me|write, spiritual, think sotoy
Comments 21

harta mulu’…

Dulu, ada tetangga gw yang gw tau kalo dia naek angkot, bayarnya sering banget dilebihin banyak ama die… Muka si abang supir biasanya langsung terheran-heran… Gw sempet liat sendiri karena beberapa kali pernah naek angkot barengan sama dia…

Ada juga orang yang gw kenal kalo beli barang, males nawar… Tanpa ba bi bu, bayar… apalagi kalo si penjual udah keliatan “orang kecil”… minta kembalian juga males…. Ada juga yang beli koran bukan untuk dibaca, tapi diniatin untuk sedekah… dalam sehari bisa beli lebih dari satu koran, tapi gak dibaca sama sekali… hehehe…

Kalo gw peratiin, hati orang2 model begini nggak terikat sama harta… Nggak kayak kitee (maksutnye orang2 sono, kalo warga multiply mah Insya Allah baek2… hihihi….)…. beli barang nawarnya abis2an… Boro-boro beli koran diniatin buat sedekah, kadang pengemis dateng, bisa keluar 10 ribu juga udah bagus…

Kalo dari beberapa orang yang gw tau mempelajari tasawuf, yang bener seh kalo ada orang butuh yah, kasiiiii semuaa… ambiiilll… Gile ye berasa berat banget ngelakoninnya… Tapi ada sebuah kisah yang nunjukin kalo hati tidak terpaut dengan harta justru bisa bikin kaya… Kalo gak salah begini ceritanya….

Pernah ada seorang Sufi yang hidup sederhana (euh, kasarnya pas-pasan deh…) dan punya murid… sang murid lantas disuruh sufi tersebut untuk mengunjungi gurunya beliau, meminta apakah ada pesan/pelajaran lagi yang bisa disampaikan kepadanya agar hidupnya tidak dalam “kondisi” yang begitu2 saja… Lantas sang murid pergi, dan setelah sampai ketempat gurunya si guru, ia terperanjat… Ternyata gurunya si guru itu kaya raya minta ampun… Rumahnya bagaikan istana… Lantas setelah ia bertemu sufi tersebut, ngobrol sebentar menceritakan keadaan gurunya, si gurunya guru tersebut tersenyum dan meminta si murid untuk menyampaikan pesan berikut: “jangan tautkan hati dengan harta dunia..”

Si murid kaget, wong dia sendiri kaya raya gitu, dan gurunya udah miskin koq ya malah bisa ngeluarin pesan begitu buat gurunya… Lantas si murid pulang menemui gurunya dan menyampaikan pesan tersebut… Mendengar pesan tersebut, sang guru menangis… Dan berkata : “ia benar..”….

Keterpautan hati dengan harta membuat kita kikir, dan jadi pikir2 kalo mau ngeluarin duit untuk hal apapun… Padahal harta itu hanya titipan, Allah bisa mengambilnya kapan saja Ia mau… Mau modalin orang takut ketipu, mau beli barang ke orang kecil nawar2 dulu, ada pengemis atau pengamen periksa duit receh dulu, kembalian seribu ditongkrongin…. hehehe…

Segala sesuatu tergantung niatnya… Lebih bayar untuk nolong orang, modalin orang kecil usaha dengan niat nolong dan menepiskan resiko rugi, semua pasti Allah liat…

Allah sudah janji, pasti akan memberikan pertolongan kepada seseorang, selama hambaNya tersebut mau menolong makhluk Allah yang lain…. Plus lagi “imbalan” dari pertolongan hambaNya tersebut pasti dilipat gandakan… Pantes aja tuh sufi jadi kaya raya……. wakakak…

yuk ahh…

Advertisements

21 Comments

  1. super sekali masbro..ada ayat yang mengatakan agar kita bersyukur maka nikmat akan ditambah…dan hadist tentang harta yang tidak berkurang karena disedekahkan…sekali lagi, zuuuper zekali.. XD

    Like

  2. like this……….!kalo kata seorang ustadz,, harta kita itu bukan yang ada di dompet, di rumah, dan yang nyata dalam genggaman kita. harta kita sebenarnya tuh yaa yang kita sedehkan ke orang lain.. yang nantinya jadi amal jariyah buat kita. makasih udah dingetin lagi bang ogie ^___^b

    Like

  3. tengkyu juga de’ ai.. hehehe… bener juga seh kata tuh ustad… yang bakalan jadi kekal kan yah yang di “sono” nanti… Yang ngeselin tuh para pejabat korup itu loh… gak ngerti-ngerti… nimbun harta buat gendutin perut sendiri… padahal ujung2nya kan cuma jadi ‘e’ek….. hihihi…

    Like

  4. ogieurvil said: Ada juga orang yang gw kenal kalo beli barang, males nawar… Tanpa ba bi bu, bayar..

    gw banget neh hehe…

    Like

  5. kakrahmah said: yang nolnya banyak

    ooohhh…. suka yang nolnya banyak tooo… kalo gitu gw kasi nolnya aja yaa….. wakakakak….

    Like

  6. gw jual kaos oblong muslim satunya 5 juta neh bro… beli donk, jangan ditawar yak… wakakakak…. sukses slalu boss !!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s