read|me
Comments 21

Play Station Hambat Kepikunan!

Description:
about playstation

Ingredients:
PS laah..

Directions:
Play Station Hambat Kepikunan!

Play Station (PS), mesin permainan elektronik buatan Jepang, telanjur menjadi monopoli anak-anak dan kaum remaja.
Kecanggihan teknologi permainan ini memang bisa membuat siapa pun betah berjam-jam menikmatinya. Namun, tahukah Anda jika PS ternyata juga bermanfaat untuk melatih kebugaran otak para lanjut usia?

Menurut Dr. Adre Mayza, Sp.S(K), dari bagian Neurologi FKUI RSCM, jenis permainan tertentu dalam PS, seperti strategi maupun permainan sederhana, dapat membantu mempertahankan fungsi otak, refleks, dan kemampuan gerak di usia lanjut. Dikatakan, pemanfaatan PS sebagai media senam otak ini telah diujicobakan di beberapa tempat terapi maupun di puskesmas-puskesmas di Jakarta sebagai bagian usaha untuk mencegah kepikunan.

“Kesalahan pemanfaatan PS yang terjadi selama ini lebih karena waktu dan kepintaran seseorang untuk memanfaatkannya. Alat ini, bagi anak, selain sebagai media rekreasi, juga bermanfaat untuk melatih kreativitas dan ketajaman merespon suatu rangsangan melalui koordinasi gerak dan pikiran. Hal ini juga berlaku bagi lansia. Adanya tuntutan koordinasi gerak tangan dan pikiran ini bagi lansia akan merangsang otak untuk terus bekerja,sehingga kepikunan dapat diperlambat,” paparnya.

Dr. Adre menjelaskan bahwa bertambahnya usia merupakan suatu proses fislologis yang tidak bisa dicegah dengan cara apa pun yang berakibat terhadap seluruh fungsi sel, termasuk fungsi sel otak. Penurunan fungsi otak tentu saja akan mempengaruhi fungsi sosial manusia dan kualitas hidup. Kasus paling menonjol tentu saja pikun-demensia atau keadaan terjadinya penurunan fungsi kognitif (kecerdasan yang diperlukan untuk menjalankan kehidupan sehari-hari dengan normal) secara perlahan atau kronis.

Terdapat dua tipe demensia, yakni alzheimer dan demensia vaskular. Penyakit alzheimer biasanya menyerang mereka yang berusia di atas 65 tahun dan tidak didahului stroke. Sebaliknya, demensia vaskular tidak tergantung usia dan biasanya terjadi tiga bulan setelah serangan stroke pada daerah otak tertentu yang tidak cepat atau segera diatasi pada saat akut.

Gejala yang mudah diketahui di antaranya gangguan memori, kesukaran menghitung uang kembalian, kesulitan melakukan rutinitas sehari-hari (mandi, berpakaian, menelepon, dan mengancingkan baju), tidak dapat menemukan jalan pulang ke rumah saat berpergian, sulit berkonsentrasi, serta lebih banyak menyendiri.

Jika kondisi ini terus berlanjut tentu akan menjadi beban bagi para lansia dan keluarga maupun lingkungannya. Selain memanfaatkan PS, usaha yang mudah dilakukan untuk menghambat kepikunan di antaranya adalah mengembangkan hobi (musik, memancing, atau berkebun), berdiskusi, dan bersosialisasi.

Usaha intensif untuk menjaga kebugaran otak dan tubuh dilakukan dengan olahraga dan latihan vitalisasi otak melalui koordinasi gerak dan pernapasan.

Advertisements
This entry was posted in: read|me
Tagged with: ,

by

"Tuhan.. tolong berikan rejeki berlimpah pada semua orang yang udah mampir ke blog ini.. Amiiinn.." ......(^_^!)

21 Comments

  1. instantmirage said: hehehehe… main gameboy aja kalah terus gitu…

    hwa ?? kakek lu maen gameboy ?? masih bisa ngeliat apa monitor sekecil itu ?? terang aja kalah mulu.. lu ngasi maennya yang genre fighting mulu seh.. hihi..

    Like

  2. sikathabis said: enak emang maen PS, apalagi WE…. yuk gi, kita maen bola lagi

    epilepsi bukan penyakit menular !! (iklan jadul abis).. huehe.. WE emang paling TOB BGT.. rekor gw maen sama kru & klien gw dari jam 1 siang sampe jam 1 malem.. Kalo klien nantangin datengnya malem jam 9nan gitu, maennya bisa sampe subuh !! Gokil.. candu dunia dah tuh..

    Like

  3. sikathabis said: ayukkk maen gi… kapan n dimana yaw? tapi ogut masih ps one, hehehhe

    Bwole ayoookk… tapi rumah gw di pinggiran.. pinggir kali pula.. pondok gede tepatnya..

    Like

  4. ogieurvil said: Bwole ayoookk… tapi rumah gw di pinggiran.. pinggir kali pula.. pondok gede tepatnya..

    wah sama atuh pinggiran juga, ciputat tepatnya….

    Like

  5. harlia said: duh… dah lama banget nggak maen… ^^;

    oooo mba harlia itu demennya maen ksatria2 baja hitam yah ? 😀

    Like

  6. maen kamen rider?boro2!!! males…maen puzzle fighter dong! (dan game turunan tetris lainnya)sama bust a groove!!(teringat waktu maen bust a groove di rumah ogie bareng roel & dagrong : “PUNK NOT DEAD BUT DISCO RULEZ!!! ^o^ )

    Like

  7. hidup puzzle fighter !! game disco yang model bust a move udah jarang.. padahal gw demen banget.. sampe soundtracknya gw beli pula..

    Like

  8. sikathabis said: gi, selain rapidshare dan megaupload, untuk sharing file pakai apa yah?

    hwa ?? rapidshare ?? megaupload ??gw malah nggak tau nih gini ginian.. huehe.. jarang suka upload2 seh.. paling di multiply doang.. kalo emang mau tau, coba tanya aja sama si haris alias si anakhalal.. die lebih sering tuh maenin aplot donlot.. lebih berpengalaman..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s