All posts tagged: niat baik

Niat tak terlihat..

Ada orang kerja keras pergi pagi pulang malam.. Seakan2 waktu 24 jam sehari itu kurang buat dia.. Ada orang nyinyir sama dia: “koq mau2nya kerja sampe sebegitunya.. Buat apa sih ?? Dunia mulu yang dikejar, kan ntar hasilnya nggak dibawa mati..” Niat seseorang itu hampir bisa dipastikan selalu nggak keliatan.. Padahal tuh orang kerja keras siang malem demi mewujudkan anjuran kalo kerja itu ibadah.. Demi menebar manfaat, supaya teraplikasikan bener2 itu kalo manusia yang paling baik itu manusia yang paling banyak manfaatnya.. Dan dibalik kerja kerasnya, dia punya prinsip, kalo berhasil sukses hidup di dunia, itu akan lebih mudah membuat akhiratnya jadi ikutan sukses.. Karena bisa naek haji, bisa melihara anak yatim, bisa sedekah bantu orang lebih banyak, dsb.. Pendek kata, harta emang gak dibawa mati, tapi dampak amalan dari bekerja dan dampak dari hartanya dikemanakan, itu bisa dibawa mati.. Coba perhatikan, siapa yang bisa tau niat dari seseorang ??.. Entah itu niat baik ataupun niat buruk, nggak ada yang bisa tau persis apa niat sebenernya dari seseorang melakukan sesuatu.. Niat nggak bisa terlihat pada …

“niat baik pasti ada jalan…”

waktu itu seorang temen yang belom lama gw kenal bertandang ke kantor gua.. tipenya nih orang gue liat mau kerja keras, secara spiritual jugak rasanya cukup lumayan.. dari sinar mukenye seh sepertinya sama kayak gue, sering jadi batman juga alias begadang ngerjain kerjaan… pahit getir keliatan udah banyak dia alamin.. biasanya orang model begini ada cerita-cerita okeh neh soal kehidupan… mulailah gue mengeluarkan jurus berpura-pura bego’… (padahal seh gue bego’ beneran… kekekeke…) ngobrol ngalor ngidul, ikutin apa maunya, korek-korek dikit, sampe deh ke pembicaraan-pembicaraan kisah nyata yang lumayan dalem… berhubung dia dah nikah, gue belon, gue tanya aja soal dulu pas mo nikah dia gimana… “Wah.. gile deh gie pokoknye… lu bayangin aje.. tiga bulan menjelang tanggal nikah yang udah gua janji’in ama calon mertua, gua masih jadi pengangguran… kagak ada kerjaan sama sekali…!! gelo’… modal kawin dari mana gua ?!?” gitu dia bilang… “Terus Allah giring gue ke sebuah kejadian..”… waktu itu temen gue ini ceritanya lagi naek motor, terus motornya kehabisan bensin di jalan.. jadilah dia jalan kaki ndorong tuh motor.. isitrahat bentar, …