me|write, spiritual
Comments 14

pasrah dan do’a…

Setelah selesai sholat Jum’at tadi, gw ngeliat seseorang berdo’a khusyu’ banget… saat banyak jamaah udah pulang, dia masih mengangkat tangannya lumayan tinggi untuk berdoa’… walau gw gak tau apa yang dia do’ain atau apa permintaannya, ngeliat kondisi itu gw jadi inget kalimat di sebuah bukunya Agus Mustofa.. “yang bisa merubah takdir itu hanyalah do’a..”

Apalah arti setiap usaha manusia kalo Allah tidak memberikan takdir akan hasil yang sesuai harapan.. gw berfikir do’a bisa menjadi salah satu bentuk kepasrahan kita sebagai manusia yang penuh kelemahan… manusia yang tidak berhak untuk sombong dan merasa diri lebih tinggi atau lebih baik dari manusia lainnya…

Ada juga yang beranggapan sebetulnya semua tindak-tanduk kita ini sebenarnya adalah wujud dari do’a yang kita yakini dan kita panjatkan.. jadi nggak heran kalo orang bener-bener berdo’a dengan niat baik, yakin, lurus untuk satu tujuan, biasanya tindak-tanduknya juga sesuai dengan arah proses menuju tujuan dan apa yang sudah dido’akannya itu… mungkin ini salah satu cara Allah mengabulkan do’a seseorang…

Mengharapkan semua kendali ada di tangan kita sama sekali nggak mungkin… mengharapkan semua keinginan kita pasti terpenuhi atau setiap orang berlaku seperti yang kita pingin pun itu mustahil… Gw gak tau berapa banyak orang yang kemudian menanggapi hal itu dengan sikap hati panas, emosi dan hilang logika dan kemudian mengambil tindakan yang merugikan diri sendiri dan orang lain… Padahal cukup dengan mencoba untuk ikhlas dan berdo’a, “Ya Allah, tenangkanlah hatiku, aku pasrahkan semuanya kepadaMu…”.. efek yang ditimbulkannya pasti akan lebih bagus…

Smoga Allah menjadikan kita semua orang yang senantiasa pasrah kepadaNya, lurus do’a dan ikhtiar, dan mampu mengaktualisasikan arti kata “ikhlas” sepenuhnya… amiiin…

Advertisements
This entry was posted in: me|write, spiritual
Tagged with: ,

by

"Tuhan.. tolong berikan rejeki berlimpah pada semua orang yang udah mampir ke blog ini.. Amiiinn.." ......(^_^!)

14 Comments

  1. segala makanan, minuman dan pakaian (yg dikonsumsi oleh sang hamba) pun harus halal dan thoyyib sehingga mampu membantu sang Hamba dalam berdoa agara Allah pun menerima dan menghijabah do’anya..Don’t stop pray my broda and sista 🙂

    Like

  2. Satu2nya yang bisa mengubah takdir hanyalah doa. Doa punya kekuatan lebih dari jaring laba2 spidrman, tongkat sihir harry potter, atau apapun…

    Like

  3. missprita said: Doa punya kekuatan lebih dari jaring laba2 spidrman, tongkat sihir harry potter, atau apapun…

    wah wah… imajinatif sekaleee.. hehehe…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s