me|write, think sotoy
Leave a Comment

tanya robot ??

Di setiap awal pertemuan ngajar di kelas, gw selalu bikin komitmen bersama dengan mahasiswa.. Diantara poin2 komitmen bersama itu ada satu poin yang isinya: mahasiswa boleh banget “memotong” gw dengan pertanyaan saat gw sedang menjelaskan materi di depan kelas..

Tinggal angkat tangan, dan ngomong: “Tanya dong mas..”.. Maka menjawab pertanyaan jadi prioritas, sebelum penjelasan materi dilanjutkan.. Dengan begitu, sesi tanya jawab selalu tersedia di sepanjang kelas berlangsung.. Dan gw sampaikan juga: “There is no stupid question, jadi boleh bertanya apa saja..”..

Belajar berdasarkan bergejolaknya kepo di dalam diri itu sensasinya bisa berbeda.. Pertanyaan2 yang muncul memang selalu terkait dengan materi yang sedang gw jelaskan.. Tapi ya tau sendiri lah anak2 sini..

Coba inget2 dari kita SMP, SMA, dan kuliah, saat guru atau dosen bertanya di depan kelas: “Ada pertanyaan ??”.. Seringkali kelas menjadi hening, dan suara “krik krik” jangkrik menjadi lebih terdengar.. Gwakakak.. Walhasil, karena saking sedikitnya jumlah pertanyaan selama ini, jadinya ada pertanyaan2 yang masih saja “lengket” di kepala..

Ini salah satu pertanyaan mahasiswa yang masih “lengket” di kepala gw sampe sekarang: “Mas, mungkin nggak sih robot atau android nanti ngalahin manusia ?? Terus nanti mereka malah ngelawan kita2 ini yang manusia ??..”

Ini gw nggak ngada2 loh yaa.. Hehe.. Tapi ini pertanyaan asli dari satu “human” di kelas saat mata kuliah kreativitas berlangsung.. Gwakakak.. Saat itu, materinya lagi bahas kecerdasan manusia..

Gw bukan ahli robot, apalagi ahli Artificial Intelligence.. Jadi ya gw jawab semampu pengetahuan gw aja.. Setau gw sih, robot atau android itu punya AI yang pastinya dibikin atau diprogram oleh manusia.. So, kalo di “dalem situnya” nggak disematkan “task” atau tugas: “Hancurkan manusiaaa !! Gyaahaahahahaa..”.. Gw pikir sih nggak bisa tuh, mereka “ngelawan” kite2..”

Temen2 sekalian, kalo mau liat “gambaran” android di masa depan, terutama yang bukan gamer, coba deh tonton beberapa trailer dari game PS4: “Detroit Become Human” di youtube.. Ini game lama, tapi buat gw, ini salah satu game yang mengangkat tema kemanusiaan (dan “kerobotan” mungkin..) yang tertamat sangat ‘dalem’..

Ceritanya pada saat itu: Android sudah ‘mengisi’ banyak sekali lapangan pekerjaan, mulai dari asisten rumah tangga, petugas sampah, sampe2 agen polisi pun ‘diisi’ android.. Bisa dibayangkan, robot investigasi, dari observasi TKP yang masih ‘hangat’, dengan AI-nya, ia bisa melakukan rekonstruksi kejadian secara langsung saat itu juga..!!

Sejumlah manusia merasa tersaingi, sementara diantara para Android ada yang merasa “benar2 hidup”, dan nggak mau jadi budak manusia..

Kebayang nantinya bisa ada ustad robot dengan AI di kepalanya berisikan seluruh pemikiran dari KH. Ahmad Dahlan sampe Quraish Shihab.. Berguru deh kite.. Hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s