entrepreneurship, me|write, think sotoy
Comments 2

tunda menunda..

0033Dari pengalaman ngajar gw sejauh ini, memang nggak sedikit mahasiswa yang sering nunda2 ngerjain tugas.. Terus menunda sampai saat2 terakhir, dan jelas aja hasilnya pasti nggak maksimal atau malah lewat dari deadline.. Kalo dalam istilah ilmu psikologi, pola kerja menunda seperti ini disebut procrastination.. Dan para pelakunya bisa disebut dengan procrastinator..

Ada yang bilang kalo procrastinator ini adalah mereka yang lemah dalam pengelolaan waktu, atau ada juga yang menganggap mereka itu pemalas.. Namun profesor psikologi Joseph Ferrari, Ph.D dari DePaul University – Chicago, yang melakukan penelitian2 terhadap hal ini di abad 20 menyimpulkan hal lain.. Ia menyatakan bahwa procrastination ini disebabkan oleh gangguan kejiwaan dan kepribadian.. Prof. Ferrari menyimpulkan, kalo penunda kronis biasanya meragukan kemampuan dirinya sendiri dan sangat khawatir akan penilaian orang lain.. Jadi mereka mikirnya: “kalo gw nggak nyelesain kerjaan gw, orang nggak mungkin bisa nilai kemampuan gw..”..

Dan menunda kerjaan itu membuat mereka gampang menemukan dalih atau alasan, kalo hasil kerja mereka nggak optimal.. Jadi misalnya gw komentarin tugas mahasiswa penunda: “Nggak banget nih desainnya..”.. Mereka bakal gampang berdalih: “Iya nih mas, abis buru2 sih ngerjainnya..” Secara nggak sadar, para penunda telah menciptakan sendiri situasi yang akan bisa dia salahkan kalo hasil kerjanya nggak maksimal.. Dengan begitu, kalo ada sesuatu yang salah, mereka berharap orang lain akan menyalahkan situasinya, bukan kemampuan mereka.. Ada penelitian juga yang membuktikan, mahasiswa yang biasa menunda tugasnya, biasanya mendapatkan peringkat yang paling rendah di kelasnya..

Sekali2 nunda2 kerjaan sih wajar2 aja dah.. Tapi kalo udah jadi kebiasaan dan kebangetan, urusannya malah jadi panjang.. Panjang dan “meluas” malah.. Karena ada penelitian juga yang menemukan bahwa sebagian besar para procrastinator merasa hidupnya tidak bahagia.. Penyebab utamanya, karena mereka seringkali mengalami kegagalan dalam banyak hal yang mereka kerjakan.. Dan mereka justru merasa nggak punya banyak waktu untuk ngelakuin hal lain selain pekerjaannya.. Plus, mereka juga sering merasa selalu dikejar2 dan dihantui oleh pekerjaan yang belum terselesaikan..

Kalo gw pikir, nggak sedikit orang yang menganggap dirinya bukan penunda, dan menilai diri sebagai orang yang produktif.. Ternyata eh ternyata.. produktif sih emang, namun untuk hal2 yang nggak penting.. (^_^!)..

Advertisements

2 Comments

  1. …saya seorang procrastinator. Beberapa minggu terakhir ini kebiasaan ini ngeganggu banget, karena kerjaan lebih banyak, sehingga pas mau deadline, ada lusinan kerjaan yang harus selesai dalam satu waktu. Saya sendiri masih cari cara buat tobat… soalnya yang saya sayangkan, hasil kerjaan ketika mepet deadline itu nggak sempet direvisi :”
    *curhat

    Liked by 1 person

  2. Wah.. parah juga yaa.. Berasa tuh, pasti jadi sibuk yang “nggak normal”… Hehe.. Plus satu lagi, inget aja.. Nggak mungkin ada hasil terbaik dari pekerjaan yang terburu2..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s