me|write, spiritual, think sotoy
Comments 20

konsep jodoh

Alhamdulillah akhirnya nikah juga… hehehe… gak disangka gak diduga abis sabtu itu nikah, rabu balik jakarta, tau-tau sidang tesis bab satu sampe bab tiga juga digelar hari jum’at.. Bener-bener dah langsung kudu nyiapin ini itu, blog gw jadi terbengkalai… khuhuhu…

Dari jaman kuliah sarjana dulu sampe kemarin, gw sering mikirin konsep soal jodoh… Kalo soal rejeki Insya Allah sedikit banyak udah kejawab seh, soalnya udah sering mengamati dan gw coba-coba sendiri konsep-konsepnya dari dulu, aandd.. it’s work… Sederhananya kalo rejeki sepertinya bisa dirumusin kayak gini: jika melakukan “A”, maka biasanya akan selalu jadi “B”… Nah, kalo soal jodoh, koq ya kalo gw perhatiin, kalo melakukan “A” belum tentu akan jadi selalu “B”…

Dari dulu sampe sekarang, ada beberapa pernyataan atau konsep tentang jodoh yang udah gw sering dengar:

1. “Jodoh itu di Tangan Tuhan..”.
Terus ada juga counternya: “Kalo gak dijemput atau diambil, yah selamanya akan ada di tangan Tuhan…”
Kalo gw pikir, yah semuanya juga di tangan Tuhan, gak cuman urusan jodoh… hehe…

2. “Tiap orang jodohnya udah ditentuin dari sononya, udah ada, cuman belum ketemu aja, ntar juga dateng sendiri kalo udah waktunya… segala sesuatu diciptakan berpasang-pasangan… kan ada ayat yang menyatakan telah kuciptakan istri-istrimu dari jenismu sendiri”…

Kalo kata ustad pengajian kantor gw, banyak yang mensalah artikan ini… maksudnya berpasang-pasangan itu, yah siang dan malam, laki-laki dan perempuan, proton dan elektron, dan lain sebagainya… jodohnya manusia laki-laki yah manusia perempuan…

Kalo gw pikir, untuk yang ini, koq yah seakan-akan gak ada hak untuk memilih, padahal Rasul sudah mengeluarkan hadistnya untuk kriteria milih pasangan, yang wanita itu bisa dinikahi diliat dari 4 hal… Kalo memang bukan merupakan pilihan, buat apa keluar hadist yang ini ya ??? jadi bingung dah guwa… wakakak…

3. “Jodoh itu juga berlaku hukum: siapa cepat, dia dapat..”.. Ini gw baca di sebuah buku berbasis islam di gunung agung…

Gw pikir, ini ada benernya juga..

4. Ada juga beberapa temen gw yang bilang konsep jodoh tuh begini: “Jodoh lu tergantung elunya… Jodoh lu udah ada, tapi gak satu, ada pilihannya…. kalo lu berkelakuan begini, nanti lu akan diketemuin sama si “A” “B” “C”… terus kalo lu berkelakuan begituu, ntar bakal diketemuin sama yang “D” “E” “F”…. ntar lu pilih dah… Jadi bukan udah ditentuin satu begituuu….

Gw pikir ini ada benernya juga, mengingat ada kata-kata “sekufu” dalam urusan jodoh…

Kesimpulannya, sampai saat ini gw baru menikah, gw tetep gak bisa menetapkan sebuah pernyataan atau konsep yang bener-bener manjur tentang jodoh… kekekekek…

Kalo gw pikir2, dari yang gw jalanin, gw melakukan ini: niat mau nikah, membuka segala kemungkinan dan peluang bertemu calon jodo, berdo’a, dan kayaknya ini yang paling penting: berusaha…

Ah iya… ada satu konsep lagi yang gw inget…. konsep 3B…. Apa mungkin konsep 3B yang paling benar ?? Berdoa, Berusaha, dan Berkaca…. wakakak…

aawww…. au’ ah… silahkan menarik kesimpulan sendiri-sendiri… hehehe….

Advertisements

20 Comments

  1. aaah, gw punya pengalaman ttg yang nomer 2 tuh. pas lagi ngobrol ama temen bahwa “mendingan ga usah ribet2 cari jodoh sana sini, ntar kan dateng sendiri, toh setiap orang udah ada jodohnya”, temen gw bales gini, “salah itu! yang diciptakan berpasang2an itu makhluk Tuhan, bukan masing2 orang per individu. jadi ya tetep harus usaha.”langsung deh gw manyun. berusaha mulu ga dapet2 capek juga, bo. hahahaha

    Like

  2. tengkyu yee.. ini gw baca dimana yah ?? gw lupa… tapi emang fakta di lapangan membuktikan… pengennya dapet yang cuaakeeeeppp… guannntheeenngg… dan lain sebagainya, tapi nggak “berkaca”… itu secara fisik…. Kalo secara non fisik.. kelakuan sendiri nggak bener2 banget, pengen dapet yang buueenneeerr bangeet… yah akhirnya gak dapet-daoet dah…. Emangnya yang berkelakuan bener nggak kepengen dapet yang bener jugak apa ?? wakakakak..

    Like

  3. nawhi said: konsep yang terakhir nampol banget he3

    hehehe… maap, hanya sharing dari yang udah pernah dibaca… bukan bermaksud untuk menampol siapapun……. hihihi…

    Like

  4. pemikirulung said: lieur ah, hehemantep dong mas ogie, nanti wisuda udah ditemenin istri, asiiiik 😀

    amiiinn… masih agak panjang neh perjuangan tesis… kemaren diobrak abrik… huhuu…

    Like

  5. nniikkeenn said: langsung deh gw manyun. berusaha mulu ga dapet2 capek juga, bo. hahahaha

    hehehe… jangan berputus asa…. usaha dan do’a terus… Insya Allah ntar ketemu deeehh…

    Like

  6. Amen, brother! hehehe…eh, soal dapet jodoh bener ga bener, dulu dosen gw pernah ngasih nasehat begini: “kalo punya pacar jangan dites psikologi ya. nanti malah jadi putus gara2 si dia punya kecenderungan manic depresif lah, delusional lah, megalomania lah. kalo kayak gitu kalian bisa putus terus dan ga dapet2 jodoh. inget, manusia itu ga ada yang sempurna. ga usah nyari pacar yang sempurna karena kalian sendiri juga ga sempurna.” 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s