me|write, my life stories
Leave a Comment

istimewa deh..

Banyak yang bilang Ramadhan kali ini “istimewa”.. Buat gw pribadi sih, memang istimewa banget.. Gyehehe.. Karena seinget gw, baru kali ini, istri, anak, dan gw sendiri sekaligus dikasi sakit di bulan puasa.. Mana lagi wabah begini, mau ke klinik pun rada2 parno..

Jadi sekitar pertengahan April, gw mendadak nyeri2 otot dan sendi, terus lumayan demam tuh.. Yah persis kayak meriang gitu deh.. Biasalah, minumin obat generik, vitamin, dan dikerokin, demam cuman satu setengah hari doang, besoknya ilang.. Cuman sendi masih pada sakit..

Tiga hari kemudian gitu, keluar ruam2 merah di kulit, mulai dari tangan, kaki dan sampe badan.. Pas bini gw liat: “Yaah, ini mah campak..”.. Malu gw jadinya, udah segede gini masih kena penyakit “bocah”.. Gyahaha.. Langsung dong gw baca2 tentang campak.. Waduh, cara penularannya cukup lumayan, lewat droplets batuk bersin, atau barang2 yang bekas gw.. Misal, gelas minum, atau sendok, itu bisa jadi “sarana” penularan..

Tiga hari berlanjut, tuh ruam2 udah ilang semua.. Tapi ini kenapa nyeri2 sendinya kagak ilang total juga ya ??.. Terutama di jari2 kaki, pergelangan kaki, lutut, dan pergelangan tangan.. Setelah cari2 tau, baca sana sini, ternyata campak yang ber-barengan sama nyeri sendi itu “Campak Jerman” alias Rubella.. Gejala “tampilan” penyakitnya sama kayak campak biasa, tapi virusnya beda.. Dan you know what ??.. Nyeri sendi pasca Rubella itu bisa berlangsung hingga berminggu2 atau sebulanan.. Ukh !!

Walhasil, kalo nyeri sendinya lagi sakit2nya, gw sholat dengan posisi duduk di kursi.. Kalo lagi lumayan, bisalah sholat normal, tapi pas posisi duduk diantara 2 sujud itu, dengkul kagak akur buat dilipet.. Mesti nahan2 sakit dikit.. (@_*!)..

Dan bodohnya gw, “protokol kesehatan” penularan virus ini di rumah nggak gw jalanin dengan baik.. Anak bini gw, suka2 aja minum dengan gelas bekas gw.. Bisa ditebak doong.. Bini dan si bontot di akhirnya kena juga.. Hyahaha.. Si kakak sih nggak, udah pernah kayaknya dia.. Gejala pada anak kecil ternyata lebin ringan.. Alhamdulillah sekarang udah pada sehat lagi..

Dari sekian banyak keluarga di komplek, kenapa harus keluarga gw yang kena ya ?? Bisa menjawab pertanyaan ini dengan sains ??.. Di sini fungsi agama bisa keliatan.. Mencari nilai / makna dan perenungan dari peristiwa2 kehidupan..

Jadi inget pernyataan Bruno Guiderdoni, Director of the Islamic Institute for Advanced Studies di Paris: “Sains berurusan dengan fakta, sedangkan agama berurusan dengan nilai atau makna..”

“Agama adalah sebuah ruang pergulatan eksploratif intelektual dan perenungan intuitif manusia yang tiada henti atas realitas dunia untuk menemukan makna, menemukan nilai2 esensial dan keindahan hidup, di tengah derita dan kecemasan yang terus menyergap..” – Husein Muhammad.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s