me|write, spiritual, think sotoy
Comments 33

mending mantan maling daripada mantan kyai

Gue punya beberapa temen yang gue pikir, nih orang-orang dapet hidayah dari Allah.. Mungkin Allah ngasi tuh hidayah lewat teguran kejadian atau lewat kata-kata seseorang atau apa gw gak tau.. Gak penting sih untuk tau dapetnya lewat apa, yang penting beberapa temen gue itu berubah !!…. Henshin go go baby !!.. hehe… Mereka yang dulunya begajul bandel gak karuan, sekarang lurus lempeng kayak jalan tol…

Ada tiga orang temen gue seh yang gue anggap sekarang berubah jadi kamen rider.. LOH ?!?

Pertama, seorang anak band… aliran rock nyerempet metal !! dia pegang bass.. Musiknya gue denger cukup naekin adrenalin dan oke.. gak salah dulu kalo lagunya sempet masuk ke dalam top ten sebuah radio lokal.. “kalo bawain lagu gene enaknya sambil tenggeng… mabok dong cooyy.. mabookk.. baru tuh asyiikk”.. Gitu dia bilang.. Urusan sholatnya gue gak tau deh… mungkin ancur jugak… Tapi gak tau kapan terjadi setelah HENSHIN !! Sholat gak pernah tinggal, pegang alat musik nggak lagi, apalagi manggung… total dia tinggalin tuh rimba kelam permusikan… ringtonenya jadi lagu nasyid atau ayat suci… rutin ikut pengajian yang skala besar seminggu sekali… kejujuran dia junjung tinggi.. Beda banget deh pokoknye… terakhir tau kabarnya… udah kerja secara halal di sebuah perusahaan…

Kedua, seorang preman.. ngeliat garis muke dan tampilan sekilas, orang bisa salah persepsi ngira nih orang rampok atau preman… Memang bener seh, dulunya nih orang emang preman… pas SMA saking giatnya ikut ekskul preman, sampe sempet nggak naek kelas… mabok dan judi udah jadi temen baek, akrab banget dah.. Sekarang semuanya dia tinggalin.. buku-buku religius mulai banyak dia baca meskipun minjem atau baca di rumah teman… ya salah satu temannya yah gue.. hehehe.. walaupun dia belom sholat poll.. nih orang lagi gue ojog-ojogin biar sholat lima waktu… sayang gue pikir… cuman memang nalar nih anak bagus.. jadi agak repot buat gue mesti “menghajar” dia lewat argumen apa lagi supaya dia bisa sholat poll… terakhir ngobrol dan adu argumen dah mulei masuk seh… hehehe… do’akan saja…

Ketiga, gue kenal udah lama, tapi nggak akrab, cuman tau nama, kejadiannya juga udah lama.. cuman denger dulu pas baru kenal gosipnya nih anak jago ngaji, tapi maen permpuan jugak hanyok… gue denger sendiri pas lagi ngumpul bertiga dulu saat dia ngomong “lagi nggak ada duit neh gue, kalo ada mah gua udah cari cewek..” Terus kemudian dilanjutkan dengan cerita seronok pengalaman pribadi dia yang nggak layak buat gw tulis disini.. Nggak tau setelah beberapa tahun kemudian, gue sering liat nih orang sering nongol di masjid pas sholat Isya… Lama sering liat di masjid, akhirnya gw dan temen gue jadi ajak dia ngobrol jugak.. Gw gak tau kenapa dia bisa berubah, yang jelas dia bilang saat itu dia nyesel atas apa yang dia perbuat.. yang gue inget sampe sekarang, dia pernah ngomong “haduuhh.. dulu kacau dah, saya sholat dalam setahun itu bisa dihitung pake jari..” Terakhir tau kabar dia buka lapak nomaden berjualan pakaian, dan sampe sekarang gue gak tau lagi kabarnya…

Walaupun memang masih perlu konsistensi bagi mereka untuk menjalankan itu semua, tetep merupakan sebuah anugrah lah bisa berubah kayak gitu… istiqomah memang masi perlu dilakonin dan perjalanan masih panjang… liat artis-artis yang buka jilbab ?? itu contoh dari ketidak istiqamahan… Semoga Allah melimpahkan kepada kita kekonsistenan dalam keimanan… amiinn… Mungkin judul blog guwe ini berlebihan.. mantan maling memang banyak, tapi mantan kyai gue jarang denger… yang jelas kalo udah dikasi nikmat iman mbok ya minimal dipertahankan, lebih baiknya yah ditingkatkan… jangan malah kendor dan turun ke kondisi yang lebih jelek… Memang Allah menciptakan manusia dalam keadaan labil, iman kondisinya naik turun.. tapi semestinya kalo kita zoom out tuh grafik keimanan, naik turunnya itu membentuk grafik kenaikan…

Meski ke depannya gue gak tau nih tiga orang temen gue bakal gimana, tapi saat ini mereka sudah menjalankan sebuah pesan Rasulullah “Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin..”

Advertisements

33 Comments

  1. hiks…sayangnya aku pernah dengar sendiri yang versi “mantan kyai”… sedih, karena dulu dia yang sering negur dan ngingetin ini itu, sekarang… ah sudahlah, bikin sedih. paling nggak tau cara ngadepin yang begni.

    Like

  2. trasyid said: betull.. betull.. bang.. hehe

    hehe.. tapi jadi takut sendiri neh.. cuman bisa ngemeng doang.. gwnya sendiri ntar gak konsisten… hhhiiiii……

    Like

  3. mrnoxious said: Tulisannya keren bro….mantab lah buat memotivasi orang2 kaya gw huhuhu

    biasa aja mas.. itu kan kejadian sehari-hari dalam pertemanan.. kekeke..WAKS ?? punya pengalaman dunia kelam jugak ya mas ?? hehehe..

    Like

  4. bapakranger said: Ogie: Hari ini harus lebih MEMANG dari hari kemarin…Ck ck ck… makin ‘dalem’ aja lu, bro… gak percuma kuliah S2

    TIDAAAAAKKKKK… !!!

    Like

  5. bulatpenuh said: sedih, karena dulu dia yang sering negur dan ngingetin ini itu, sekarang… ah sudahlah, bikin sedih. paling nggak tau cara ngadepin yang begni.

    yang begini nih yang serem… jangan sampe deh kite semuee…

    Like

  6. Hai Bapak Ogie yang gaul dan MEMANG… Kapan mau ketemu “sandra dewi”? ;pBtw, alhamdulillaah kan Gie, kalo bisa jadi inspirasi utk teman2…Untuk kembali ke jalan yang benar pula!! Susah itu…Jadi bersyukur lah;)

    Like

  7. pemikirulung said: mas ogie…doanya masih sama nih…semoga tetep soleh n___n

    soleh jugak belom, ditambain tetep.. masi ancur neh… hehehe…amiiinn… thanx anyway..

    Like

  8. GYAHAHAHAHAAA…. stress ngerjain tugas lagi yah bapak dosen.. ??gua jugak neh… deadline besooookkk… gyahahaha…(menghibur diri dengan ketawa garing..)

    Like

  9. ogieurvil said: ADA CHANNEL KAAAHH ?!?

    Ada Gie, di TV gw, channel 5, SCTV, katanya bentar lagi mo ada Sandra Dewi ntuh…hehe…ketemu sandra dewi yang lain dulu ajah ya;pBtw, bukannya udah punya sandra dewi gie? kok nyari lagi? wekekekekkkk…Maap yah, yg lagi stress malah digangguin…Hayo ngjain tugas dulu!!Selamat berjuang yah utk Bpk Ustad Ogie dan Bpk Dosen Immy..Semangat trus…Pantang mundur.. Cheers (^_^)

    Like

  10. dayorules said: eits… gak boleh sama sandra dewi dong… astaghfirullah, Syekh Ogie….

    hayo Dar.. calon mantu loe tuh nglirik2 yang laen..hajar!! hajar!!:D

    Like

  11. ekaputrabagia said: Mantap ceritanya euy.. Ogi trims udah bantu trik photoshopnya..Untung ada dirimu Gi… 🙂

    sama-sama mas eka… senang bisa membantu… hehe..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s