me|write, think sotoy
Comments 4

[media bal-abal]

Sempet ada berita yang menyatakan kalo 44% masyarakat kita belum bisa mendeteksi berita hoax.. Yah, sebuah akibat “wajar” dari masyarakat yang kurang doyan baca.. Lucu juga sih.. Masyarakatnya mayoritas beragama Islam, perintah pertama dari Tuhan-nya itu “Iqro'”, eh malah nggak dilakonin..

Itu perintah Tuhan yg duluan daripada perintah sholat dan lain2, kenapa malah sering dianggurin doang yak ??.. Nggak perlu mendefinisikan Iqro’ yang jauh2 atau dalem2 deh.. Artinya “Baca”, yang paling deket nyambungnya itu ya “buku” atau tulisan.. Ini sekalinya baca, eh bukannya baca buku, malah baca2 berita nggak jelas..

Nggak salah juga sih baca2 berita.. Cuman berita dari siapa dulu.. Ada yang menyarankan, sekarang itu paling aman kalo yang “dipegang” itu media2 mainstream aja.. Yang jelas, yang berbadan hukum, dan lain2 yang sampe2 bisa dikatakan nih media kredibel..

Gw pernah ketemu orang2 yang bilang gini: “Media mainstream itu udah dibayar sama pemerintah !! Ogah gw bacanya..”.. Ahahay, berita darimana pulak ini ??.. Pas gw tanya buktinya mana, eh mingkem seribu bahasa.. Keluar kata kuncian: “Pokoknya bla bla bla bla..”..

Pas hasil penghitungan suara pilpres kemaren belum kelar, juga ada yang ngomong ke gw: “Margin error perhitungan suara KPU itu udah 15% !!..” Ahahay lagi, berita dari mana pulak itu ?!?.. Pas gw tanya buktinya mana, lagi2 diem mingkem adem ayem ala kapal karem.. Capek deh..

Logikanya, margin error 15% itu super duper mega ultimate heboh.. Nggak mungkin media mainstream nggak memberitakan.. Karena bagi media mainstream, kabar heboh itu pasti jadi rebutan.. Yang masih sering gw liat itu dari media mainstream, hampir selalu ada cross cek ke pihak yang dituduhkan oleh pihak lain..

Kalo ada yang nuduh margin error 15% ke KPU, si KPU bakal ditanya/dikonfirmasi dulu juga, baru kemudian diberitakan..

Kenapa sebaiknya “pegang” media mainstream (meski tetep harus skeptis juga dikit) ??.. Karena ada bejibun media online di sini.. Pernah kompas memberitakan: di Indonesia, ada sekitar 43.000 media online, tapi hanya 234 media saja yang sesuai syarat UU Pers..!! Ini kan Gokil !!.. Artinya, dari total media online yang ada, media yang bekerja sesuai dengan kode etik jurnalistik itu nggak sampe 1 persennya !!..

Menurut Tamburaka (2013) dalam “Literasi Media”, Media massa elektronik itu bisa dianggap andal / dipercaya / C (Credible) jika = a+b+c..
a= Accuracy (Tepat atau cermat dalam penyajian fakta). b= Balance (Berita harus menjaga keseimbangan pendapat berbagai pihak). c= Clarity (Berita jelas, tidak ambigu / multitafsir)..

Media yang memberitakan kalo UFO adalah kendaraan pengikut Dajjal, bisakah masuk ke dalam “Credible” pada rumus di atas ??.. Ada yang jadiin rujukan loh.. (^_^!)..

Advertisements

4 Comments

  1. Setuju bung Ogie… Masih banyak orang yang belum melek media, dan menganggap semua yang ada di media itu pasti benar, terutama yang menjustifikasi pemikiran mereka. Kurang iqro dan tabayyun dalam memahami.

    Liked by 1 person

    • Yes.. Google itu mesin pencari.. Mencari rujukan yang oke juga perlu skeptis dan berpikir untuk menambah pembanding..

      Like

  2. kalo sering baca2 di sosmed, semisal politik pilpress kmrn, kalo media A yang membahas ttg kinerja minus jagoannya, komenya selalu:jngn percaya, media A kan punya si onoh pendukungnya Pak B, ga kredibel, memihak , pun gitu juga sebaliknya. krn yang dinilai adalah siapa yg punya media dan dekat dgn kubu mana. berarti hampir semua ga kedibel dong kalo gitu

    Like

    • Isinya media selalu orang2 yg punya subjektivitas.. Mangkanya di atas saya tulis juga: “mesti skeptis juga..”.. Maksudnya, ya jangan percaya gitu aja, apalagi hanya percaya satu dua media aja.. Poinnya, untuk saat ini, dimana media online yang memenuhi syarat kode etik jurnalistik kurang dari 1%, media mainstream lah yang masih “aman” untuk dipegang..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s