me|write, my life stories, spiritual, think sotoy
Comments 13

MET LEBARAN 1433 H !!!

Alhamdulillah lebaran tiba… Alhamdulillahnya lagi mayoritas berbarengan.. Jadi nggak ada sayur dan daging opor yang keluar masuk kompor (untuk diangetin..), nggak ada lagi yang lagi asyik2 takbiran, eh tauk2 disuruh berenti untuk masuk masjid ngelakuin sholat taraweh lagi…

Gw seneng banget baca diskusi perdebatan penetapan waktu tanggal pas awal puasa (1 ramadhan) kemaren, hari jum’at atau sabtu… Di sebuah media, ada yang berkomentar lucu mengenai sidang isbat waktu penentuan awal puasa kemaren: “di sidang isbat, semuanya sepakat bulan sya’ban berakhir di hari kamis.. tapi anehnya, 1 ramadhan di sidang itu ditetapkan hari sabtu… Lah, jadi hari jum’atnya itu masuk bulan apa ya ?? Jawab: a. bulan sya’ban. b. bulan ramadhan. c. tidak punya bulan… hehehe… Mungkin bulan-bulanan kali yeee…

Dari sekian banyak sudut pandang, gw sebagai orang awam memilih sudut pandang yang sederhana, logis, dan ilmiah.. Terlepas gw sendiri kagak ngerti gw ini muhammadiyah atau NU, pokoke buat gw itu gak penting.. yang penting Islam… Gw memilih memulai puasa di hari Jum’at.. Kalo dari sotoynya gw seh sebagai orang awam, gw berpikir mosok jaman canggih begini, dimana gerhana matahari atau bulan yang gak tentu datengnya dan kapan terjadinya aja, udah bisa diitung secara akurat.. Bahkan sampe durasinya berapa lama, lintasannya gimana, sudah bisa dihitung secara eksakta.. Lah ini koq nentuin 1 ramadhan yang tiap tahun berulang masi berasa kesulitan atau kebingungan ?? hehe..

Setau gw emang ada ayatnya yang bilang kalo matahari dan bulan itu diciptakan Allah juga sebagai alat perhitungan… Ah iye, ini die: QS.YUNUS 10:5. “Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui.”

Matahari dan bulan jalannya tuh “ajeg”, alias tetap, bisa diprediksi dan dikalkulasi..
Jadi gw pikir, pihak muhammadiyah yang bilang mereka bisa nentuin 1 ramadhan dan 1 syawal sampe 100 tahun ke depan itu yah memang gak salah juga seh.. Meski ada yang bilang ini mendahului takdir.. Tapi menurut gue, takdir yang bener2 rahasia Allah itu masalah rejeki, jodoh dan ajal… Banyak banget faktor yang bisa mempengaruhi tiga hal tersebut.. Tapi kalo jalannya matahari dan bulan yah sangat mungkin akan begitu2 ajah dan bisa dikalkulasi… Kecualli ada grup dari decepticon atau autobots yang bikin markas rahasia di sana dan mengubah jalannya orbit bulan atau matahari… gwakakak..

Setiap orang punya hak buat milih puasa hari apa… Dan berbeda itu biasa… Sadari aja bahwa ada begitu banyak sudut pandang untuk melihat suatu hal.. Masing2 ada dasarnya, jadi yah pahami aja kalo “elllohh ghuwe – beda..” mari jalan masing2… nggak perlu harus merasa paling benar… Adem dah dunia kalo kayak gini.. Ini untuk konteks tertentu aja loh yee..

So, waktu kemaren itu mau puasa jum’at kek, sabtu kek, yang penting lebarannya minggu… hehe… Dan dari lubuk hati yang terdalam, gw mengucapkan “HAPPY IDUL FITRI 1433 H !!.. MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN..” Semoga Allah menerima amal ibadah kita selama puasa… serta menjadikan kita semakin bersemangat beramal ibadah di bulan2 berikutnya hingga Ramadhan kembali menjelang.. Amiiinnn…

Advertisements

13 Comments

    • salam kenal juga mas.. hehe.. ndak papa malem hari juga.. selalu terima kunjungan 24/7 tanpa perlu aturan “tamu harap lapor”… gwakakak…

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s