me|write, think sotoy
Leave a Comment

pi ngopi pi..

Doyan ngopi ??.. Banyak orang suka minum kopi buat nemenin ngelakuin kerjaan, naekin mood, ataupun ngobrol2 santuy.. Nah, kalo lebah pada doyan nggak ??.. Hehe..

Emang apa urusannya lebah sama kopi ??.. Ya nggak ada sih.. Tapi kalo mau diada2in ya bisa aja.. Kayak si Sarah Arnold, seorang peneliti di Natural Resources Institute di UK.. Dia kepikiran aja melakukan eksperimen dari kopi dan lebah.. Dia kepo: apa jadinya kalo lebah dikasi kopi ??..

Lebah termasuk hewan yang disebut di dalam Qur’an.. Dan buat gw sih, juga salah satu hewan yang paling rajin bekerja.. Nah, gimana jadinya kalo lebah yang udah ‘native’ pekerja keras begitu, terus dikasi kopi, minuman yang terasosiasi dengan ‘ON’ terus..

Tapi ya tentu saja bukan secangkir kopi yang diminumin ke si lebah, tapi esensi dari kopinya saja yang dipakai, yaitu kafein.. Kopi berkafein yang kita minum sehari2 sebenarnya termasuk zat psikoaktif (kayak drugs gitu deh), karena bisa mempengaruhi otak / pikiran dan perasaan..

Mangkanye kalo kebanyakan minumnya (satu galon sehari gitu misalnya), dampaknya juga bakalan jadi buruk.. Mungkin bakal melek terus sepanjang hari dan bulan.. Dan sekalinya tidur, pas bangun sudah ada makhluk misterius yang bertanya: “Siapa Tuhanmu ??”.. Gyaarrgghh..

Hasil studi yang Sarah lakukan ini dipublish di Current Biology Journal.. Dia membuat dua kelompok lebah.. Yang satu dikasi makanan lebah biasa, dan satu kelompok lagi dikasi ‘caffeinated food’.. Semua makanan mereka juga dicampur aroma bunga stroberi, sebuah aroma yang baru bagi mereka..

Lantas kedua kelompok tersebut dilepas di laboratrium, yang di dalamnya udah ada ‘robot2 bunga’ dengan beragam aroma.. Sarah dan kawan2nya pengen tau, gimana efek kafein bagi lebah dalam mempelajari dan mengingat aroma bunga tertentu..

Hasilnya ??.. Kelompok lebah yang diberikan kafein menjadi lebih jago, lebih efisien, dan lebih konsisten dalam menemukan robot bunga beraroma stroberi.. Sementara lebah yang nggak “ngopi”, ya biasa aja, dan cenderung terdistraksi dengan robot2 bunga yang beraroma bunga selain storberi..

Pendek kata, kafein meningkatkan kemampuan lebah dalam mempelajari dan mengingat aroma tertentu.. Dan bukan itu aja loh.. Lebah2 yang ‘ngopi’ itu juga menjadi lebih termotivasi dan ‘rajin’, mereka lebih cepat berpindah dari bunga yang satu ke bunga yang lain.. Waaww..!!

Itu kalo lebah sih, yang emang ‘Sunatullah’nya udah rajin dan pekerja keras tanpa punya pilihan.. Nah sekarang kite yang manusia nih.. Hehe.. Abis “ON” gara2 ngopi punya banyak pilihan.. Power ON-nya mau digunain buat apa, itu bisa lain cerita.. Gwakakak..

Bisa tambah on nongkrongnya, tambah kuat nonton streamingnya, ataupun tambah cepet jari2 jempolnya dalam bermedsos.. Terus kerjaan gimana ??. Ha ?!?.. Kerjaan ??.. Makhluk apa pula itu ??.. (^o^)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s