me|write, think sotoy
Leave a Comment

main-main untuk hidup..

Ada yang bilang hidup ini sulit, ada juga yang bilang hidup sebaiknya jangan dibilang sulit, lebih baik dibilang tidak mudah daripada menjadikannya sulit.. Karena tidak mudah, menjalani hidup ini sebaiknya dengan serius.. Tapi seberapa serius kita harus menjalani hidup ?? Bukankan di kitab suci disebutkan juga bahwa hidup adalah permainan belaka ??

Untitled-1Lantas sebagian orang yang menganggap karena hidup ini adalah permainan, maka buat apa dijalani dengan serius ?? Lebih baik bermain-main saja.. Nggak perlu ngoyo, nggak perlu pusing mikirin hal2 rumit, dan nggak perlu ngejar prestasi yang besar2.. Buat apa capek2 ?? toh ujung2nya yang namanya permainan pasti suatu saat ketemu endingnya atau game over juga.. Si Joker aja bilang “Why so serious ??”.. Sampe mukanya sendiri dijadikan tempat maen2.. Gyehehe..

Gw cuma pengen ngeliat hal ini dari sudut pandang gw sebagai gamer.. Banyak orang yang lupa bahwa ada sejumlah game / permainan yang dibuat untuk dimainkan secara serius, dan kalo maeninnya nggak serius, mustahil bisa menamatkan permainan tersebut dengan happy ending.. atau malah bisa game over di tengah jalan…

Ada satu pernyataan dari Salen & Zimmerman (2004), penulis buku teori game, yang menurut gw bisa cocok untuk analogi “permainan” di dalam hidup.. Mereka bilang, dalam bermain, apapun bentuknya, dibutuhkan pemahaman akan peraturan2 tentang bagaimana permainan tersebut dimainkan.. Seorang pemain bisa dikatakan telah memainkan permainan bila telah menjalankan peraturan2 dari permainan tersebut..

Jadi kalo kita menganggap kehidupan adalah sebuah permainan, sebetulnya tetap ada rules atau aturan2 yang mesti dipahami dan dijalankan supaya kita bisa bermain dengan cantik.. Para pejabat yang suka main2 dengan amanat hidup mungkin lupa (atau sengaja dilupa2in) bahwa ada aturan2 tersebut.. Namun ya hidup nggak seperti permainan sepak bola, yang kalo si pemain melakukan pelanggaran terus langsung dapet kartu kuning atau kartu merah..

Yang jelas, akibat dari pelanggaran peraturan permanian kehidupan, cepat atau lambat pasti akan turun pada si pelanggar.. Dan bukan dalam bentuk kartu, tapi dalam bentuk2 lain yang kadang justru malah membuat si pelanggar sendiri yang ngeluarin kartu, seperti kartu credit atau kartu asuransi kesehatan.. gyehehe..

Hidup adalah permainan.. Tapi bukan untuk dimainkan dengan tidak serius.. Jadi ada baiknya seserius mungkin dalam permainan2 yang kita mainkan.. Karena seandainya pun hidup ini benar2 sebuah permainan, kan nggak ada salahnya kalo kita berusaha untuk menjadi pemain terbaik ??..

This entry was posted in: me|write, think sotoy
Tagged with: ,

by

"Tuhan.. tolong berikan rejeki berlimpah pada semua orang yang udah mampir ke blog ini.. Amiiinn.." ......(^_^!)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s