me|write, think sotoy
Comments 9

motivasi untuk dihibur..

Untitled-1Euh, masih berkaitan dikit sih sama postingan gw yang terakhir kemaren, yang “bye bye shonen magz”.. Tanpa sengaja tak terduga, pas gw baca2 lagi salah satu buku referensi tesis gw, gw nemuin, ternyata ada loh alasan2 dari dalam (intrinsik) yang menjadikan alasan atau apa motivasi kita memilih sebuah bentuk hiburan.. Entah kita ini sadar atau nggak akan hal ini.. Kalo orang luar sono memang hebat2 ya risetnya.. Seakan2 para periset itu hidupnya emang buat riset, untuk menemukan atau membuktikan sesuatu.. Disini kayaknya, para periset masih harus memikirkan cara “nyari beras” selain mikirin risetnya… gyehehe..

Balik ke topik.. Banyak faktor yang mempengaruih kenapa seseorang memilih media atau bentuk hiburan tertentu, bisa budaya, situasi, termasuk juga personalitas atau kepribadian seseorang.. Tapi yang gw pengen tulis disini, karena berkaitan dengan keputusan gw untuk nggak lagi berlangganan shonen magz, yang gw pake itu teorinya Groeben & Vorderer (1988).. Menurut mereka, para penikmat hiburan itu umumnya memilih, dan lebih khususnya, menikmati hiburan yang ada tantangannya buat mereka, tetapi hanya sampai titik tertentu dimana tantangan tersebut masih bisa mereka kuasai.. Secara keseluruhan, hiburan seringkali merupakan aktivitas yang selalu ada sedikit tantangan, atau sejumlah “tingkatan” tantangan, dimana para penikmat hiburan masih dapat dengan sukses menghandle tantangan tersebut..

Level perasaan “tertantang” tiap2 orang berbeda.. Itulah kenapa di dalam hiburan video game, seringkali ada settingan difficulty, mulai dari beginner, medium, hard, atau bahkan extreme.. Menurut Salomon (1994) tantangan yang ditawarkan dari media telvisi tergolong mudah, karena melibatkan sedikit sekali proses kognitif (berfikir).. Sedangkan hiburan bacaan seringkali perlu lebih “mikir” dan effort2  seperti membayangkan, dan lainnya.. Henning & Vorderer (2001) juga bilang kalo mengkonsumsi hiburan TV berkorelasi dengan rendahya kebutuhan berfikir / kognisi dalam menikmati hiburan..

Nah, terbukti dah, yang bikin orang otaknya tambah bagus itu bukan banyak nonton, tapi banyak baca.. Secara, berdasar hasil riset otak juga, otak itu kayak’ otot, makin dipake makin kuat dan bagus… hehe..

Dengan teori2 diatas, gw jadi menemukan alasan yang lebih mendasar dan gw rasain sendiri kenapa gw meninggalkan shonen magz.. Itu karena kurangnya tantangan !!.. gyaha.. Seperti udah gw tulis di postingan sebelumnya, gw butuh cerita yang lebih kompleks, konflik yang lebih variatif, karakter2 atau gambar yang lebih “berat”, dan nilai2 moral yang lebih dalem.. Hal2 kayak gitu buat gw udah sedikit bisa ditemukan di shonen magz..

Jadi, ternyata bukan cuma faktor umur gw yang udah 80 tahunan ini gw jd kurang suka sama shonen magz.. gwakakak.. Ternyata juga, enak loh melihat hal2 yang keliatan “remeh” dengan sudut pandang teoritis atau sains… Bisa dapet “wujud gambaran” yang baru.. Ibarat biasanya kita ngeliat gerobak sate dari samping, terus kita nyoba ngeliat dari atas.. Bendanya sama2 gerobak sate, tapi “gambaran” yang kita lihat beda..

*Rujukan: “Psychology of Entertainment”, Bryant & Vorderer (Eds.), 2006.

Advertisements

9 Comments

    • iya bu.. hehehe.. ibu masi mending suka ngantuk kalo nonton doang.. Kalo saya dua2nya bisa bikin ngantuk.. gyahaha..

      Image Hosted by ImageShack.us

      Like

  1. Rahib says

    oh ternyata ada difficulty nya yah.. sip sip
    oiya, klo mau yg ada tantanganna baca manganya Shingeki no Kyojin karyanya Hajime Isayama.
    dijamin penasaran. hhehe

    Like

    • Shingeki no Kyojin a.k.a Attack on Titan.. Udah ditunggu memang.. dan udah confirm, bulan depan Level komik mau nerbitin..!! horreeee…!!!

      Image Hosted by ImageShack.us

      Like

  2. pantesan! aku juga suka bilang, easy is boring, tapi too hard juga frustrating. kalau terlalu mudah ga seru, terlalu sulit juga bikin males

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s