All posts tagged: fisika

DNA kehidupan..

Masih inget tentang Murakami ?? Yang kemaren gw tulis di postingan yang ini nih.. Menurut beliau, tubuh manusia itu disusun dan juga (digerakkan) oleh DNA atau gen.. DNA itu bahasa kimianya, sedangkan gen itu bahasa fungsionalnya..  Terdapat miliaran lebih DNA di tubuh kita yang masing2nya menyimpan jumlah informasi yang banyak banget.. Kalo dibawa ke ranah fisik yang keliatan berupa buku, dalam satu DNA manusia itu, terdapat informasi sebanyak yang bisa dimuat dalam 1.000 buah buku dengan masing2 1.000 halaman..!! Cara kerja dari gen ini yang unik banget.. Padahal gen di kuku dan di usus itu persis sama.. Tapi ia mampu hanya meng”ON” informasi yang sesuai dengan fungsi dimana ia berada.. Jadi gen yang di kuku, informasi yang sesuai dengan fungsi kuku saja yang di “ON” kan, sedangkan informasi yang lain di “OFF” kan.. Di masa depan, dengan beragam penelitian yang dilakukan saat ini, besar kemungkinan rekayasa genetika lebih berhasil untuk dilakukan.. Gen2 tertentu menjadi bisa dinyalakan, atau dipadamkan sesuai dengan kemauan manusia, atau bahkan dikombinasikan dengan gen2 dari luar.. Jadi gen2 positif bisa lebih dinyalakan, …

more creativity please…

Belakangan baca artikel yang bilang kalo pendidikan di sini lebih kepada hafalan rumus2 dan kunci jawaban, tapi malah gak diarahin untuk memahami kapan dan bagaimana cara menggunakan dan “ngutal-ngatik” rumus2 tersebut.. Gw jadi keingetan cerita temen gw yang sempet mewakili Indonesia di olimpiade fisika, terus dia dapet beasiswa S2 fisika di itali kalo gak salah.. Dia pernah cerita begini ke gw pas waktu dia kuliah S2 fisika di sono: “Mas, dulu itu mas, pernah saya ngerjain soal dari si dosen di sana, itu jawaban sayanya 100an halaman semuanya rumus-rumus mas… Hadeeh, pokoknya ngerjainnya sampe begadang2 deh mas…”… gitu dia mulai cerita… Terus dia lanjutin: “Eeehh, tau gak mas.. ada mahasiswa lain yang sekelas sama saya, orang eropa, itu jawabannya tipis banget mas… Paling gak sampe 10 halaman… Dan jawabannya bener..!!”… “Emang sih, jawaban saya dan dia sama2 bener… Tapi ya gila aja.. saya setengah mati nyari solusinya, eh dia bisa pake cara yang lebih cepet gitu..” gitu dia bilang… Sang dosen kemudian mengkomentari jawaban rumus yang tebel setengah mati yang dia buat itu.. Katanya kurang …

pengusaha, ketidak pastian, dan fisika kuantum

“Mending yang pasti-pasti aja deeh…”… “Kalo kerja kantoran kan perbulan udah pasti dapet income, jadinya aman…” Pernah atau sering denger pernyataan kayak gitu ?? hehehe… Hidup memang masalah sudut pandang.. Berbeda sudut pandang, buat yang satu bisa jadi masalah, tapi buat yang lain bisa jadi bukan masalah… Mungkin perbedaan sudut pandang ini juga yang bisa bikin seseorang memutuskan untuk jadi seorang karyawan atau pegawai kerja kantoran.. Sebenernya, ketidak pastian tidaklah melulu hal yang menakutkan… Coba bayangin, seandainya: maju ke depan kondisinya tidak pasti, mundur ke belakang kondisinya tidak pasti, geser ke samping juga kondisinya tidak pasti… Gimana hayyoo…?? Dari situasi ini kalo kita mengubah sudut pandang sebetulnya ada sesuatu yang menguntungkan loh… Apa itu ?? Bisa ditarik kesimpulan, kalo semuanya nggak pasti berartiiii SEGALANYA menjadi MUNGKIN… Kalo segalanya jadi mungkin, berarti mungkin besok2 bisa jadi milyader, mungkin besok2 bisa naek mercy, atau besok2 nyemplung ke kolam renang pribadi… wakakak… Dulu pernah gw tulis di sebuah postingan gw: Kalo jadi karyawan itu semuanya jadi hampir pasti… Ibarat kita masuk ke sebuah kota.. Udah tau rute yang …

4 dimensi ?!? yang bwener ?!?

USG 4 dimensi ?!? , teater 4 dimensi ?!? hehehe…. Memang kalo mau laku “jualan” mesti pake istilah yang nggak umum sih yah, biar laris… Sesuai sih sama teori2 marketing… Tapi kalo yang gw ngertiin, secara “default”nya, selama kita masih hidup di dunia kita ini yang berdimensi 3, nggak akan bisa tuh membayangkan dimensi 4 kayak apaan… Pernah denger disebutkan “langit” diciptakan 7 lapis ?? Dari yang gw2 baca sih banyak penafsiran akan hal ini, ada yang menafsirkan langit pertama itu planet2 yang kita kenal, langit kedua itu bintang2, langit ketiga itu bintang2 yang lebih jauh lagi, dan seterusnya.. Ada lagi yang menafsirkan dengan 7 lapisan atmosfir kita yang stratosfer, dan fer-fer lainnya (sumpe gw kagak apal nama dan urutannya..!! hehe…)…. Yaa… Berbeda sudut pandang itu wajar banget… Meski semua cuman asumsi, tapi dari semua konsep “langit” yang pernah gw baca, gw paling sreg sama langit yang dikaitkan dengan konsep dimensi.. Dunia, euh, tepatnya alam semesta tempat kita tinggal ini adalah langit pertama berdimensi 3, langit kedua berdimensi 4, langit ketiga berdimensi 5, dan seterusnya …

Dulu benci, sekarang cinta…

Dulu… pas jaman gw SMP dan SMA, gw sebel banged ama yang namanya pelajaran fisika dan kimia… Nggak tau karena memang otak gw yang pas-pasan, atau karena si guru kurang pandai menjelaskan dan menjadikan tuh dua pelajaran menjadi menarik… yang jelas pas dua mata pelajaran itu ke”mudeng”an gw berada di titik nadir…. Kimia terutama, nilai ulangan gw, Masya Allah… dapet nilai enam udah paling bagus dah… biasanya dapet nilai lima, empat.. dua juga pernah, malah pernah saking parahnya si guru nggak ngasi nilai, tapi cuman ngasi tau jumlah soal yang gw kerjain benernya berapa biji, hihi.. kalo dinilai gw rasa gw dapet satu koma… Fisika mendingan dikit, tapi tetep dulu termasuk list mata pelajaran yang gw benci… Yang gw suka cuman olah raga sama seni rupa… gyahaha… Laen bengkulu, laen semarang, dulu-dulu, sekarang-sekarang… Belakangan sekarang ini gw lagi tergila-gila sama Fisika quantum… Beragam artikel dan video tentang fisika quantum betah gw pantengin… Meski gw nggak nyampe dan nggak akan pernah nyentuh rumus2, tapi secara terapan, fisika quantum buat gw pribadi sangatlah menarik… Kenapa menarik ?? …