me|write, think sotoy
Comments 27

pelabelan negatif…

ada sebagian orang yang menganggap kalo seseorang pernah berbuat beberapa kesalahan, maka dia bakalan terus membawa kesalahan tersebut dan bakal ngulangin kesalahan itu lagi di masa depan… seakan-akan kesalahan yang beberapa kali dilakukannya itu udah “lengket” dan terpatri di dalam dirinya…
orang model gini rasanya udah memasang mind set negatif di dalam pikirannya terhadap orang yang berbuat kesalahan tersebut… jadi terkadang penilaiannya terhadap watak dan buah pikir dari orang yang pernah berbuat salah turut dipengaruhi oleh kesalahan-kesalahan orang itu yang sudah lalu….
sebagian lagi beranggapan segala sesuatu bisa berubah… termasuk manusia…. setiap orang pasti ada saatnya dia benar, gak mungkin ada orang yang salah terus menerus, atau orang yang benar terus menerus… Maling pun ada saatnya dia benar, misalnya saat membagi hasil curian secara adil ke konco-konconya… hehehe…. maling pun bisa tobat, orang terpandang bisa runtuh…. pada zaman Rasulullah pun ada pencuri yang ngasi tau ke Ali bin Abi Thalib, kalo barang kita gak mau dicuri, bacakan ayat kursi, dan Rasulullah membenarkan….
pelabelan negatif pada seseorang pun tidak seharusnya dipatok harga mati… orang malas bisa jadi rajin, pembohong bisa jadi jujur setengah mati, orang bodoh bisa jadi bijak, pedagang asongan bisa jadi pengusaha sukses dan lain sebagainya…. Isi hati manusia hanya Allah yang tahu, dan Allah juga yang mampu membolak-balikkan hati seseorang…. Tidak seharusnya kita mematok kesalahan masa lalu seseorang untuk menilai dirinya yang sekarang…
Gue pun sadar pasti masih banyak kekurangan ataupun kesalahan dari diri gue yang mungkin secara sengaja atau tidak sengaja tercermin dalam tulisan2 dan komen2 di blog gw ini… untuk itu, dari lubuk hati yang terdalam, gw mohom maaf lahir dan batin… Dan semoga dalam setiap melewati Ramadhan, kita mampu berubah menjadi pribadi yang lebih baik dan mulia dalam pandangan Allah SWT… Berubah, berjalan, mengalir terarah… air mengalir biasanya lebih jernih daripada yang tergenang…
di sebuah buku Hamka gue pernah membaca, beliau menuliskan begini “di dunia ini nggak ada yang tidak berubah, semuanya berubah, yang tetap dan tidak berubah justru perubahan itu sendiri..”
Advertisements

27 Comments

  1. hayukkkk selalu berpikiran positif :-)yahhh namanya manusia Mas Ogie….pasti selalu berubah :-)kata orang jepun….”KAIZEN” :-ptapi berubah menjadi lebih baikkk yeee Bang Haji….:-p

    Like

  2. aishachan said: Iya..jangan sampai malah dikucilkan bukannya diajak buat berubah

    waaaw… tapat sekaleee… kadang malah makin disalahkan… parah dah… hehehe…

    Like

  3. chuin5 said: Sip, emang terkadang sekali seseorang berbuat negatif maka pencitraan itu bisa terus melekat di dirinya

    memang… menyangkut personal brand soalnya… hehe…

    Like

  4. orinkeren said: dibacanya “anissa” apa “Anikka” ??

    hweleh… ini gw sendiri gak tau… kekeke… mungkin bisa tanya mas ben…

    Like

  5. chandellier said: Ogie, you were on TV last saturday 😀

    hehehe… iya… malu sendiri nontonnya… mana pas arisan keluarga lageh…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s