me|write, my life stories
Comments 18

more creativity please…

Belakangan baca artikel yang bilang kalo pendidikan di sini lebih kepada hafalan rumus2 dan kunci jawaban, tapi malah gak diarahin untuk memahami kapan dan bagaimana cara menggunakan dan “ngutal-ngatik” rumus2 tersebut.. Gw jadi keingetan cerita temen gw yang sempet mewakili Indonesia di olimpiade fisika, terus dia dapet beasiswa S2 fisika di itali kalo gak salah..

Dia pernah cerita begini ke gw pas waktu dia kuliah S2 fisika di sono: “Mas, dulu itu mas, pernah saya ngerjain soal dari si dosen di sana, itu jawaban sayanya 100an halaman semuanya rumus-rumus mas… Hadeeh, pokoknya ngerjainnya sampe begadang2 deh mas…”… gitu dia mulai cerita… Terus dia lanjutin: “Eeehh, tau gak mas.. ada mahasiswa lain yang sekelas sama saya, orang eropa, itu jawabannya tipis banget mas… Paling gak sampe 10 halaman… Dan jawabannya bener..!!”…

“Emang sih, jawaban saya dan dia sama2 bener… Tapi ya gila aja.. saya setengah mati nyari solusinya, eh dia bisa pake cara yang lebih cepet gitu..” gitu dia bilang… Sang dosen kemudian mengkomentari jawaban rumus yang tebel setengah mati yang dia buat itu.. Katanya kurang lebih kayak gini: “Ya, bisa juga kamu pake cara itu, tapi itu cara kuli..”

Gwwaaaakkk… ya gitu deh… Mungkin karena si mahasiswa eropa itu udah terbiasa berpikir dengan cara yang lebih kreatif atau inovatif dalam penggunaan rumus2, jadinya solusinya bisa lebih efektif dan efisien..

Benarlah kalimat di sebuah artikel yang bilang:
”Karena pendidikan di Indonesia berbasis hafalan, banyak pelajar Indonesia bisa jadi juara dalam Olimpiade Fisika dan Matematika. Tapi hampir tidak pernah ada orang Indonesia yang memenangkan Nobel atau hadiah internasional lainnya yang berbasis inovasi dan kreativitas, kalaupun ada biasanya bukan hasil didikan dari mainstream pendidikan yg formal, melainkan dari lembaga swasta, perseorangan, atau lembaga pendidikan yg banyak mengembangkan minat bakat peserta didiknya, seperti SMK..”

Kreativitas dan inovasi kadang2 caranya memang harus menembus hal2 yang udah baku, mengabaikan hal2 yang sudah dianggap kepastian, bahkan sampe memikirkan hal2 yang belum pernah terpikirkan oleh orang lain… Tapi anehnya, kalo gw perhatiin, orang2 yang ber”karakter” kreatif biasanya bisa ngejalanin itu tetap dengan cara2 yang menyenangkan..

Si mahasiswa eropa yang diceritakan temen gw itu, dia bilang kesehariannya keliatan nyantai banget, terkadang pulang kampus langsung bawa gitar, terus ngeband, kalo nunggu mau masuk ruang ujian bukan buka buku, malah ngobrol2 sama mahasiswi2… Hehehe.. Beda sama temen gw yang lebih sering merasa tertekan dan berkutat sama buku-buku…

Sebagai penutup postingan, berikut sebuah quote dari Mary Lou Cook:
“Creativity is inventing, experimenting, growing, taking risks, breaking rules, making mistakes and having fun..”

So, be creative, have fun dan sukses selaluuuu !!!  Wassalam..

Advertisements

18 Comments

    • Yes.. pernah baca di sebuah buku, yang bagus itu balance antara penggunaan otak kiri dan kanan… Nah cuman masalahnya sistem pendidikan di sini lebih nekanin ke otak kiri… Jadinya ya gitu deh… hehehe…

      Image Hosted by ImageShack.us

      Like

  1. yang membuat aku kadang jengkel sama oran gpemerintah karena kerjaan memang jadi konsultan: kita sudah kasih solusi yg logis, kreatif hehehe dan out of the box. orang pemerintah bilang, berdasarkan UU ini itu, maka tidak bisa. jadi kita tetap pakai cara lama…

    Like

    • Bener… pemerintah disini memang menyebalkan.. hehe.. Same here… Ngasi ide dan masukan bagus2.. tapi jawabannya selalu sama… “ditampung”… (aer ujan kaleeee..) gwakakak… ikhlas aja dah..

      Image Hosted by ImageShack.us

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s