me|write, my life stories, think sotoy
Comment 1

gogo inkking..

Untitled-1Waaww.. Nggak nyangka ya, semangat kokabi dulu bisa tertularkan ke mahasiswa2 guwa.. Gw inget banget waktu itu di semester 2 (sekarang mereka semester 5), di akhir sesi perkuliahan, ada beberapa mahasiswa yang menghampiri gw, dan nanya ke gw “bapak suka komik ya pak ?..”.. Dan ujung2nya, mereka kepingin nampung mahasiswa2 yang sama2 doyan komik mengomik dalam suatu “wadah”..

Di angkatan2 sebelumnya sih gw liat emang udah ada semacam komunitas yang doyan komik di itu kampus.. Cuman ya itu, karena “sekedar” komunitas, jadi program dan orang2nya siapa aja secara struktural itu gak jelas.. Terus kalo tuh orang2nya banyak yang udah lulus, jadi besar juga deh tuh kemungkinan komunitas itu jadi nggak terurus.. Atas dasar pertimbangan itulah gw ngasi masukan ke mereka, kalo mau bikin “wadah”, sebaiknya bentuknya UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) aja..

Memang awalnya pasti agak ribet, karena untuk bikin UKM yang “diakui” kampus butuh aturan2 tertentu, kayak mesti ada AD/ART, dosen pembimibing UKM, dan lain sebagainya.. Namun ke depannya akan lebih enak, karena bisa ada kaderisasi.. Meski para perintisnya nanti udah pada lulus, tetep akan ada yang menggantikan dan meneruskan semangat ngomik para pendirinya.. Dan Alhamdulillah, anak2 penggiat komik itu bisa ngelewatin semuanya, dan terbentuklah “INKKING”, meski dengan beberapa kekurangan di sana sini.. Maklumlah, baru lahir, jadi mesti belajar jalan dulu.. hehe..

Dan di foto postingan ini, adalah karya kompilasi pertama mereka yang berhasil dipublikasikan secara cetak.. Ngeliat ini, gw ada rasa senang sekaligus iri dengan mereka.. Yah gimana nggak iri.. Mereka berada di jurusan yang atmosfirnya pas, jurusan desain.. Dulu personil kokabi mendirikan “wadah”nya di fakultas ekonomi, dan nggak ada label UKM.. Bentuk cetakan mereka pun sangat “wah” & tebel banget kalo dibandingkan saat komik kompilasi kokabi nomer 1 terbit: cuman fotokopian, dan tipis abis pulak.. Nggak heran, mereka memulai dengan personil yang lebih banyak dari kokabi, dan dengan skill yang sedikit banyak sudah terasah oleh tugas2 mereka.. Lah dulu gw, emang ada pengaruhnya gitu tugas2 bikin neraca keuangan & laporan rugi laba sama bikin komik ??.. Hyaha..

Setiap orang adalah keunikan: beda orang beda pemikiran.. Setiap jaman adalah petualangan: beda jaman beda tantangan.. Semoga INKKING bisa sukses terus ke depannya, makin maju, makin berlanjut komik kompilasinya, dan makin bisa mengakomodir keunikan masing2 personilnya, serta makin gagah menghadapi tantangan yang ada.. Masa depan masih misteri, dibentuk oleh berjuta kemungkinan, dan bisa dibentuk oleh besarnya harapan dan keyakinan.. Teruslah belajar, tetaplah pada rel tujuan kalian, yakinlah peluang untuk sukses itu pasti ada..

Mengutip saran dari filsuf Elbert Hubbard: “Keuletan adalah karakteristik semua orang sukses.. Kejeniusan adalah seni menjalankan rasa sakit yang tak terhingga.. Semua prestasi luar biasa diwarnai dengan perhatian yang ekstrim, kesungguhan yang tak terbatas, bahkan hingga ke hal2 yang paling kecil..”

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s