entrepreneurship, me|write
Comments 19

workhardwork..

Minggu kemaren, ada seorang entrepreneur yang dulu pernah mencuat namanya main ke kantor gw.. Euh, mungkin bisa dikatakan beliau kemaren itu sedikit curcol, karena bisnisnya lagi turun.. Unit2 usaha yang dulu pas pertama kali gw ketemu dia sedang bagus, lancar jaya, sekarang satu per satu gulung tikar… Dia cerita rugi satu setengah miliar… Dan sekarang ini dia sedang memulai bisnis yang berbasis online…

Beliau ini kenal dengan Chairul tanjung, sering bersilaturahmi dan dekat dengan Bob Sadino, juga sedikit banyak entrepreneur2 lain selevelnya lah… Dia bilang selama gak kontakan gw beserta tim gw, dia juga sambil merenungi atas apa saja yang sudah ia lakukan.. ia mengamati orang2 yang lebih sukses dari dia menjadi bahan renungannya…

Dan atas hasil pengamatan orang2 itu dia bilang begini pas di kantor gw:
“Ada benang merah antara orang sukses yang satu dengan yang lain… mereka itu gigih banget, tekun, dan ulet…”

Yaah, lagi2 kegigihan bekerja keras… Nggak ada yang lain apah ?? hehehe… Gw juga baca sejumlah buku2 sukses, dan kayaknya kegigihan kerja keras selalu masuk dalam resep keberhasilan orang2 sukses tersebut… Selalu ada kesalahan, kesulitan, pasang surut dan penderitaan saat mereka2 itu sedang menaiki tangga sukses mereka… Hal yang menurut gw sangat menarik untuk dibaca dan diambil hikmahnya..

Gw jadi inget sama materi yang pernah gw sampein ke mahasiswa gw di kelas, kalo IQ itu bukan faktor penentu keberhasilan hidup seseorang.. Di Amerika pernah ada riset 100 faktor yang paling menentukan keberhasilan hidup seseorang… IQ yang tinggi itu ada di urutan 21, masuk sekolah yang top di urutan 23, dan lulus dengan label cumlaude ada di urutan 30..

Nomer satunya itu ternyata adalah bersikap jujur kepada semua orang, dan yang nyambung sama postingan ini ada di urutan ke 4: bekerja lebih keras daripada yang lain…, nomer 2 nya: mempunyai disiplin yang baik…  Jadi bisa ditarik sedikit kesimpulan, kalo mau sukses, renungi saja, sudahkah kita bekerja keras diatas rata2 diiringi dengan disiplin diri yang mumpuni ?? Meskipun ada konsep kerja cerdas, kerja keras tetaplah menjadi dasarnya.. Taroklah orang itu sudah “cerdas”, mereka pun tetep harus bekerja keras di dalam kecerdasannya..

Yes, sukses emang gak turun gitu aja dari langit.. Jadiiii… buat kita2 ini yang emang kepengen jadi orang besar..: sadari dan pahami saja bahwa memang banyak yang harus dilakukan dan dilalui oleh orang2 yang kepengen jadi orang hebat… Masalahnya, terkadang dari kitanya sendiri yang enggan melewati proses “menyakitkan” tersebut… Inilah yang menjadi alasan kenapa jumlah orang sukses lebih sedikit daripada orang biasa…

Kalo di komik, cobalah tengok penderitaan Naruto dalam mencapai impiannya menjadi Hokage.. Apa yang dialami Naruto ternyata sejalan dengan apa yang ditulis oleh Dahlan Iskan dalam bukunya:

“Orang yang hebat tidak dihasilkan melalui kemudahan, kesenangan, dan kenyamanan, mereka dibentuk melalui kesukaran, tantangan dan air mata…”

Euh, kenapa bisa dari Naruto ke Dahlan Iskan ya..?? kayaknya gw menarik benang merah yang terlalu jauh… hehehe…  Ah, tak apalah… gwakakak..

Wassalam… SUKSES SEMUANYA !! Amiin… !!

Advertisements

19 Comments

    • yes.. sangat..!!! salah satu positifnya yg gw rasain, karena selalu menghadapi ketidak pastian… bergantung dan berharap cuma sama Allah-nya jadi lebih berasa…

      Image Hosted by ImageShack.us

      Like

  1. tp proses naruto menjadi hokage itu tdk melalui penderitaan dan air mata, tp melalui penulisnya, masashi kishimoto hihihiii…

    Like

    • Waw… hikmah itu bisa dimana saja loh… termasuk cerita fiksi atau dongeng sekalipun… Kalo dalam kasus ini Masashi-lah yang pintar mengemas hikmah itu dalam kisah naruto… Euh, meski nggak semua orang bisa ngeliatnya sih… hehe..

      Image Hosted by ImageShack.us

      Like

    • yes.. mangkanya kita gak pernah denger cerita nabi dan sahabat2 yang pemalas… selalu pekerja keras… Maka dari itu mereka sukses2 semua… teladan yang sempurna buat kita… Ada ayatnya juga: QS An-Najm 39: “seorang manusia tidak akan memperoleh selain apa2 yang telah diusahakannya..” Jadi kalo usahanya ekstra, hasilnya juga pasti ekstra… IMHO..

      Image Hosted by ImageShack.us

      Like

  2. Setuju banget! Gw pernah baca, kalo dalam dunia kerja Soft Competency itu lebih berbicara dibanding hard competency.
    Well, tfs ya Om Ogie Memang 🙂

    Like

  3. yg nomor 2 apa tuh Gi? blm ditulis hehe….

    yup, kerja keras itu penting mskpn banyak yg bilang skrg saatnya kerja cerdas. Bos pertama Steve Jobs pernah bilang bhw Steve Jobs pernah tidur di bawah meja krn mengerjakan program smp pagi disaat yang lainnya udah pada pulang…

    Like

    • YAAYY… untung lu nanya neh… itu gw kebalik…, ternyata, no. 2 nya justru disiplin yang baik… Nah yang belum gw tulis itu ternyata nomer 3… nomer 3 ituu: pintar bergaul… Hehehe.. ngeblog begini termasuk gaul jugak yah ?? biar pada sukses di bloggger… gwakakak… Thanx yah.. pertanyaan yang sekaligus bikin gw koreksi..

      Bener.. steve jobs emang gokil.. Bill gates, pernah gw baca katanye kuat 3 hari cuman tidur beberapa jam aja cukup ditemanin sama McD dan Coca Cola… Zuckerberg si pendiri facebook pernah 26 jam nonstop ngerjain programing.. Gile yee… Tapi liat hasilnya sekarang… Semua kerja kerasnya terbayar lunas…!!!

      Image Hosted by ImageShack.us

      Like

  4. Kalo omsetnya lagi turun, berarti ada kesempatan buat mas balas dendam, bilang aja kePak Cahirul Tanjung, “Ilmunya dipake dong Pak…!” hehee 🙂
    Kejujuran emang emenjadi landasan, disamping kerja keras. 😎

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s