All posts tagged: maaf

(Me:) & (Di:) maafkan..

Bermaaf-maafan memang bisa dilakukan kapan saja.. Sebagaimana puasa, yang salah satu esensinya adalah “menahan”, sebenarnya juga bisa dilakukan kapan saja.. Kita menahan tidak mengambil hak orang lain, menahan tidak tergoda orang lain selain pasangan resmi, menahan tidak berbuat sesuatu yang merugikan orang lain, atau bahkan menahan keinginan membeli game baru yang sangat diinginkan.. Hyaha.. 1 Syawal menjadi hari yang seakan spesial untuk maaf2an, setelah melalui bulan yang sifatnya spiritual, plus lagi setelah menang “menahan” setan di dalam diri masing2.. Seakan kesalahan siapa pun bisa dihapuskan di saat istimewa tersebut.. Euh, meski nggak semua sih.. hehe.. Ada yang bener2 “melepas” kembali setan2nya dengan menyebar berita hoax nan bohong bin fitnah.. Tapi apapun yang mereka lakukan, mungkin memang sebaiknya kita ini memaafkan juga.. Menurut psikolog Michael McCullough & Giacomo Bono dari Univ. Miami, memaafkan adalah bentuk bersyukur dan tanggapan positif terhadap kesulitan.. Yaa, bukankah kalo kita dikecewakan, disakiti, atau di “enggak enak-i” itu sebuah bentuk kesulitan ??.. Lantas, bukankah semua yang sampai di depan atau terjadi pada kita ini sebenarnya sudah melalui “approval” Tuhan ??.. Berhasil memaafkan …

sumimasen..

Yeeyy.. Alhamdulillah, Ramadhan datang lagi.. Di ramadhan sekarang, mungkin ada yang beda buat gw.. Karena anak gw udah umur setaon lewat dikit, udah bisa nambah ngerepotin enyak babenye.. Taon kemaren mah bisanya cuman tidduurr doangan.. Nggak terlalu makan stamina ngurusnya.. Sekarang kaya’nya ceritanya bisa jadi agak berbeda.. Ya gitu deh waktu.. Terus berjalan.. Dan gak ada satu cara pun yang bisa mengubah masa lalu.. Yes, betul2 tidak ada yang bisa kita lakukan untuk merubah masa lalu.. Jadi buat apa melemahkan diri untuk masa2 yang sudah berlalu ?? Yang dulunya ngerasa banyak dosa, contohlah si Battsosai Himura, menebus semua dosa pembantaiannya dengan menghunus pedang di jalan kebaikan.. Dan yang dulunya gak pernah berdosa, euh.. gak mungkiiinn !!.. hehe.. Setiap orang pasti punya dosa, pasti punya salah, baik sengaja maupun nggak.. Jadi di postingan ini gw mau minta maaf atas segala kesalahan yang terucap ataupun tertulis, hehe.. dan yang ketauan sama gw atau yang nggak.. Karena terkadang banyak yang melakukan salah atau menyakiti orang lain tanpa dirinya sendiri sadar melakukan hal tersebut.. Yah, berapa banyak orang menjalankan …