me|write, think sotoy
Leave a Comment

waktu merasa asoy..

Untitled-1Ternyata enak juga puasa “posting”.. Gyahaha.. Liat medsos cuman sekali2 doang.. Tapi pada dasarnya sih, dari dulu gw emang nggak mau terlalu banyak ngabisin waktu bermedsos.. Paling cuman buat posting blog, sama liat2 wall seperlunya aja, scrollnya nggak terlalu “dalam”.. Mungkin kalo dirata2in, dalam sehari, paling gw fesbukan itu kurang dari satu jam..

Selain kena batuk di awal puasa, entah kenapa, mood nulis jadi agak ngedrop.. Mungkin karena rutinitas “normal” berubah saat bulan puasa.. Setiap orang bisa punya waktu masing2 dimana mereka benar2 merasa sedang “ON’.. Dalam artian mood bagus, dan otak pun berasa oke..

Kauffman & Gregoire (2015) dalam “Wired to Create: Unravelling the Mysteries of the Creative Mind”, menyebutkan: kalo mau jadi orang dengan kreativitas tinggi, dianjurkan untuk memiliki waktu kerja yang sesuai diri.. Ia menjelaskan, banyak orang kreatif merasa “ON” pada jam2 tertentu.. Ada yang pagi hari, sore hari, malam, atau bahkan dini hari..

Menurut studi mereka, orang2 kreatif tahu jam2 dimana pikiran mereka lagi bagus2nya, dan kemudian mampu mengatur kesehariannya dengan itu, lantas menjadi kebiasaan..

Mungkin ini bisa jadi jawaban kenapa rasa2nya kok pas bulan puasa, gw ngerasa males nulis.. Dalam kondisi “normal”, biasanya gw berasa enak banget nulis di sore hari, sekitar jam 5 gitu, sampe malem sekitar jam 8 malem.. Kalo gw inget2 lagi, emang jarang banget tulisan di blog ini yang “tercipta” di pagi hari.. Kalo waktu posting mah bisa kapan aja, karena tinggal “publish”..

Sore hari, nulis sambil ngopi itu rasanya gimanee gitu.. hehe.. Otak berasa lancar.. Tapi di bulan puasa gini, kebiasaan itu jadi “terganggu”.. Mosok mau maksain ngopi sore2..??.. Bisa sih dapet tulisan, tapi murka Alloh juga dapet.. Gyahaha.. Udah gitu abis buka, lanjut taraweh sampe kurang lebih jam setengah 9.. Ya habis sudah saat2 “ON” gw.. Hahaa..

Yah tak apalah.. Toh hanya sebulan, dan sebulan yang sangat istimewa diantara bulan2 lainnya..

Paling nggak, gw jadi lebih menyadari, kapan itu saat2 yang paling enak buat nulis.. Dan sepertinya itu udah jadi kebiasaan, terbukti saat “rutinitas” itu agak terganggu, rasanya jadi beda.. So, apa yang ditulis Kauffman & Gregoire (2015) itu sepertinya ada benarnya..

Oh ya, mau tau kebiasan2 apalagi yang dimiliki oleh orang2 dengan kreativitas tinggi menurut riset mereka ??

Ini gw share kebiasaan lainnya: Suka ngelamun / daydreaming (terbukti secara sains loh, bisa digoogling sendiri), Observe everything, Mampu gagal & bangkit kembali, Always asking “Why” and “How”, dan Melihat hidup sebagai peluang meng-ekspresikan diri..

So, di medsos, ekpresikan diri dengan menyebarkan “VITAMIN”, bukan “MICIN”…. (^0^)/..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s