me|write, think sotoy
Comments 6

[pakansi..]

Pernah liat kan di medsos ?? Ada orang nyinyir2, uring2an sendiri, atau marah2 agresif nggak jelas, lantas diberi “hantaman” kalimat: “Kurang piknik lu..”.. Kalo kita meng-kategorikan piknik adalah liburan, kalimat ini ada benernya.. Mereka yang jarang liburan ternyata memang lebih rentan menjadi stress..

Brigid Schulte, penulis “Overwhelmed: Work, Love & Play When No One has the Time”, juga Director of the Better Life Lab pernah melakukan riset tentang hal ini.. Hasilnya; mereka yang nggak mengambil waktu untuk “OFF”, alias liburan, akan lebih gampang sakit, kurang produktif, stress, dan lebih merasa cemas serta tertekan (depressed), yang pada akhirnya akan berpengaruh pada pekerjaan mereka..

Dulu saat suhu politik lagi panas2nya, sering banget kalimat “kurang piknik” ini gw liat di medsos.. Mungkin memang banyak yang stress sendiri nggak jelas.. Agak aneh aja sih, kok bisa ya segitu stressnya dan tertekannya karena “acara” pemililhan presiden.. Padahal, siapapun presidennya, keseharian kita pada dasarnya tetap sama.. Yah, mungkin jawabannya ya itu: kurang piknik..

Schulte juga menyatakan: Produktivitas, kreativitas, pemunculan ide2 baru, bukanlah milik mereka yang bekerja dengan jam2 yang gila.. Namun ada pada mereka yang “keluar” dari keseharian mereka.. Hmm.. Ini sejalan sama teori kreativitas yang bilang: ide bagus sangat bisa nongol di saat kita santai, dan sedang nggak memikirkan topik / masalah tersebut..

Studi dari Kathleen Potempa (Profesor dari University of Michigan School of Nursing) juga menghasilkan kesimpulan yang sama: Liburan merupakan hal penting, karena bisa mengurangi efek fisik dari stress pada tubuh, dan juga “me-recharge” pikiran seseorang..

Ada juga studi jangka panjang dari Framingham Heart Study di tahun 1992.. Meneliti sejumlah pekerja selama sekitar 20 tahun.. Hasilnya: Pria yang nggak liburan, 30% lebih mungkin untuk mengalami serangan jantung, dan untuk wanita, angkanya menjadi 50%..

Ha ??.. Serius nih ?!? 20 tahun kagak pernah liburan ??.. Ini kagak lebaran-an apa ya ??.. Wakakak..

Potempa juga menyatakan; untuk kepentingan kesehatan, paling nggak sebaiknya liburan (panjang) itu setahun 2 kali.. Namun banyak pakar juga menyatakan kalo liburan yang pendek tapi sering itu juga bisa berdampak besar pada produktivitas..

Jadi sepertinya nggak perlu nunggu momen2 libur panjang untuk tetep bisa “refresh” dan dapetin manfaat2 dari liburan.. Yang penting bisa benar2 keluar dari rutinitas keseharian yang lantas tanpa sadar jadi bulanan atau bahkan tahunan..

Begimanapun liburan pasti butuh duit.. Kalo mau frekuensinya sering tapi “pendek”, ya mesti pinter2 bikin “Low Budget Breaks”.. Yaah, misalnya nginep2 atau jalan2 ke tempat pariwisata yang deket dan murah meriah..

Jangan sampe maksain sering liburan supaya hati senang, eh malah jantungan pas liat saldo tabungan.. (^o^!)..

Advertisements

6 Comments

  1. menarik, ya. keluar dari rutinitas itu bisa memudahkan kita mendapat inspirasi. terkurung dalam rutinitas sebaliknya, membuat ide-ide membusuk. btw, saya jadi inget kata-kata pak ganjar tempo hari. orang-orang indonesia ini sebenarnya sudah sering kok pikniknya. cuman kurang jauh aja 🙂

    Like

  2. saya klo sudah keluar dari rutinitas, liburan panjang, malah keenakan.. jadi pgn liburan terus… Ya spt skrg..keenakan libur, blog walking, bikin video, dsb.. ujung2nya males kerja 😀

    Like

    • Bisa juga kali yaa begitu.. Gwakakak… Riset itu kan di barat sono.. Kalo kita orang Indo mungkin hasilnya bisa aja ada yang begitu..

      Like

  3. di amini deh urusan liburan*yang katanya cuma ibu rumah tangga aja tetep butuh liburan…biar fresh, apalagi yg banting tulang, liburan skrg ga jauh2..krn skrg tinggal di gunung, di ajak ke mall aja jadi hiburan dan liburan sekalian:C

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s