ulama2 yg ngerokok -ulama jadul ya- ngerokoknya lingwe -linting dewe-, guru ngaji g gitu tuh dulu, beliau ngerokok disela2 waktu santainya aja, sendirian dan nggak ngajak2, setelah lulus sma g pernah sekali bertandang kerumah beliau waktu lebaran, masih ngantongin kawung dan tembakau -asli petani kata beliau-, skrg beliau udah keharibaanNya… dan dulu g pernah nyoba ngerokok lingwe bareng temen sepengajian… dan rasanya sepet banget dan panas… lgs kapok semua hr itu dan mungkin juga gara2 itu temen2 seangkatan g ngaji nggak ada yg ngerokok -walau g sempet pas kelas satu sma dan berhenti agak lama kemudian gara2 hal sepele-

    Like

  5. Gie.. gw kasih dasaranya yah.. “buka2 referensi dl nih” heheHalal dan haram berdasarkan al-Qur’an di: Al-Baqarah 168, 172-173 ; Al-An’am 145; AL-Maidah 96, Al-A’Raf:157bener Gie di bolehin makan yg haram dalam keadaan terpaksa tp ga boleh berlebih2an.. hy untuk mempertahankan hidup ajaTruss setahu gue pasti dg di Haramkannya sesuatu itu krn mudhoratnya, spt marus (darah yg di bekukan) dimana darah itu tempat yg baik untuk berkembangnya bakteri krn kandungan protein nya yg tinggi.. kondusif untuk sumber nutrisinya tuh bakteri, pada babi pasti lah cacing pitanya yg susah untuk di matikan.. walau pun nantinya dg tech. cacing pita bisa di tiadakan dlm babi.. tapi dilihat dari pola hidup babi yg ga bagus dan kotor itu juga termasuk dalam lingkup kenapa di haramkan. mengenai rokok.. wallahualam.. kalau dulu masih masuk ke Makruh yang sebaiknya di tinggalkan sampai yg sekarang dah di haramkan sama para ulama.. so.. “HIDUP adalah PILIHAN” kasian lah ma org2 disekeliling yg jadi perokok pasif.. pa lagi pagi2 masih seger2nya udara pagi dah kena asep rokok.. huh.. sebel banget.. (maklum masih naik yg umum2 ) begitu gie.. kalo mo jelas lagi bisa liat di http://www.halalmui.or.id malah yg masih ngawang nih di gw.. kira2 manfaatnya babi apa yah.. ?? kenapa tuh makhluk ada dan di ciptakan yah?? Wallahualamhehe dari rokok ke babai judulnya.. xixixi

    Like

  6. yo’eh wan… di SE mayoritas anak sehat semua… hihihi… zaman kite seh… yang sekarang mah jangan tanya dah… ampe yang cewek pun ada…

    Like

  7. bulatpenuh said: pernah coba, tapi akhirnya klebiuh milih kalah sama godaan makanan…. -__-; *nggak bisa dibanggain juga sih*

    gyahahaha.. mending deh mal kegoda makanan… resiko jadi ndut lebih mending daripada kanker… yaahh.. walaupun kalo over jadi biang penyakit jugak seh… wakakakakak..

    Like

  8. anakhalal said: Lha kalo ulamanya aja ngerokok gimana?

    iye neh ris… soal ini gw juga kagak ngarti… kyainya di pesantren jg ada yang ngerokok… piye toh… mungkin dengan budget besar, bisa diganti tiap anak pesantren dapet Nintendo DS atau PSP.. biar pada maen wireless di waktu senggang dan lupa ngerokok… kalo perlu tantangin si kyainya maen TEKKEN…

    Like

  9. yupznovi said: malah yg masih ngawang nih di gw.. kira2 manfaatnya babi apa yah.. ?? kenapa tuh makhluk ada dan di ciptakan yah?? Wallahualam

    gw seh tetep yakin nggak ada ciptaanNya yang sia-sia…babi ada bisa jadi buat ujian kite-kite… katanya seh enak.. tapi yah gua kagak tau dah… yang jelas di Al-qur’an udah dibilang, gimana kita bisa ngaku beriman kalo belum diuji ?? makin beriman justru makin diuji…toh salah satu hikmah penciptaan babi yang menghibur udah bisa kita liat… adanya tokoh PORKY PIG temen maennya si BUGS BUNNY… wakakakakak…

    Like

  10. yahahaha… apa-apa kalau halal juga jadinya haram kalau berlebihan mah… halalan thoyyiban kan. Halal juga baik (kalau bukan karena salah satu merek ayam goreng, gw ga bakal inget tuh)

    Like

  11. Sip Gie…gw dukung UAS loe..semoga lancar yeee..gw juga kgak ngerokok tapi pernah nyoba ngerokok waktu kuliah cuma nyoba sekali doang…kta orang klo dah nyoba sekali pasti nagih…tapi nyatanya gw kgak nagih tuh malah kapok, kyaknya dada sesek ama asap, terus baju yg gw pake pasti bau banget…ppphhuiiihhh…So sampe skrng Alhamdulillah gw kgak ngerokok deh, malah klo ada orang ngerokok disamping gw langsung gw tegur. Gw pernah bilang di angkot ama orang yg ngerokok spt ini gie “Bang, saya tau ngerokok itu hak situ, tapi saya jga punya hak untuk menghirup udara segar bang…haaa3x tuh orang matiin rokoknya dgn muke be te krn gw tegur di depan penumpang semua…xixixixi…”ANDAI LINGKUNGAN KITA BERSIH TANPA ROKOK…BETAPA SEGARNYA LINGKUNGAN INI :-)hidup memang ogie..eh salah ogie memang…

    Like

  12. hendryanto said: “Bang, saya tau ngerokok itu hak situ, tapi saya jga punya hak untuk menghirup udara segar bang.

    gile jugak loh din… berani amat…lain kali di angkot coba ngomong gini din.. “Bang…. bagi duitnya dong bang…”

    Like

  13. ogieurvil said: yo’eh wan… di SE mayoritas anak sehat semua… hihihi… zaman kite seh… yang sekarang mah jangan tanya dah… ampe yang cewek pun ada…

    Yah… gitu dah… tapi sekarang ga terlalu loh… soalnya Pimumnya anti rokok seh…langsung suka marah – marah dan jambak orang kalo pimumnya kena asep rokok… hehehehe

    Like

  14. come to think of it….gw bersyukur banget deh gabung ke kalian (kokabi)yang smoke-free…dulu gw cuek2 aja klo temen gw ngrokok..gw sendiri ga pernah ikutantapi sejak jadi kokabi-ers…yang ngrokok di sebelah gw akan langsung gw hujani dengan tatapan tajam…:))

    Like

  15. nggak dihipnotis aja sekalian ley ??”bacalah komik biar nggak ngerokok… bacalah komik biar nggak ngerokok…” wakakakakak…

    Like

  16. bikin sedih fenomena rokok di indonesia, belanja buat rokok di sebuah keluarga, lebih besar dari pengeluaran keluaraga tsb buat pendidikan (hasil survei)

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s