me|write, my life stories, think sotoy
Comments 8

setan penggoda…

Untitled-1Setelah beberapa tahun ngajar di prodi desain, gw sering banget ngeliat mahasiswa yang gw nilai punya skill gambar yang bagus, dan bisa jadi modal sukses banget buat dia, eh tapi koq ya mereka malah menangin rasa malesnya ketimbang ngasah itu skill.. hehehe..

Terlebih di semester genap ini, gw ngajar di semester yang berbeda, 2, 4 dan 6 (tinggal P.I dan T.A. doang).. Dan ada sejumlah anak yang gw anggap “garis gambarnya” di usia segitu udah hampir mateng.. Paling nggak kalo gw tarik mundur dan membandingkan saat diri gw seusia mereka, gw inget banget gw saat itu masih belum tau yang namanya style “garis” komik mengomik..

Jadi kadang gw berasa agak2 gimanaa gituh.. hihi.. dibilang ngiri, iya jugak.. Gw kebayang kalo gw diumur segitu udah menemukan passion ngomik gw lengkap dengan skill “garis” yang nyaris mateng.. Pasti mantep bwangedh tuh.. Memang sih, skill gambar bukan segalanya dalam dunia perkomikan, apalagi desain grafis.. Tapi menurut gw, itu adalah GIFT atau anugerah dari Tuhan yang nggak semua orang punya, dan sangat bisa menjadi modal berharga ke depannya..

Nah, yang jadi pertanyaan, kenapa ya, meski gak semua, tapi kebanyakan orang / mahasiswe yang pernah gw temui dengan skill visual garis yang menurut gw bagus, eh malesnya jugak gw pikir agak2 kebangetan..?? wakakak.. Padahal kalo skill itu dipake dalam tugas2 atau proyek2 mereka, hasilnya pasti bakalan “WOW” !! (*posisi gw udah jungkir balik ke belakang*)…

Ada jawaban yang gw baca dari beberapa referensi.. Katanya, setan itu lebih seneng menggoda orang2 yang berskill tinggi dan berpotensi menjadi orang sukses di masa depan, ketimbang godain orang biasa aja, terlebih godain orang males.. buat apa ?? wong udah males, nggak akan jadi ancaman buat mereka.. hehehe.. (penjelasan apa pulak ini… (^_^!)..)

Mungkin setan2 itu juga belajar analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats..).. Jadi biar pekerjaan mereka lebih efektif & efisien, lebih baik lebih bersungguh2 menggoda orang2 yang berpotensi menjadi ancaman / threats di masa depan.. Karena kalo orang2 yang dikaruniai skill tinggi ini sukses di masa depan, dan berhasil ngerubah dirinya serta banyak orang menjadi lebih baik dengan skillnya, setan2 itu sendiri jugalah yang bakal kerepotan… (hadehh, lebih ngawur lagi dah neh penjelasannya… (^_^!)..)..

Wahai orang2 berskill ngegambar tinggi di usia muda, ketahuilah bahwa skill kalian itu power… Nggak semua orang dikasi yang kayak begitu loh..!! Kata pamannya spiderman: “Great power comes with great responsibility..”.. Jadii, hayooo bertanggung jawab.. Syukuri gift itu dengan sungguh2… Buat setan2 itu kerepotan di masa depan..!!

*rasa2nya sotoy gw kali ini makin ngawur neh… (T_T)..*

Advertisements

8 Comments

    • Memang.. motivasi penting banget… Motivasi ada dua macam, ada yang ekstrinsik (dari luar) dan intrinsik (dari dalam..).. Dari berbagai studi, lebih penting dan awet yang motivasi dari dalam ketimbang yang dari luar… Hehehe.. Jadi lagi berusaha menanamkan yang intrinsik ke mereka… Ada beberapa yang mengakui, kalo di dalem kelas sih termotivasi, begitu diluar, LUPA..!! wakakak..

      Image Hosted by ImageShack.us

      Like

  1. Heeee gambar ilustrasinya lucu-lucu bentuknya. Btw, garis gambar yang mateng sama yang nggak mateng liatnya gimana ya? Penasaran…

    Like

    • hweleh.. gimana jelasinnya ya… Kalo udah lama berkecimpung di dunia ngomik mengomik biasanya bisa tuh menilai yang kayak gitu..

      Image Hosted by ImageShack.us

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s