me|write, think sotoy
Comments 2

masa muda..

Untitled-2Satu paragraf dalam sebuah buku Buya Hamka tertulis begini: “Saat muda adalah saat perjuangan yang maha hebat.. Alangkah beruntungnya kalau saat perjuangan itu bisa ditempuh dengan selamat, dan setelah dia menjadi orang dewasa, dia berasa bangga dengan kemenangan itu..”

Bener lah itu.. Masa muda memang masa yang sulit.. Masa2 dimana seseorang dituntut untuk bisa membangun kebiasaan2 yang baik.. Masa2 dimana akal belum “matang”, perasaan labil nggak terkendali, serta emosi mudah bergejolak… Belum lagi pengaruh2 dari luar kayak temen2 & media yang sekarang ini malah lebih gampang “dateng”nya.. Semua itu bikin pemuda jadi banyak salah dalam mengambil keputusan2 di hadapannya..

Kalo di barat sono ada istilah growing pains.. Ada yang memaknakan isitilah ini nggak secara fisik, tapi secara mental / perasaan.. Pemuda pada umumnya tumbuh dengan beragam rasa sakit di hatinya akibat keputusan2 salah yang pernah diambilnya.. Kata tumbuh itu bisa diartikan membesar / berkembang.. Kalo ditarik lebih jauh bisa terasosiasikan dengan menguat.. Perhatikan saja, pemuda yang banyak masalah, menderita, kemudian mampu menghadapi itu semua dengan ketabahan hati yang besar, serta kemauan belajar yang keras, seringkali menjadi orang dewasa yang lebih kuat.. Jadi segera bertindak ambil keputusan, jangan takut salah.. Salah itu nggak papa, yang nggak boleh itu dosa..

Banyak anak muda yang lupa, bahwa suatu saat mereka harus tampil istimewa sebagai teladan di hadapan anak2nya.. Ada juga pemuda yang bahkan sengaja memilih untuk tidak mau dewasa, atau menunda kedewasaan mereka.. Dengan menunda tanggung jawab / pekerjaan2 mereka, tanpa tau alasannya kenapa tanggung jawab itu diberikan kepada mereka.. Dengan tidak mendisiplinkan diri, tanpa tahu bahwa itu ciri tingginya kualitas diri.. Dengan bekerja asal2an, tanpa tahu bahwa hasilnya pasti abal-abal.. Dengan dalih “ini hidup guwa !!”, tapi nggak tau hidup yang sebenarnya itu seperti apa.. Selalu memilih jalan yang mudah, tanpa tau bahwa yang signifikan menumbuhkan diri itu justru jalan yang susah..

Masa muda, tidak hanya masa penuh tenaga dan kesenangan remaja, namun masa penentu masa tua.. Masa galau, yang salah2 bisa bikin hidup tambah kacau.. Masa dimana terkadang kita boleh kurang ajar, padahal emang bener kita tuh masih bodoh dan masih perlu belajar.. Saran dari Buya Hamka: pemuda haruslah punya cita-cita.. Cita2 berbeda dengan angan2 belaka… Cita2 membawa kebesaran dan kemuliaan, angan2 merusak dan membawa ke jurang kehinaan.. Cita-citalah yang menghilangkan rasa sakit, melupakan kepedihan dan kesulitan..

Advertisements

2 Comments

    • hehe.. saya memang ngambil rumusnya raditya dika.. untuk blog casual, nggak perlu pake EYD.. terbukti mahasiswa sy di fesbuk pada suka.. Jadi ke depannya akan tetap seperti itu.. Kalo blog saya yg di kompasiana sudah beneran pake EYD.. Thanx sudah mengingatkan..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s