read|me
Comments 8

fakta aneh kostum bola

Description:
ternyata eh ternyata, kostum bola ada sejarahnya…

Ingredients:
copas dari sini neh :

http://www.danand.co.cc/2010/09/fakta-aneh-kostum-bola.html

Directions:
FAKTA ANEH KOSTUM BOLA..

Sepakbola tidak lagi menjadi hanya sebuah permainan. Ini adalah industri, bisnis, politik, dan jati diri sebuah bangsa. Hal ini jelas mempengaruhi sepakbola bahkan hingga ke kostum yang dikenakan para pemain.

1. KOSTUM KIPER
Sampai dengan sebelum tahun 1909. kiper selalu menggunakan kostum atau seragam tim yang sama dengan pemain lainnya. Akibatnya, wasit selalu kesulitan mengidentifikasi mana kiper, mana pemain belakang. Mana kasus handball, dan mana yang penyelamatan oleh kiper. Jadi di tahun 1909 ditegaskan aturan baru sepakbola, bahwa kiper harus mengenakan seragam berbeda dari pemian lainnya. Warnanya pun telah ditentukan: Scarlet (merah cerah) atau biru laut. Belakangan di tahun 1912 ditambahkan pilihan ketiga, yaitu Hijau. Masa kini seragam kiper makin warna-warni dengan kasus ekstrim adalah Jorge Campos, kiper timnas Meksiko.

2. PENOMORAN KAOS
Di sekitar tahun 1920-an mulai ada ide untuk melakukan penomoran kaos seragam. Tapi masih kadang-kadang ada, dan lebih sering lagi, tidak. Laga besar pertama dengan penggunaan nomor punggung adalah final FA Cup tahun 1933 antara Everton dan Manchester City. Tapi konsepnya pun masih aneh. Satu tim akan memperoleh nomor 1 sampai 11, dan tim lainnya 12 sampai 22. Siapa pakai yang mana diundi dengan koin. Selain itu satu tim pakai nomor berwarna putih, dan lainnya merah. Waktu itu Everton kebagian 1-11, dan City 12-22. Penomoran yang benar seperti saat ini baru terjadi sekitar masa Perang Dunia II, dengan setiap tim mengenakan nomor 1 sampai 11.

3. LOGO SPONSOR
Tak ada cerita soal logo sponsor di dada kaos pemain bola sampai tahun 1973. Sebuah klub Jerman bernama Eintracht Braunschweig mengikat kontrak dengan sebuah produsen minuman beralkohol lokal bermerek Jagermeister. Sejak saat itu model sponsor serupa mewabah ke seluruh dunia. dan nilai sponsorshipnya naik terus dari tahun ke tahun. Sebagai contoh, salah satu klub terkuat di Jerman, Bayern Munich, menerima sponsor sebesar 25 juta Euro untuk memasang logo Deutsche Telekom di dada para pemainnya. Nilai sponsor itu setara dengan Rp 350,5 milyar. Meski begitu ada beberapa klub yang tetap menolak sponsorship. Salah satunya Barcelona. Bukannya terima duit, mereka malah menyumbangkan uang 1,5 juta Euro(Rp 21 milyar) per tahun kepada Unicef, sebuah badan PBB yang mengurusi anak-anak.

4. TELANJANG DADA
Tidak heran jka Cristiano Ronaldo dikartu merah. Ia mencopot kaosnya saat melesakkan sebuah gol dalam laga Real Madrid vs Almeria di pekan pertama Desember 2009. Itu adalah pelanggaran aturan bola sejak tahun 2004. Beberapa menit sebelum laga usai, ia kena kartu kuning kedua karena sebuah pelanggaran lain. Keluarlah dia dari lapangan. Kenapa ada aturan yang melarang pencopotan kaos seragam? Karena sebelum tahun 2004 ada beberapa kasus ketika pemian mencopot seragamnya saat merayakan kemenangan tim, lalu memperlihatkan berbagai simbol, pernyataan berbau keagamaan dan politik. FIFA memandang hal itu sebagai mencampuradukkan politik dan olahraga, sesuatu yang dipandang tabu sejak lama.

5. CELANA KETAT
Celana rada longgar yang sekarang dikenakan tim bola di seluruh dunia relatif baru. Sampai dengan awal tahun 1990-an, semua tim bola masih mengenakan celana ketat setengah paha. Adalah Tottenham Hotspur yang memulai dengan setelan celana longgar, baggy, yang mendekati lutut. Dan dalam waktu 1-2 tahun kemudian model celana yang sama sudah digunakan di seluruh dunia.

6. ERA FASHION
Di dekade yang kurang lebih sama, 1990-an, adalah awal era fashion di lapangan bola. Berbagai tim merancang model kostum yang aneh, ajaib, dengan warna-warni yang juga menyala dan penuh eksperimen. Di era inilah Manchester United keluar dengan ide seragam abu-abu untuk kaos tandang. Seragam model begini hanya bertahan beberapa pertandingan saja setelah Sir Alex Ferguson melihat statistik bahwa setiap kali laga tandang dengan kaos abu-abu, lebih sering kalah daripada draw. Para pemain mengeluhkan warna itu tidak eye-catching, dan sukar melihat keberadaan sesama pemain MU. Apalagi ditambah dengan latar belakang stadion dan para penonton.

7. REPLIKA SERAGAM
Kenapa setiap tim tidak bertahan dengan seragam yang sama sepanjang masa? Karena replika seragam tim telah menjadi bisnis besar dengan nilai sekitar 200 juta pound (Rp 3 trilyun) per tahunnya. Dan itu baru di pasar Inggris saja. Setiap kali kostum ganti, setiap kali itu juga fans antri membeli kostum yan baru. Kadang-kadang perubahannya tidak banyak, seperti menambahkan garis V di bagian dada, atau mengubah bentuk leher V menjadi bulat.

8. DESAIN ANEH
Salah satu contoh kasusnya adalah Kamerun dengan seragam kaos atas tanpa lengan. Menurut aturan FIFA, itu bukan seragam yang diizinkan. Kamerun diminta tidak mengenakan kaos itu tapi peringatan diacuhkan. Akibatnya Kamerun dihukum potongan 6 poin saat kualifikasi Piala Dunia 2006. Hukuman itu belakangan dibatalkan setelah timnas melakukan banding. Kasus lain yang berakhir sukses adalah kaos tipe ketat yang menapak ke tubuh pemain, seperti rancangan Kappa untuk timnas Italia. Tipe kaos yang satu ini berlalu tanpa keberatan dari badan otoritas bola dunia.

Advertisements
This entry was posted in: read|me
Tagged with: ,

by

"Tuhan.. tolong berikan rejeki berlimpah pada semua orang yang udah mampir ke blog ini.. Amiiinn.." ......(^_^!)

8 Comments

  1. pemikirulung said: menarikTFS mas..kenapa ga ada yang bikin yang rada ekstrim gitu yaa

    yang rada ekstrim gimana mbak?itu kamerun salah satu contohnya

    Like

  2. ogieurvil said: pake sayap kayak superman

    yap..ini yang saya maksud..aih aihabis sebeda-bedanya tetep aja kaos..ga ada gitu yang bikin celana panjang, biar menutup aurat

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s