read|me
Comments 12

semut saling mengajari

Description:
hayo hayo hayo…jangan kalah sama semut..

Ingredients:
copas dari sene neh:

http://ristizona.blogspot.com/2009/01/semut-saling-mengajari.html

Directions:
Para peneliti Inggris mengaku telah berhasil mendapatkan bukti pertama mengenai pengajaran di lingkungan hewan sederhana seperti serangga. Mereka mendapatkan bahwa semut bisa saling memberi tahukan jalan mana yang menuju pada sumber makanan.

Semut-semut yang diteliti selama 2 tahun lebih oleh para ilmuwan di Universitas Bristol, mengatakan teknik yang disebut lari tandem. Dalam teknik ini, seekor semut akan memimpin semut lari dari sarang menuju lokasi makanan.

Ini adalah kasus nyata suatu pembelajaran dimana seekor semut memimpin semut lain. Bukti yang didapat profesor Nigol Franks dan Tom Richardson mengenai pengajaran itu adalah sang pemimpin akan berjalan lebih lambat bila pengikutnya berada lebih jauh di belakang. Jika jarak mereka sudah tidak jauh lagi maka ia akan mempercepat langkah.

Semut pemimpin juga bersedia merugi, karena mereka sebenarnya bisa mencapai sumber makanan 4 kali lebih cepat bila berjalan sendiri. Namun pengajaran ini memiliki kelebihan. Para semut pengikut kemudian akan belajar lebih cepat menemukan sumber makanan.

Selanjutnya. Informasi pengajaran berlangsung lagi “Pengajaran yang terjadi tidak sekedar menirukan. Ada juga modifikasi dari pemimpin baru tergantung perilakunya.” kata Franks yang melaporkan temuan ini di jurnal nature.

“Kami menduga terjadi juga umpan balik dalam proses pembelajaran ini. Sepengetahuan kami, ini adalah contoh dari pengajaran formal pertama dalam dunia mahluk hidup di luar manusia.”
“Yang menarik dari hal ini adalah kenyataan bahwa semut adalah hewan dengan otak kecil. Otak manusia jutaan kali lebih besar, namun tetap saja semut memiliki kemampuan belajar mengajar yang sangat bagus.”

Advertisements
This entry was posted in: read|me
Tagged with:

by

"Tuhan.. tolong berikan rejeki berlimpah pada semua orang yang udah mampir ke blog ini.. Amiiinn.." ......(^_^!)

12 Comments

  1. hehe… nggak juga deh kayaknya… sapi otaknya jauh lebih besar dari semut… tapi nggak saling mengajari seperti yang dilakukan oleh semut… hihi…

    Like

  2. ogieurvil said: hayo hayo hayo…jangan kalah sama semut..

    berarti ini harusnya gak bisa dijadiin argumen dong, prof frank…

    Like

  3. lho.. kok g bisa dikutip ya? ini tulisan yg sy maksud:”Yang menarik dari hal ini adalah kenyataan bahwa semut adalah hewan dengan otak kecil. Otak manusia jutaan kali lebih besar, namun tetap saja semut memiliki kemampuan belajar mengajar yang sangat bagus.”

    Like

  4. euh… kalo ngeliat kalimatnya di paragraf itu sih… gw pikir disitu si penulis bukan sedang membandingkan makhluk yang berotak kecil dan berotak besar… tapi membandingkan langsung antara otak semut dan otak manusia yang punya kemampuan belajar mengajar…

    Like

  5. duh gak nyambung deh kita.. kok jd bribet gini ya.. hehepertama:saya bilang: mgkn krn otaknya kecil jd lbh fokus, kalo otaknya besar pikirannya kemana2 ?ogieurvil : hehe… nggak juga deh kayaknya… sapi otaknya jauh lebih besar dari semut… tapi nggak saling mengajari seperti yang dilakukan oleh semut… hihi…hmmm….?!

    Like

  6. oohh… itu miskomunikasi aja dikit… posting replyan gw terakhir itu maksutnya untuk menanggapi komen akan pernyataan prof frank gak bisa dijadiin argumen yang ini:”berarti ini harusnya gak bisa dijadiin argumen dong, prof frank…”

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s