art|works, me|write, my life stories
Comments 4

stock duit..

10 tahun lewat berwiraswasta dan “bergelut” di industri kreatif, cukup banyak suka dukanya.. Nggak hanya industri perbankan, retail dan sejenisnya yang terkena dampak kemajuan teknologi informasi, industri kreatif pun juga ikut “tergerus”..

Dulu gw suka2 pusing untuk cari2 gambar buat kepentingan bikin company profile klien, bikin kalender, ataupun media2 promosi lainnya.. Tapi sekarang, dengan majunya bisnis “Microstock”, kepusingan kayak gitu nggak pernah terjadi lagi..

Microstock Site Companies atau Microstock Agencies adalah perusahaan yang menyediakan berbagai macam foto, illustrator dan video dalam bentuk RF (Royalti Free).. Sederhananya mereka seperti “gudang ilustrasi/gambar” atau image bank..

Dari sekian banyak Microstock Agency, favorit gw adalah ShutterStock.. Kenapa ??.. Karena buat gw jumlah image yang disediakannya lebih banyak dan lebih variatif ketimbang agency yang lain.. Dan nggak hanya image (foto, ilustrasi, dan vector) aja loh, tapi ada juga footage video dan musik..

Sejauh ini, entah sudah berapa project kantor menggunakan image dari shutterstock.. Yang pasti, ratusan lebih foto / gambar / vector yang udah gw download untuk kepentingan pekerjaan kantor..

Microstock ini memang bisa dibilang ikut andil dalam “menggerus” pekerjaan fotografer maupun ilustrator lokal.. Namun sekaligus juga memunculkan peluang baru bagi mereka.. Karena mereka bisa menjadi contributor dan turut menjual karya2 mereka ke jutaan orang di beragam negara..

Buat kalian yang ingin freelance, kerja dari rumah, atau kepingin penghasilan tambahan, bisa loh lewat cara “bermain” microstock.. Memang peluang ini hanya untuk mereka yang punya kemampuan seni seperti: fotografi, menggambar, mendesain (vector), membuat musik, ataupun membuat video.. Tapi nggak mesti harus jago2 amat kok.. Karena kita nggak bisa tau kebutuhan pasti jutaan orang di dunia ini.. Banyak juga loh dari mereka, yang perlunya ternyata karya yang nggak bagus2 amat..

Daripada hasil karya2 itu menganggur di harddisk, lebih baik diupload ke salah satu perusahaan microstock.. Kali aja ada yang “selera” dan kemudian membeli.. Yang saya ikutin sih, lagi2 ya Shutterstock.. Cukup profesional dan berpengalaman, dan sejauh ini tidak pernah ada masalah berarti, apalagi untuk pembayaran.. Hehe.. Penting banget nih guys..

Karena memang hobby gambar dari dulu, yaah, kali aja nih gambar2 gw ada yang butuh di belahan dunia yang lain.. Hehe.. Jadi ya pada gw upload ke situs shutterstock.. Kalo mau liat gambar2 gw ya bisa di klik di sini..

Oke guys.. Kalo mau tau info lebih jauh tentang microstock ini, bisa ke situs shutterstocknya langsung.. Dan kalo mau bikin akun / sign up bisa klik di sini juga.. Tapi kalo mau tanya2 ke gw soal ini boleh2 aja koq.. Insya Alloh gw bantu.. Pendek katanya, ini peluang nyata untuk bisa dapet duit tambahan.. Wassalam..

4 Comments

    • Hehehe.. Ya jelas aja pake freepik.. Wong memang banyak yg free alias gretongan.. Freepik kadang pake juga koq kalo klien low budget dan mintanya super duper cepet.. Tapi kalo untuk dapetin image yang mantep banget super high class, sepertinya sulit di freepik..

      Btw ini maksudnya pasar apanya ya.? SS Sebagai agency, atau kita sebagai kontributornya..?.. Kalo pasarnya sebagai agency, SS sepertinya memang nggak ngandelin Indo.. Kalo pasar kita sebagai kontributor alias kita jualan gambar, pasarnya cukup ada.. Si pembeli nggak liat darimana itu gambar kok, tapi lebih kepada kebutuhan mereka..

      Like

  1. Mas Ogie, saya baru mau gabung microstock nih, ada tips dan saran gak? Mau masuk di Freepik jadi regular contributor, terus lagi mempertimbangkan apa aja yang bakal disubmit sebagai 20 ilustrasi pertama biar lolos kurasinya gitu Mas

    Like

    • Saya nggak tau detailnya freepik sih, karena nggak jadi contributor situ.. Tapi pada dasarnya sama.. Untuk jadi kontributor ada proses kurasi, dulu saya kalo di SS itu 10 karya.. Dan kalau karya fotografi itu agak ketat banget kurasinya.. Lebih mudah lolos kalo menggunakan gambar vector.. Poinnya sih, submit karya2 terbaik untuk bisa lolos jadi kontributor.. Dan kalo gagal, masih bisa coba lagi..

      Saya nggak tau “kelebihan” dari freepik.. Tapi kelebihan Shutterstock itu: jelas market mereka paling besar.. Tersedia dalam 21 BAHASA, dan juga dalam bentuk APLIKASI gadget.. Jadi kemungkinan karya kita bisa dilihat oleh lebih banyak orang itu akan lebih besar..

      Silahkan liat forum microstock ini: http://www.microstockgroup.com/index.php?wwwRedirect

      Lihat sidebar di kanan.. Di situ hasil polling dari para kontributor / pemain microstock kelihatan, dan bisa jadi gambaran untuk kita.. Top 4 nya microstock agency itu: SS. AdobeStock, iStock, dan Pond5.. Jadi menurut saya, lebih baik “buka toko” di salah saatu atau lebih di situ, karena itu hasil dari polling para kontributor dapat duitnya dari mana.. Dan saya “jualan” di 3 besar saja.. Sejauh ini sih SS yang “nyumbang” duit paling gede, dan iStock buat saya no.2..

      Meski angkanya dan posisinya top 4 naik turun, selama ini SS selalu tetap bertahan di posisi 1, dan yang posisi 2 dan 3, kadang tukeran..

      Apapun pilihan agency-nya, kiat2 “maen” microstock untuk bisa jadi duit umumnya sih sama: Rajin dan konsisten upload.. Syukur2 kalo karyanya juga bisa makin cakep dan variatif.. Semoga sukses..!!

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s