me|write, think sotoy
Comments 2

gampang – stagnan, susah – tumbuh..

022

Belakangan ini di kampus tempat gw ngajar, lagi banyak mahasiswa semester akhir yang pusing soal Tugas Akhir.. Bagi mereka, bisa jadi ini hal baru yang mereka lakukan.. Sebelum2nya, bikin karya ya bikin2 aja.. Nggak perlu pake tulisan pengantar karya, dan kliennya pun seringan fiktif, alias si dosen sendiri yang berlagak jadi klien.. (^_^!)..

Bisa ditebak, melakukan hal yang berbeda, dan bisa jadi ditambah tingkat kesulitan yang sedikit “naik” (seperti kliennya mesti beneran), jelas membuat mereka perlu berfikir ekstra.. Karena kita manusia biasa, sedikit2 keluhan pun mulai keluar menanggapi kenyataan di lapangan.. Karena terkadang, eh bahkan mungkin seringkali, kenyataan yang kita harapkan tidak sesuai dengan kenyataan yang benar2 terjadi di depan kita..

Yah, paling nggak para mahasiswa itu dapet dua hal: pertama, hal yang baru, kedua, hal yang lebih sulit.. Dan mungkin saja mereka belum memahami kalo kedua hal tersebut lah yang bisa membuat mereka “tumbuh”.. Melakukan hal yang sama terus menerus, apalagi hal yang gampang2, justru akan membuat kita terjebak dalam kebosanan & kondisi stagnan.. Melakukan hal2 yang baru tapi gampang, memang nggak membosankan sih, tapi ya cuman dapet seneng doang, tapi diri ini jadi nggak berkembang..

Yang menjadikan diri ini bisa terus tumbuh berkembang salah satu caranya adalah dengan melakukan hal2 yang baru dengan tingkat kesusahan yang lebih tinggi.. Yah kayak kasus mahasiswa gw yang sekarang lagi bikin tugas akhir gitu deh.. Jadi, ada baiknya jangan selalu menginginkan hal yang mudah.. Yang mudah biasanya siapapun bisa melakukannya, atau bisa dibilang jadi hal yang biasa atau rata2.. Padahal yang membuat diri ini bisa menjadi lebih menarik, adalah kalau kita bisa jadi berbeda atau diatas rata2..

Kalo kata William F. Halsey: “Pada hakikatnya tidak ada orang besar, kecuali orang yang mampu mengatasi tantangan besar, yang membuatnya berbeda dengan orang lain yang biasa-biasa saja..”

Advertisements

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s