me|write, think sotoy
Comments 3

musik fokus..

Untitled-1Nggak tau kenapa, kalo kerja sambil denger musik itu rasanya gw bisa lebih semangat, dan lebih bisa fokus.. Haa ??.. Fokus ??.. Nggak salah tuh ??.. Bukannya ngerjain sesuatu sambil melakukan yang lain itu malah jadi mengganggu ??.. Akhirnya gw pun penasaran dan cari2 rujukan, emang bener ya kerja sambil denger musik itu bisa bikin begitu ??

Dr. Lesiuk (2005) pernah meriset bagaimana musik bisa berdampak pada performa tempat kerja.. Dia menemukan mereka yang bekerja sambil dengerin musik ternyata tugas2nya lebih cepat selesai ketimbang yang nggak.. Kenapa bisa begitu ??..

Karena ternyata musik memang bisa meningkatkan mood seseorang.. Suara2 berirama atau enak (menurut kita) bisa memicu pengeluaran dopamin dari otak.. Dopamin ini bertanggung jawab pada perasaan “pleasure” / kesenangan.. Karenanya, maka mood pun bisa jadi bagus, lantas kerjaan akan lebih nyaman dilakukan, dan akhirnya menjadi lebih cepat selesai..

Menurut Dr. Leisuk juga, pada dasarnya, saat bekerja, otak kita bisa “tercampur” dengan alam bawah sadar yang mewujud dalam emosi2 kita sendiri.. Dan ini jugalah yang bisa menyebabkan “distraksi” dari dalam..

Contoh, kalo lagi kesel sama kejadian atau seseorang, emosi tersebut bisa kebawa ke otak, terus kita mikirin kejadian itu lagi deh, bahkan bisa menerawang ke arah2 yang nggak perlu.. Dan akhirnya otak dan emosi menarik kesimpulan seenaknya: “Akh, hidup begini banget sih..”.. Terus ngayal nggak jelas deh kemana2, dan waktupun jadi hilang..

Hal “sejurus” juga dibahas dalam studinya Maria Witek dkk.. Menurutnya, musik juga bikin alam bawah sadar kita jadi lebih “jinak”, dan menetralisirnya supaya kita nggak keganggu.. Ibarat ngasi anak kecil maenan baru, supaya nggak gangguin kita kerja..

Eksperimen dari Maria Witek menggali lebih jauh, sampai mencoba menjawab pertanyaan: musik jenis apa yang bagus didengarkan saat ingin lebih fokus ??… Dalam makalahnya: Syncopation, Body-Movement and Pleasure in Groove Music (2014), ia mengemukakan bahwa yang bagus itu musik yang mengandung sinkopasi..

Sinkopasi merupakan suatu teknik permainan yang menunda jatuhnya ketukan nada dari suatu melodi.. Seringkali disebut ciri utama dari musik jazz yang jatohnya nada nggak pas sama ketukan.. Pantesan kalo denger musik jazz itu jatohnya nada berasa “aneh”, nadanya nggak ketebak, tapi tetep enak didenger..

Maria menyarankan untuk meningkatkan konsentrasi, dengarkanlah musik yang funky, tapi nggak terlalu funky sampe bikin kita joget2.. Jenis musik yang bikin kita jadi lebih mood ternyata memang berbeda2 untuk masing2 orang, variasinya sangat ekstrim.. Tapi ada kecenderungan kuat, musik yang kita sukai jelas bisa meningkatkan fokus, dan sebaliknya nggak..

Dan untuk yang menganggap musik itu haram, yaah, baca postingan ini bisa jadi hanya buang2 waktu.. Gyehehe..

Advertisements

3 Comments

  1. wah saya sih engga banget kerja sambil denger musik-.- malah ga bs konsen, dulu ruangan selalu senyap..ampe bos ngira ga ada orang wkwk, denger musiknya pas semua kerjaan kelar buat redain ketegangan dikejar deadline..jd ga cocok dong ama teorinya:D

    Like

    • Bukan nggak cocok.. Memang di risetnya dibilang “untuk sebagian orang”.. Hehe.. Memang ada juga kok yang juga suka hening, banyak juga malah.. Jadi si periset justru mempertanyakan, kok bisa ya sebagian bisa sambil dengerin musik ??.. Nah postingan ini sebagian dari jawabannya..

      Like

  2. Pingback: Tips agar semangat menulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s