me|write, think sotoy
Comments 6

itung-itungan perhitungan…

Untitled-1Sadar atau nggak kita ini sedang dihitung atau ditakar.. Bukan saja oleh Tuhan, tapi juga sama orang2 di sekitar kita.. Bahkan ada yang mengatakan alam pun “berhitung” atas izin Tuhan.. Nggak heran ada yang berpandangan begitu, karena sejatinya alam semesta ini pada dasarnya adalah energi yang pas dan akurat, nggak bisa hilang, dan cuman bisa berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain.. Dan atas kuasa Tuhan, alam ini “berhitung” atas energi2 yang dikeluarkan oleh seseorang, dan kemudian dikembalikan lagi pada orang tersebut dalam wujud yang lain..

Yaah, itu hal lain sih.. Tapi yang pengen gw tulis disini sebenernya yang kalimat di awal paragraf pertama.. Kita sedang dihitung atau ditakar.. Gw menakar mahasiswa gw, klien2 gw, dan sebaliknya mereka pun menakar gw.. Apa yang ditakar ?? Yah umumnya sih tergantung kepentingannya.. Kalo mahasiswa gw ya gw nakar “potensi” mereka, bukan cuman buat nilai perkuliahan, tapi juga sapa tau nanti2 gw sendiri atau ada “link” gw yang butuh man power, kan mereka bisa gw rekomendasikan..

Kalo gw menakar klien, gw biasanya berhitung mengenai kapabiliitas dari PIC (Person in Charge) yang diserahi tanggung jawab atas sebuah project.. Kaitannya kemana ?? Buat gw itu penting untuk kelancaran proses bikin desain.. Karena setiap orang beda2 cara kerjanya.. Ada yang suka cepet sim salabim kebut semalem, ada yang biasa2 ajah, dan ada juga yang terlalu menggampangkan dan berakibat pada penundaan jalannya project.. Dengan menakar begini, gw bisa mengestimasi waktu berapa lama sebuah project bisa kelar, dan masih bisa nggak desainer yang pegang project ini diselipin kerjaan2 yang lain..

Sebaliknya, kalo gw ada di posisi mahasiswa, pasti gw akan menakar kompetensi dosen gw.. Nih dosen okeh atau nggak, ilmunya update atau nggak, baca koran dan majalah atau nggak, jangan2 malah bacanya komik mulu’ (gyehehehe..).. Makin lama waktu berinteraksi dengan seseorang, umumnya sih makin mudah kita menakar orang tersebut.. Meski memang cara2 menakar atau “membaca” orang pun ada ilmunya tersendiri..

Setiap diri pasti dihitung.. Jadi gw pikir ada baiknya kalo diri ini sendiri pun kita hitung sendiri jugak.. Sudah segimana, sudah sampai mana, sudah seberapa menguntungkan buat yang lain, dan lain sebagainya.. Ada yang bilang amal baik itu jangan dihitung.. Yes, gw setuju, tapi buat gw sebaiknya yang jangan dihitung itu berapa persis balasan / hasil pelipat gandaan dari amal tersebut.. Kalo amal baiknya sebaiknya tetep dihitung, minimal memperbandingkan, kita ini udah banyakan mana, amal baik atau amal buruk ??

Bener kata pak Mario Teguh: “hari perhitungan sebenarnya sudah dimulai..”.. Namun menghitung diri sendiri pun ternyata bukan pekerjaan mudah.. Karena nggak semua orang bisa objektif melihat dirinya sendiri.. Terkadang kita malah malas atau takut menghitung diri sendiri, karena dengan “berhitung” kelemahan & “kurang”nya diri akan keluar.. Padahal kata Buya Hamka: “Melihat kekurangan diri sendiri itu merupakan sebuah tangga kenaikan..”

Advertisements
This entry was posted in: me|write, think sotoy
Tagged with: ,

by

"Tuhan.. tolong berikan rejeki berlimpah pada semua orang yang udah mampir ke blog ini.. Amiiinn.." ......(^_^!)

6 Comments

  1. Wah… nilai orang lain aja belum bener, saya masih bingung gimana nilai diri sendiri…

    Saya selalu suka sama gaya nulis Kak Ogie yang sering nyelipin kutipan tokoh-tokoh besar di tulisannya… menguatkan postnya banget.

    Like

    • Waaww.. Tengkyu yaa.. hehe.. Ya gitu deh, salah satu strategi berbagi hasil bacaan.. Plus dicampur hasil pengalaman dan pengamatan.. Semoga bisa bermanfaat.. hehe.. Sukses selalu yaa..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s