me|write, think sotoy
Comments 4

doks paradoks..

Untitled-1Paradoks.. Satu kata yang ajaib.. Sesuatu bisa disebut paradoks itu kalo sebuah kalimat, pernyataan atau pertanyaan, dan bahkan situasi dimana di dalamnya mengandung kesalahan namun juga sekaligus mengandung kebenaran..

Sebetulnya paradoks ini kalo ditelaah dalem2 secara makna, bisa sangat  njlimet dan bener2 bikin pusing.. Karena pada umumnya pernyataan paradoks mengandung makna yang  bersifat kontradiksi atau berlawanan / konflik.. Meski nggak ada kata berlawanan pun yang muncul di sebuah kalimat pernyataan, sifat paradoks masih bisa terjadi..

Misal, kita tau ada seseorang yang malas.. Lantas dia menasihati temannya: “Jadi orang yang rajin dong lu, supaya gampang sukses..!!”.. Lihat sebuah paradoks di situ ??.. Orang malas menasehati orang lain supaya rajin.. Nasehatnya bener sih, tapi rasa2nya kok keluar dari orang yang salah ya ??… Hmm.. Seperti ada yang salah, tapi ada benernya juga.. Hehe.. Lucu yee.. Ya itulah paradoks..

Dalam sebuah referensi disebutkan berpikir paradoks juga bisa jadi resep untuk jadi kreatif.. Contohnya penemuan jendela.. Ada yang mengaggap jendela adalah sebuah hasil dari pemikiran paradoks dari mereka yang tinggal di iklim dingin.. Mereka berhasil menjawab pertanyaan paradoks: “Gimana caranya mendapatkan kondisi tertutup (yang identik dengan gelap) dan hangat, namun tetap bisa terang ??..”

Contoh pemikiran / pertanyaan paradoks lain: Gimana supaya bisa tetep makan banyak tapi tetep kurus ??.. Gimana pengen liat2 barang, tapi tetep di rumah ??.. Gimana bikin makanan bintang lima, tapi harga kaki lima ??.. Gimana memakai energi, tapi sekaligus melestarikan lingkungan ??.. Gimana caranya sendirian terus, tapi temennya bisa banyak ??.. Lihat paradoks di situ ?? Dan bisa kebayang barang / “tools” apa yang kemudian tercipta dari pemikiran paradoks tersebut ??..

Pemikiran dan pertanyaan paradoks nggak selalu bisa diselesaikan / terjawab.. Namun yang paling penting di dalam proses kreatif, pikiran kita jadi dipaksa untuk mengembang dan tertarik ke arah yang lain, yang kemudian membantu terciptanya buah2 pikir atau ide2 baru yang lebih original..

Kalo ditarik ke ranah kehidupan, banyak juga keajaiban paradoks yang terjadi loh.. Makin mudah memberi, makin mudah mendapat.. Makin takut sama Tuhan, bisa semakin berani ngadepin hidup.. Makin banyak belajar malah ngerasa makin bodoh.. Agama menyuruh menyebar kebaikan, tapi kenapa malah menyebar keburukan ??.. Agama hakikatnya mendamaikan, tapi kok ya malah berkesan ngajakin perang ??.. hehe.. Ya masih banyak lagi lah..

Buat gw pertanyaan dari Alloh “Maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan ??” ini juga ada paradoks.. Alloh udah tau kita nggak akan bisa jawab, tapi masih ditanyakan juga.. Apa maknanya ??.. Satu: supaya mikir.. Kedua, udah banyak nikmat kok masih banyakin ngeluh ??.. Ketiga: tanpa sadar kita ini sering banget lupa nikmat, sampe2 ayat ini diulang 31 kali.. Keempat: peluang nikmat / sukses itu nggak sedikit.. Kelima: lanjutin sendiri yaa.. Hehehe…

Advertisements

4 Comments

    • Hyahaha.. bisa jadi.. Bukan kelainan juga sih.. Lagi males makan kali.. Ah.. Atau ada kemungkinan lain: Lagi nggak punya duit buat beli makan.. Hahaa..

      Like

  1. Selalu suka deh tulisannya Mas Ogie, penuh nasehat tapi nggak menggurui. Plus selalu ada ilustrasi lucunya, hahaha
    Nb: diulang 31x, plus sekali di akhir-akhir (lupa ayat tepatnya) surat An Najm (kalo nggak salah), tapi bunyinya agak beda, ‘maka nikmat Tuhan yang manakah yang kamu ingkari?’

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s