me|write, think sotoy
Comments 33

otak – otak…

banyak gamer yang gue temuin kok yah pinter-pinter yah ??… gue kenal video game dari saat gue belum mulai sekolah.. waktu itu adanya game watch alias “gimbot” saat jadul banget dulu… bisa dikata gw idup di kalangan para gamers… sepupu2 gw banyak yang suka game, dan biasanya waktu SD tiap malem minggu gue nginep di tempat sepupu gw dan maen sampe dini hari… saat itu game yang kita maenin itu nintendo 8 bit..

sekarang para gamers yang gue kenal udah beranjak jadi dewasa muda.. ada yang udah berkeluarga dan beberapa ada yang gue nilai sukses dengan income 30 jt perbulan.. sedikit bisa gw tangkep, biasanya temen2 gamers gw logikanya bagus.. dan gak sedikit yang gue nilai pinter…

abis baca buku tentang otak, ternyata otak makin bagus kalo dikasi pikiran yang bener-bener baru alias nyeleneh… atau yang belum pernah kita lakukan sama sekali… misal: jalan mundur, nulis atau gambar pake tangan kiri, baca abjad dibalik mulai Z sampe A, atau hal aneh lainnya… pokoke yang bener-bener bikin otak kaget dan terbentuk “kerutan”atau zona baru di otak…

routinity kills creativity… kalo sering banget ngerjain hal yang sama, otak melakukan hal tersebut jadi tanpa berpikir lagi.. contohnnya, waktu gw belajar smash di badminton.. pertama si guru gw ngajarin, “liat tuh bulunya, pegang raket begini, pinggang agak ditekuk kebelakang, lengan harus ngayun, tangan kiri ukur jarak bola, dan pas bola di atas di arah jam satu… SIKAT !!! otak gw ngerekam itu semua dan pasti mengakses hal-hal tadi tiap gw mau nyemesh…

setelah puluhan atau ratusan kali nyemesh, hal itu gak perlu dipikir lagi.. tinggal JEBRAT JEBRET JEBROT !!! mati dah sang lawan kalo kena tuh bola… alias di otak udah jadi sirkuitnya, tinggal di “on” kan saja…

di beberapa buku yang gw baca, otak itu kayak otot.. makin sering dipake dan dilatih makin owkeh… dan sebaliknya, gak dipake jadi makin aus, lemot dan pentium satu oriented… buat yang doyan olahraga fisik atau aerobik, gue ngutip lagunya agnes monikah “teruskanlah teruskanlah kaaauu begituuuuu..”… because ada kaitan antara gerak fisik yang berirama dengan kinerja dan bagus nggaknya otak…

terus.. dimana hubungannya sama game ?? gue cuma berpikir, game bikin gue mikir yang sebelumnya gak pernah gue pikirin… tiap game, apalagi yang ruwet seperti RPG, pasti punya gameplay yang kompleks dan bikin gw mikir, mikir dan mikir… secara gak sadar gw dipaksa buat mikir yang nggak biasa.. yang gak bakal gw temuin in the real world… mungkin ada kaitannya game sama kecerdasan ngeliat temen gue yang gamer banyak yang nalarnya okeh.. walaupun gak semuanya sukses.. gue gak mau ngomong kalo orang maen game itu bisa jadi pinter… soalnya gimana pun bagusnya otak orang, kalo mau jadi pinter yah rumusnya cuman satu.. BELAJAR !!!

Advertisements
This entry was posted in: me|write, think sotoy
Tagged with: ,

by

"Tuhan.. tolong berikan rejeki berlimpah pada semua orang yang udah mampir ke blog ini.. Amiiinn.." ......(^_^!)

33 Comments

  1. ogieurvil said: gimana pun bagusnya otak orang, kalo mau jadi pinter yah rumusnya cuman satu.. BELAJAR !!!

    setuju..!!! wkwkwk.. ^^.plus maen (refresh).. gila aja kalo belajar mulu’.. yang ada bebel dah tuh otak..ntar hang yang ada.. wkwkwk.. ;p

    Like

  2. ogieurvil said: setelah puluhan atau ratusan kali nyemesh, hal itu gak perlu dipikir lagi.. tinggal JEBRAT JEBRET JEBROT !!! mati dah sang lawan kalo kena tuh bola… alias di otak udah jadi sirkuitnya, tinggal di “on” kan saja…

    Waaa ternyata Oggie jago badminton *berbinar-binar*

    Like

  3. roelworks said: gue gak terlalu suka main game kenapa ya?…gak pinter dong gue…?

    weleh weleh… di kalimat terakhir postingan udah ada tuh boss… kalo mau jadi pinter yah rumusnya cuman satu.. BELAJAR !!!

    Like

  4. ogieurvil said: oowww… jarang sekaleh gue temui cewek doyan ngegame.. kekeke… apalagi yang doyan maen game RPG… khuhuhu…

    syarat calonnya Ogie…seneng main RPG…wakakaka…

    Like

  5. ogieurvil said: beberapa ada yang gue nilai sukses dengan income 30 jt perbulan

    sementara 30 jt per bulan itu jumlah zakat bulanan elu ya, gie? ogie MEMANG!

    Like

  6. ogieurvil said: ayo maen teruuusss.. !!!… belajar jangan mengganggu waktu bermain…

    ya iyalahh.. bukannya belajar itu bermain..??? ;pni aja kuliah lg.. karena pengen maen ke bogor.. wkwkwk.. yukk.. maen yukk.. wkwkwk.. !!!

    Like

  7. tp maennya dirimu dan diriku beda Om.. kalo dirimu games.. kalo diriku.. jalan2.. ketemu orang.. ngobrol2.. plus makan2.. hehe.. (diriku nggak biasa maen game.. cuma bs tetris doank.. hehehe.. ;p)

    Like

  8. roelworks said: syarat calonnya Ogie…seneng main RPG…wakakaka…

    wakakak.. nggak kalleeee….. ini mah tipis kemungkinan…

    Like

  9. bapakranger said: sementara 30 jt per bulan itu jumlah zakat bulanan elu ya, gie?

    amiiinnn yaa rabball alamiiinnn…. hehehe..

    Like

  10. gue berpikir kalo maen itu beda sama jalan2, ngobrol dan makan2… itu bukan permainan, tapi masing-masing aktivitas sendiri… dan sebenernya di postingan ini games yang gw maksut yah video games…

    Like

  11. ogieurvil said: gw maksut yah video games…

    hehe.. iyo… aku tahu.. maaf ya.. jd keuar topic.. ;ptapi Om maen dalam versiku itu yah refreshing, buat ngedapetin fun n spirit.. sedikit keluar dari rutinitas (kotak).. tapi karena cara refresh tiap orang itu nggak sama.. dirimu maen games.. aku yahh dgn caraku.. 😀 jd yang ku ambil prinsipnya aja.. FUN & SPIRIT.. hehe.. kira2 mirip nggak ya?? ;p

    Like

  12. roelworks said: makanya elu memang …:D

    roel!!loe gimana sih?ogie bukan memang..tapi SUNGGUH MEMANG SANGAT SEKALI OH BETAPA MEMANGNYAgitu:))

    Like

  13. ogieurvil said: wakakak.. nggak kalleeee….. ini mah tipis kemungkinan…

    kunfayakun, gie…siapa tahu dapet…never say never lho…elu kan suka kemakan omongan….

    Like

  14. catatanrani said: FUN & SPIRIT.. hehe.. kira2 mirip nggak ya?? ;p

    otak – otaaaakk bukan refreshing…. games for brain…

    Like

  15. roelworks said: never say never lho..

    hehehe… itulah mangkanye gw gak bilang never atau gak mungkin… gw cuman bilang tipis kemungkinan… gitchuu…

    Like

  16. ogieurvil said: otak – otaaaakk bukan refreshing…. games for brain…

    tapi dpt fun nya kan.. buktinya maen terus.. wkwkwk..walo nguras otak.. tetep aja nggk ada matinya.. tetep diterusin maennya.. coz there’s the challenge.. hehe.. di situ fun nya.. n spirit to handle sampe finish or the end.. secara ilmiah.. (mungkin, opiniku).. gamers itu pada pinter karena mereka terbiasa sama tantangan.. dan otaknya terbiasa mikir tuk ngatasin masalah (how to win).. makanya jiwa kompetisinya dapet n nggak gampang nyerah plus kooperatif.. karena maennya banyakan.. makanya games itu latihan yang penting tuk jaga stabilitas dalam berfikr dan supaya tetep kreatif.. hehe.. kayaknya si gitu.. tp nggak semua orang suka games.. umumnya cowo.. ga tau deh kenapa.. hehe.. ;p

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s