me|write, think sotoy
Comments 9

game candu…

01Semenjak era messenger semakin canggih kayak sekarang ini, orang2 nggak cuman disuguhi ngobrol bareng, tapi juga disuguhin maen game bareng sama si developer messenger.. Tengok aja itu Line, game yang bisa dimaenin  bareng (meski cuman tinggi2an score) makin banyak.. Dari sekian banyak game di situ, gw milih cuman maenin dua ajah: Line POP sama PokoPang.. Hehe..

Kenapa dua game itu ?? Ya karena dari dulu gw emang doyan game strategi dan puzzle.. Buat gw, game genre itu jelas bikin otak gw “jalan”.. Meski kedua game itu jelas ada faktor “Lucky” juga untuk bisa dapet score tinggi, strategi & kecepatan berpikir mutlak diperlukan.. Terus emang segitu asyiknya ya adu tinggi2an score sama temen, dan bisa berbagi hati (di Line POP) atau berbagi clover (di PokoPang) ??..

Lazzaro (2004) dalam “Why We Play Games ?” menyebutkan bahwa game bisa menciptakan emosi2 spesifik pada manusia.. Ia meriset game2 best seller dan menemukan empat buah emosi kunci yang membuat game2 tersebut berhasil menjadi game laris yang dimainkan & disukai banyak orang.. Namun gw nggak mungkin ngejelasin semua disini, karena bakal panjaang banget, dan agak ribet..  Kan pertanyaannya juga cuma satu: “Kenapa tinggi2an score itu dan berbagi hati & clover itu asik ?? Hehe..

Menurut Lazzaro, banyak jenis emosi yang bisa ditimbulkan akibat memainkan game.. Namun, dibalik kesuksesan game2 best seller, ternyata selalu ditemukan adanya faktor penting dari empat jenis emosi berikut: Fiero (perasaan yang membuat manusia dulu keluar dari gua2 / penaklukan..), curiosity, relaksasi dan amusement / terhibur.. Masing2 emosi itu secara berurutan bisa tercapai dengan game yang mekanismenya bersifat: hard fun, easy fun, serious fun, dan people fun.. Nah, kenapa asyik tinggi2an score dan berbagi itu ada di kesenangan yang keempat, yakni people fun..

People fun ini bersifat interaksi dengan orang lain, dan mampu membangun ikatan2 sosial.. Menurut riset Lazzaro, memukau orang lain atau temen2 dengan ketangkasan dari hasil latihan (pamer score) kita itu ternyata bisa menciptakan keasyikan tersendiri.. Mekanisme yang ada di dalam kedua game (POP & Pokopang) itu juga, seperti saling mensupport (berbagi hati / clover), saling komentar, dan berkompetisi akan menimbulkan people fun.. Lantas pada akhirnya memunculkan emosi terhibur / amusement di dalam diri.. Dan ujung2nya si pemain akan terus2an bermain itu game.. Plus ngajak2 temen2nya yang lain jugak.. Hehehe.. Jadi, jangan heran & jangan bosen kalo dikirimin invitation untuk maen sebuah game, baik itu di fesbuk, atau di messenger, atau di platform lainnya.. Karena terbukti memang ada kesenangan tersendiri bagi si pengirimnya..

Di balik sebuah game itu ada banyak banget teori2 multidisiplin ilmu yang kompleks banget.. Gw nggak abis pikir, ada orang2 yang menghujat game sedemikian negatifnya, sampe2 kayaknya maen game tuh “haram” dan berbahaya.. Hohoohoo.. Sotoy tanpa ilmu, bikin malu deh kamyu…

Advertisements
This entry was posted in: me|write, think sotoy
Tagged with:

by

"Tuhan.. tolong berikan rejeki berlimpah pada semua orang yang udah mampir ke blog ini.. Amiiinn.." ......(^_^!)

9 Comments

    • Hehe.. terbukti secara riset, adanya tujuan dalam sebuah game memang mampu mebuat si pemain bisa lebih “larut” / terlibat di dalam game.. Emang hobby atau jatuh cinta sama maen game tuh gak bisa berenti gara2 umur ya…

      Like

  1. Tanpa segan nge-like postingan ini. Kenapa? karena penggemar kedua game itu juga plus candy crush. hanya tiga game itu aja sih… 😀
    kalau lagi pusing kerjaan, pulang main ini dulu.. lepas stress sejenak. kecuali kalau museum mission di poko dah deadline atau daily missionnya gak kira-kira. hehehe

    Like

    • Hwaaww.. sama dong yah.. Gw juga dulu sempet maenin 3 game, Line IceCube.. Cuman karena yang maen dikit dan waktunya semakin terbatas jadi pilih 2 itu ajah.. hehe.. Yayaya.. emang kadang daily mission dan museum mission itu perlu “usaha” ekstra..

      Like

    • Hwaduh.. nggak sayang tuh bu.. Padahal Line itu termasuk messenger laris loh, awal2 munculnya dulu sempet disebut “BBM Killer..”.. Dengan pake Line saya udah ngerasain enaknya telponan ke inggris dan ke jepang tanpa keluar duit sepeser pun (pake Wifi kantor..).. hehe.. Plus lagi yang saya suka itu stickernya bagus2 dan sangat ekspresif.. Di block aja atau dikasi tau bu yang suka ngirim2.. hihi..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s