me|write, my life stories
Comments 57

“mas ogie mau jadi dosen ??”

pertanyaan akhir tahun kemarin yang masih tetep nyangkut di kepala gue sampe saat ini… awalnya seh ada temen kuliah master gue satu angkatan… seorang bapak-bapak yang berprofesi sebagai akademisi.. udah tua sih.. taksiran gue umur deket 50 atau 50an lewat.. kita satu kelas di kwartal pertama.. dan nih bapak selalu jadi yang pertama kali hadir di kelas.. kuliah mulai jam 8, jam stengah 8 dia udah duduk sendirian di kelas.. biasanya yang dateng selanjutnya gue… nah saat berdua nunggu temen yang laen itu deh kita jadi sering banget ngobrol, diskusi tentang apapun… soal mata kuliah, tentang hobby, makin ke sini makin banyak diskusi soal tugas kuliah… kalo ada hal yang gw nggak ngerti tapi dia ngerti, dia njelasin ke gue…. sebaliknya kalo di satu topik dia nggak ngerti gue ngerti, gue njelasin ke dia…

singkat kata makin akrab… sampai suatu saat, gue tanya-tanya tentang profesi beliau sebagai dosen komunikasi visual di universitas paramadina… pengen tau dosen ngapain ajah, terlebih bapak ini juga sekaligus sebagai praktisi… jadi ngobrol dalem deh soal profesi akademisi… tau-tauk yah pertanyaan di judul postingan ini terucap.. “mas ogie mau jadi dosen ??. kayaknya pantes deh..”…. WAK WAWAWAWWWWWWW……

gue ?!? dosen ?!? nggak salah ??…. walau kadang gue setaon sekali ngisi materi pelatihan dasar jurnalistik di almamater…. tapi sebelumnya nggak kepikir seh sama gue sendiri untuk nyebur “byur” langsung ke dalam kolam akademisi… belum kebayang… gue jadi dosen… mengingat fisik gue kayak kurang umur… kemana-mana selalu dipanggil mas atau dek.. kontras sama temen2 seangkatan yang selalu dipanggil bapak… muke gue kayak anak kemaren sore… begimana gue bisa mantengin mahasiswa di kelas ??…

pasti beda dengan pak dosen bertabur fans si bapak ranger dengan fisik dosen sejati dan tatapan mata elang yang tajam menembus kacamatanya… gue yakin… dengan sedikit kerlingan matanya saja, satu kelas akan diam tanpa kata dan terpukau wau wau…dengan bahasa tubuh yang berwibawa, mahasiswa pasti terbawa… dengan cara mengajar yang unik, mahasiswi pasti melirik…khuhuhuhu…. mana bisa diriku seperti itu… mana bisaaaaa ??!?!

meski pertanyaan itu diajukan akhir tahun lalu di kuliah kwartal pertama, sejak saat itu, terus terang, gw jadi mulai membayangkan dan memikirkan… asyik gak ya jadi dosen ?? waktu ditanya itu seh, gw cuman menjawab.. “eehhh… ntar dulu pak yah… belum pernah kepikiran soalnya… terus lagian, dengan S1 saya yang akunting… nggak nyambung kalee ngajar DKV…”….

Kwartal kedua beda kelas.. tapi pagi hari sebelum mulai kelas atau jam istirahat masi sering ketemu… bahkan gue berhasil ngeracunin dia untuk baca komik manga… gyahahahaaa…. saat ini komik “Planet Nanthes” dan “Death Note” gue sedang berlibur dari rak kamar gue dipinjem beliau… dan terakhir dia tanya lagih..”ayo mas ngajar… cepetan… jangan kelamaan atuh… kita lagi kekurangan banget dosen DKV neh…”…. gue yah cuma jawab sambil ketawa… “iya neh pak… ini juga lagi berusaha cepet lulus eneh..”…

sejujurnya… gw seh sekarang sampai pada kesimpulan… bukan ide buruk kali yee gue jadi dosen… secara, gue seneng kalo punya banyak temen, terus, yaahh… seneng juga bagi-bagi isi kepala… terlepas dari isi kepala gue bener apa kagak… wakakakak… gue seneng cari ilmu baru… terlebih yang emang gue suka… dan ada yang bilang salah satu cara dapet ilmu baru itu, tularkan ilmu yang ada sama kita sekarang ke orang laen…

tapii… masalah gue pantes atau kagak jadi dosen gue kagak tau dah… secara gue ancur dan suka konyol begeneh… yang jelas, diatas kertas Insya Allah kalo semua berjalan lancar-lancar aja, kuliah master gue bakal kelar september 2010… dan saat itu, gue juga nggak tau apakah tawaran ini masih berlaku atau nggak… well.. kita liat aja nanti… hidup udah ada sutradaranya toh..??

Advertisements
This entry was posted in: me|write, my life stories
Tagged with:

by

"Tuhan.. tolong berikan rejeki berlimpah pada semua orang yang udah mampir ke blog ini.. Amiiinn.." ......(^_^!)

57 Comments

  1. dayorules said: maksudnya, “kagak salah neeh, dapat dosen MEMANG SUMEMANG kaya gini?” gyahahaha….

    PERGI KE BULAN !!!!

    Like

  2. si dagrong di belakang SEnya masih ada lageh… nymabung banget sama yang diajar… berarti di S2 dunk yah… kan S nya ada dua…

    Like

  3. Pingback: praktisi akademisi.. « Lagi Lagi Halaman Guna Guna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s