me|write, think sotoy
Comments 6

lautan ilmu dan samudera hiburan…

Antrian sangat panjang memenuhi ruangan besar… Para pendaftar yang terdiri dari muda-mudi belasan tahun dan dua puluh tahunan berdesak-desakan membawa map berisikan formulir persyaratan untuk ikut kompetisi… Di ujung antrian terdapat beberapa orang panitia yang sangat sibuk mengurus pendaftaran… dan di belakang serta atas meja panitia terdapat spanduk besar tulisan “pendaftaran ilmuwan idola indonesia…”

hehehe… Entah kapan kejadian kayak gini bisa terwujud di negeri ini… dimana banyak juga orang2 pinter alias ilmuwan pada kabur dan ditawarin jadi warga negara negeri2 asing dan tetangga…. Mungkin lamunan gw ini belum bisa terwujud 5 tahun ke depan, atau lebih malah…

Gw kenal seorang ilmuwan fisika muda yang dulu turut ngewakilin Indonesia di olimpiade fisika dunia… Dan sekarang memilih untuk jadi karyawan di sebuah perusahaan otomotif swasta… Nggak milih jadi dosen atau peneliti, dikarenakan kondisi penghargaan terhadap ilmuwan di negeri ini sangat kurang… Ditambah banyaknya “atmosfir” politik kampus gak beres yang menghambat naiknya “jenjang” seorang dosen atau ilmuwan, meski pinter banget sekalipun…

Belum lama gw baca di kompas, gaji ilmuwan di sini cuman sepertujuh dari ilmuwan Malaysia, atau hanya SEPERSERATUS dari ilmuwan di Jepang… Kebayang deh kenapa temen gw milih jadi karyawan… Bukan jadi dosen atau peneliti… hehehe…. Tapi belakangan temen gw ini terfikir untuk cari beasiwa S3 fisika lagi untuk nambah ilmu, dan mungkin nantinya akan terjun lagi ke dunia sains….. tapi NGGAK di INDONESIA… Udah ada kenalannya yang orang indonesia juga nawarin kerjaan di Large Hadron Collider (LHC) di laboratorium CERN di perbatasan Prancis dan Swiss…

Gw heran sama pemerintah sini… Gak atlit, ilmuwan, talenta2 muda yang potensial mewakili bangsa malah gak diurus dan gak terpublish… Kita lebih kenal juara2 Indonesia Mencari Bakat, AFI, Indonesian Idol dan sejensinya ketimbang mereka2 yang muda yang berprestasi sains seperti juara2 olimpiade fisika, matematika, atau tunas garuda yang bisa ngalahin tim junior liga inggris Arsenal U15 dan U17… Harusnya mereka2 yang berbakat “sains” pun juga sering2 ditongolin di TV… Jadi ada “role model” buat para penikmat media bahwa dengan ilmu pengetahuan yang mumpuni, mereka bisa juga keliling dunia atau hidup layak dan tidak kalah dengan selebritis2 dalam sinetron2 pembodohan….

Jadi nanti jangan salahkan anak2 kita kalo ntar lebih kepengen jadi artis yang melenggak lenggok di panggung dunia hiburan ketimbang jadi ilmuwan muda yang isi kepalanya penuh dengan rasa ingin tahu dan ilmu pengetahuan… Wong media kita nampilin yang lebih dieluk2an banyak orang itu yah yang “goyang2” diatas panggung… hehehe…

Tanpa bermaksud merendahkan dan mengurangi rasa hormat pada mereka yang berbakat “manggung”, cobalah wahai media, imbangin ekspos mereka dengan ekspos para ilmuwan lokal.. Kalo ada yang kaya raya jugak… soalnya kayaknya nih rakyat lebih mau dengerin orang-orang yang beduit… wakakak… Gw pingin ntar anak gw cinta sama IPTEK.. jadi kalo ada role model lokal buat itu akan lebih mudah ngarahin ke sana…

Dulu sempet ada yang cerita, ponakan temen gw (cowok) ngomong begini sama mamanya: “Ma.. nanti aku kalo udah besar mau jadi kayak si ***Tiiiitt.. SENSOR***…”

note *** = seorang cowok entertain indonesia yang kebencong-bencongan…. atau bencong beneran ?!?! wakakakak….

Kalo gw pikir, negara yang gak bisa menghargai ilmu dan kreativitas, majunya bakalan lamban….

Gw jadi inget kata2 dari imam Syafi’i:
“Belajarlah !!!… Sebesar apapun sebuah negara, ia akan bernilai kecil jika penduduknya tidak berilmu… Dan sekecil apapun negara, akan lebih kuat bila penduduknya berilmu….”

Advertisements
This entry was posted in: me|write, think sotoy
Tagged with:

by

"Tuhan.. tolong berikan rejeki berlimpah pada semua orang yang udah mampir ke blog ini.. Amiiinn.." ......(^_^!)

6 Comments

  1. vandoe20 said: kecuali bola

    ini bener ndoe.. Kalo gw doyannya liga enggress…. klao sinetron udah gw kenain kartu merah… wakakak…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s