me|write, think sotoy
Comments 4

meniru untuk original..

001Mario Teguh pernah bilang: “Saya adalah peniru yang handal..”..

Semangka nggak mungkin jadi apel, sekeras apapun dia berusaha.. Pisang, jeruk, salak, nggak mungkin juga jadi nanas.. Emang ada ?? pas lagi di restoran mesen juice melon, eh pas diminum, rasanya rasa durian ??.. Hyaha.. Ada juga sih, kalo si masnya salah ngasi pesenan meja sebelah ke meja kita.. (^_^!)

Keberagaman seakan bikin hidup ini beneran penuh warna keunikan masing2 ciptaan Tuhan.. Dan Tuhan pun udah bilang kalo nggak ada ciptaan-Nya yang sia2.. Buat apa semangka ngejelek2in manggis ??.. Mosok iya semangka jadi iri gara2 dia nggak ada ekstraktnya ?!?.. Maka dari itu, tirulah kisah damai dari peradaban buah2an.. Halah.. (*_*!)..

Kalo ditarik ke ranah kehidupan manusia, masing2 individu itu unik.. Tapi ada plusnya pulak, berbeda dengan peradaban buah2an, manusia dikaruniai akal.. Jadi, kalo si manusia bisa bener2 gunain akalnya, dia bisa menjadi semakin unik & berbeda dari yang lain..

Analoginya, ibarat beragam jenis buah (yang orisinil) kayak semangka, jeruk, stobeli (*ceritanya cadel*), melon, anggur (*cadelnya sembuh*), dan beraneka jenis buah lainnya dimasukin ke dalam satu tempat pembuat juice (juicer), dan “pisau” dari juicer itu adalah akal atau pikiran kita sendiri.. Ketajaman pisau / berpikir bisa melebur semua buah yang “ori” itu jadi satu.. Dan nanti hasilnya, pasti kita akan sulit bilang ini rasa buah apa.. Rasa semangka ada, rasa anggur ada, rasa jeruk ada, dan kalo masukin jahe pun, rasa jahe bisa jadi akan muncul..

Saat rasa itu benar2 baru dan sulit ditiru, bahkan sulit dikatakan secara gamblang juice itu sebenarnya juice apa, saat itulah juice itu bisa dibilang rasanya original.. Being original bukan berarti membangun semuanya dari nol.. Tapi bisa dari mengkombinasikan banyak hal untuk menghasilkan sesuatu yang baru..

Analogi buah masuk juicer diatas itu sebetulnya juga mengindikasikan hal lain, bukan cuma cara penggunaan ketajaman pikiran / pisau mixer untuk mencampur hal2 yang udah ada.. Yang nggak kalah penting, rasa baru yang akan keluar dari juicer itu sangat tergantung pada banyaknya jenis buah yang dimasukkan ke dalam juicer.. Semakin rame buah yang masuk, makin rame rasanya.. lantas bisa jadi makin original, dan juga sebaliknya..

Untuk membuat diri ini menjadi lebih unik, nggak perlu takut untuk mencoba meniru 100% orang2 besar, karena sekeras apapun kita mencoba, pasti nggak akan pernah bisa.. Karena tiap2 orang udah pasti diciptakan dengan karakteristik dan pemikiran yang berbeda.. Jadi, untuk menjadi unik, bisa sama kayak konsep orisinalitas juice buah di atas.. Semakin banyak diri ini meniru orang2 besar, maka akan semakin sulit diri ini untuk ditiru.. Dan saat itulah seseorang bisa disebut original..

Advertisements

4 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s