me|write, think sotoy
Comments 4

masalah buat lo ??..

Untitled-1Kenapa ada orang yang kena halangan dikit kemudian berenti untuk mencoba lagi ?? Kenapa ada orang yang takut dengan masalah, sementara orang yang lain bilang “ itu nggak masalah” ??

Secara teori memang ada dua tipe cara bersikap / respon seseorang dalam menghadapi masalah.. Yang pertama itu tipe reaktif.. Tipe ini ngeliat masalah sebagai faktor ancaman.. Jadi, masalah itu sendiri dianggap jadi faktor penghambat, akibatnya sebagai mana seseorang ngadepin “ancaman”, maka orang itu akan cenderung menjadi cemas, atau bahkan stress kalo ketemu masalah.. Dan jika dihubungkan dengan naluri dasar makhluk hidup “Fight or Flight”, tipe ini akan memimilih “Flight” atau kabur dari masalah..

Contoh sederhana dari keputusan “Flight” ini gw banyak liat di mahasiswa gw.. Kalo ada banyak tugas, mereka malah “kabur”.. Memilih untuk menunda atau kagak ngerjain tugas dan bahkan nggak masuk kelas.. Hehehe..

Tipe yang kedua itu tipe receptive.. Tipe ini ngeliat masalah sebagai konsekwensi yang timbul akibat keputusan2 yang diciptakannya sendiri.  Jadi, karena sudah ikhlas “menerima” masalah, ia akan fokus pada solusi, bukan pada si masalah itu sendiri.. Mikirnya: “Buat apa guwe mikirin masalah ?? Kan mendingan mikirin solusi..”.. Masalah juga diliat sebagai peluang untuk pengembangan diri, bukan sebagai ancaman atau hambatan..

John Gray. Ph.D. (2001), penulis buku “Men are from Mars, Women are from Venus” menyatakan bahwa: “Semua kesulitan sesungguhnya merupakan kesempatan bagi jiwa untuk tumbuh.”.. Einstein juga bilang, kalo masalah itu nggak akan bisa diselesaikan dengan level / tingkatan pemikiran yang sama dengan masalah itu.. Itulah kenapa sering kita dengar istilah “mengatasi masalah.”.. Ada kata2 “atas” disitu.. Jadi sejatinya orang2 yang sedang menyelesaikan masalah adalah orang2 yang sedang “naik”..

Memang masalah itu rasanya nggak enak.. Tapi sepemahaman gw sih, seenggak2 enaknya masalah, kalo mau dihadepin dan dipikirin, pasti ada solusinya.. Masalah itu jodohnya solusi.. Kalo seseorang itu mau “ngotot” ngadepin masalah, cepat atau lambat pasti akan ketemu solusinya.. Nggak mungkin seseorang gak mampu “naik” ke atas masalahnya sendiri.. Karena kalo kayak gitu, berarti Tuhan dzalim dong sama kita2.. Hehehe.. Padahal Kan Tuhan udah janji: nggak akan ngasi seseorang masalah diluar batas kemampuan hambaNya..

Pada dasarnya kita semua ini diizinkan untuk sukses oleh Tuhan.. Hanya saja, kadang kitanya yang kurang belajar dan paham cara2 untuk sukses, nggak sabar dalam proses “pematangan”, serta seringkali sulit menilai diri sendiri secara objektif bahwa ternyata memang kita yang sekarang ini belum pantas untuk bersanding dengan kesuksesan yang kita impikan..

Advertisements
This entry was posted in: me|write, think sotoy
Tagged with: ,

by

"Tuhan.. tolong berikan rejeki berlimpah pada semua orang yang udah mampir ke blog ini.. Amiiinn.." ......(^_^!)

4 Comments

    • Hmm.. ya ya ya… ada yang model begitu memang.. Waktu sebagai “pengurai” masalah.. Tapi aku kurang setuju sih mbak.. hehehe.. Yang begini umumnya berharap masalah akan selesai dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu.. Padahal yang bisa “ngapa2in” (termasuk ngambil tindakan solusi) itu si orangnya, bukan si waktu..

      Image Hosted by ImageShack.us

      Like

    • Bener.. ORang dulu juga nyebutnya agak2 kurang tepat: “pemecahan masalah”.. Masalah kok dipecah ya ?? Kalo dipecah berarti gak selesai, tapi berubah jadi pecahan2 masalah yang lebih kecil dan jadi banyak… Mungkin gara2 orang dulu itu masalah bangsa ini gak kelar2, dan seakan malah makin banyak.. Gwakakakak..

      Image Hosted by ImageShack.us

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s